search-button

Jun 20, 2015

100 Aplikasi Android Terbaik Gratis Teruji

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.Com - Kumpulan aplikasi Android gratis terbaik dan bukan hanya sekedar terpopuler, namun juga telah teruji (tested).  Bagi para pengguna baru Smartphone dan Tablet Android hal yang paling utama setelah anda baru saja membeli dan membuat akun google diperangkat tersebut adalah timbulnya pertayaan “Aplikasi wajib apa saja yang harus terpasang di Android tersebut?”. Sebenarnya, semua itu tergantung dari kebutuhan yang mengacu pada kegiatan dan aktivitas harian anda. Jika Android tersebut dipergunakan untuk membantu dan mempermudah pekerjaan, tentu anda wajib memasang aplikasi yang sifatnya untuk meningkatkan semangat kerja.  Jika anda seorang gamer, yang dibutuhkan adalah aplikasi Android yang dapat menjaga kinerja dan performa Android agar tidak cepat lemot. Jika seorang pelajar, mahasiswa atau pengguna remaja biasanya yang dibutuhkan adalah aplikasi yang dapat membantu untuk mempermudah tugas-tugas atau aplikasi chat dan media jejaraing sosial. Lalu bagaimana jika pengguna Android itu adalah para orang tua?

Aplikasi Android gratis yang akan saya rekomendasikan tidak hanya mengacu pada seberapa populer dan seberap baik mulai dari rating dan tanggapan dari para penggunanya. Karena disitu ada beberapa hal yang harus kita perhatikan apakah aplikasi tersebut compatible baik dengan Android OS maupun spesifikasi dari produk Smartphone dan Tablet Android yang digunakan? Apakah aplikasi tersebut tidak menggangu privasi? Yang pasti kita menginginkan aplikasi yang unik, keren, canggih, paling berguna dan sesuai dengan kebutuhan.

Aplikasi Android Terbaik Gratis

Daftar Aplikasi Android Gratis Terbaik dan Terpopuler

Sudah tidak sabar bukan menunggu review dan penjelasan tentang aplikasi wajib apa saja yang harus terpasang di Smartphone dan Tablet Android? Daftar berikut telah saya kelompokkan agar sesuai dengan kategori dan kebutuhan.
  • Antivirus dan Keamanan Android.
  1. Lookout Security & Antivirus. Mereka telah berpengalaman dan tahu banyak tentang bagaimana cara melindungi Android karena aplikasi ini merupakan aplikasi Anti-malware pertama yang dikembangkan di Android OS.
  2. avast! Mobile Security & Antivirus. Salah satu fitur dan jurus yang dimiliki avast adalah ia benar-benar dapat menghapus data pribadi sampai ke akar-akarnya dan melindungi privasi ketika anda berencana ingin menjual Smartphone Android jika telah tidak terpakai.
  3. 360 Mobile Security. Selain dapat menghapus threats, membersihkan data yang terus dimonitor, aplikasi ini juga dapat mengatasi kamera yang error.
  4. Orbot. Sering berselancar di internet? Orbot akan melindungi privasi anda.
  5. CM Security. Selain fitur anti-malware, ia juga dapat memberitahukan aplikasi apa saja yang selalu mengintip nomor ponsel.
  • Aplikasi Android Untuk Fitness dan Kesehatan.
  1. MyFitnessPal. Dapat menghitung kalori dan melacak pergerakan ketika berolahraga dengan tujuan untuk membantu menurunkan berat badan.
  2. Sleep Cycle Alarm. Taruh smartphone disamping anda ketika tidur dan ia akan melacak pergerakan berdasarkan suara dari microfon.
  3. WebMD. Sering mengalami gejala nyeri yang tidak biasa? Aplikasi ini akan memberikan petunjuk tentang apa yang sedang anda alami.
  4. Runtastic Six-Pack Abs. Anda akan dilatih oleh karakter yang bisa dipilih sesuai avatar yang diinginkan dan membantu anda ketika berlari, bersepeda atau memanjat tebing.
  5. MapMyFitness. Aplikasi ini akan mencatat setiap pergerakan mulai dari jarak, durasi waktu, kecepatan dari setiap kegiatan olahraga seperti ketika berjalan, berlari, bermain tenis, atau berenang.
  1. VideoShow. Sangat mudah dan cepat pada saat proses penyimpanan.
  2. Magisto. Memiliki banyak fitur dan efek spesial yang bikin penasaran untuk dicoba.
  3. KineMix. Khusus bagi yang sering memotong dan menggabungkan video.
  4. CuteCut. Memotong video dan menyatukannya dengan musik? Tidak masalah.
  5. Vidstitch Free. Bingung bagaimana caranya merotasi tampilan dan gambar video sesuai keinginan? Aplikasi ini jawabannya.
  1. Layer Paint HD. Khusus bagi yang sering menggambar Manga atau karakter Anime jepang.
  2. Clover Paint. Sangat cocok bagi yang sudah profesional, banyak tool yang tersedia.
  3. Art Flow. Fitur brush dari aplikasi ini sangat disukai oleh para pelukis.
  4. Zen Brush. Template dan background yang disediakan sangat artistik.
  5. Sketch Master. Gambarlah sketsa hasil karya anda dengan mode layar dan tampilan portrait.
  • Aplikasi File Manager.
  1. ES File Explorer. Satu-satunya aplikasi yang pernah saya coba untuk sinkronisasi 2 akun dropbox dan berhasil. Sangat cocok dipasang di Android Tablet.
  2. Astro File Manager. Mengatur file hiburan seperti foto, video dan musik bisa dilakukan dengan sangat cepat.
  3. Total Commander. Sering bekerja dikantor dan terkoneksi ke wifi, aplikasi ini memiliki keunggulan yang saya sukai dalam proses transfer file dan dokumen.
  4. X-Plore File Manager. Tampilan desain serta UI yang akan terasa sangat nyaman digunakan pada tablet dengan mode landscape view.
  5. AndroZip File Manager. Sebaiknya dipasang pada Android yang mempunyai layar lebih besar dan akan sangat cocok untuk digunakan oleh jari yang kecil saat melakukan tap.
  • Chat dan Pesan
  1. BBM For Android.  Tidak usah dijelaskan lagi, sepertinya wajib banget.
  2. Skout. Berkenalan dan mencari teman baru secara global.
  3. WhatsApp. Anda akan secara otomatis menemukan keluarga maupun teman yang ada dikontak telepon jika mereka telah lebih dulu membuat akun di whatsapp. Ingat, aplikasi ini hanya gratis untuk 1 tahun.
  4. LINE. Salah satu yang paling disukai adalah banyaknya stiker lucu untuk mengekspresikan mood.
  • Media Jejaring Sosial, Photo dan Video Sharing.
  1. Instagram. Makin lama makin banyak pengguna instagram, jangan mau ketinggalan bagi yang sering foto selfie, nyanyi-nyai sendiri lewat video atau bisnis online?
  2. Vine. Kualitas video yang terekam akan disulap menjadi lebih baik, anda bisa langsung mengunggahnya lalu membagikannya ke Facebook atau Twitter.
  3. YouTube. Bukan saja untuk menonton video, sekali-kali upload video youtube sendiri.
  4. Path. Jika anda sangat memperhatikan privasi dan tidak mau sering terganggu, path bisa menjadi salah satu media sosial yang cocok untuk Anda.
  5. Twitter. Wajib banget, sama kayak BBM.
  6. Google+. Banyak hal baru yang tidak akan anda temukan dimedia sosial lainnya.
  7. Facebook. Hal yang tidak saya sukai adalah ketika Mark mengumumkan mereka telah merubah kebijakan privasi terhadap para pengguna Android.
  • Aplikasi Agar Foto dan Gambar Tidak Di Crop dan Berukuran Penuh.
  1. Image 2 Wallpaper.  Semua wallpaper bisa diatur sesuai ukuran layar Smartphone dan Tablet Android sehingga akan menghasilkan gambar yang pas pada layar.
  2. Profile w/o Cropping for BBM. DP BBM Android akan berukuran penuh dan tidak akan dipaksa untuk terpotong.
  3. InstaShot. Bukan hanya foto dan gambar saja melainkan video yang akan diupload ke instagram pun akan berukuran penuh tanpa terpotong.
  1. DropBox. Mereka lebih cepat dalam hal menyimpan dan mengirim file. Fitur keamanan yang disediakan pun sangat tangguh.
  2. Google Drive. Dapat 15GB secar gratis siapa yang tidak mau? Tentu Google merupakan perusahan yang sudah terpercaya dan data kita yang telah tersimpan akan tetap aman.
  3. OneDrive. Mereka ini awalnya SkyDrive dan sekarang telah berubah menjadi OneDrive. Ya, ini milik Microsoft.
  1. Mobile Hidden Camera. Foto dan video yang telah diambil bisa langsung terkunci.
  2. Spy Camera OS. Aplikasi ini dapat diatur untuk menghasilkan video dengan resolusi HD.
  3. Silent Camera. Diam-diam anda bisa mengaktifkannya dan akan bekerja pada background.
  1. Skype. Sudah hampir 5 tahun menggunakan aplikasi ini, terutama untuk melihat kabar teman yang jauh disana dan berkumpul di group video.
  2. Google Hangout. Semua pengguna Android memiliki akun google, anda hanya perlu memasangnya saja.
  3. Seen. Aplikasi ini khusus untuk melakukan video call dengan teman di facebook tanpa ribet.
  1. SwiftKey. Aplikasi ini bekerja sangat baik ketika menginput dan membaca karakter huruf dari barbagai bahasa.
  2. Google Keyboard. Selain gratis aplikasi ini kembangkan oleh pengembang yang terpercaya.
  3. Pure Android Emoji Keyboard Free. Mau agar semua emoji dan emoticon terbaca di Android? Gunakan aplikasi ini.
  1. Smart Thermometer. Selain gratis, aplikasi ini banyak mendapat review positif.
  2. Thermometer Free. Sangat sederhana dan bisa digunakan secara offline.
  1. Instalogo. Anda seorang graphic designer profesional? Ini adalah aplikasi wajib yang harus anda pasang.
  2. Infinite Design Free. Fungsinya untuk menggambar, merancang, mengedit dan semua hal yang berkaitan dengan desain grafik.
  1. Compass 360 Pro. Aplikasi kompas ini akan bekerja hampir di semua negara termasuk Indonesia.
  2. Compass. Dikembangkan oleh iKoudai Studio, jangan lupa untuk membandingkan keakuratannya.
  • Aplikasi Untuk Membuat Efek Foto Kembar Dengan Gerakan Yang Berbeda.
  1. Clone Camera 2.0. Tidak hanya kembar 2, aplikasi clone ini bahkan bisa membuat anda menjadi 4.
  2. Clone Camera. Saking baiknya, pengembang aplikasi clone camera ini memberikan panduan sehingga membantu dan mempermudah untuk digunakan.
  1. Anti Rat Pro. Gelombang ultrasonic yang dihasilkan sangat tidak disukai oleh tikus. Mereka akan menjauh dari kamar kosan anda.
  2. Rat repeller. Seberapa lama pun tikus telah menghuni rumah anda, mereka akan segera pindah dan kabur.
  • Aplikasi Kamera Rasa DSLR.
  1. HD Camera Ultra. Salah satu yang terbaik adalah fitur fokus pada titik objek yang akan diambil benar-benar sangat jelas.
  2. Vignette. Sering memfoto pegunungan atau kehidupan alam? Rasakan bedanya dengan aplikasi ini.
  1. CameraAce. Photo slideshow ini sangat sederhana, memiliki banyak efek dan mudah digunakan.
  2. PicMotion VideoShow. Fitur tambahannya, anda bisa memasukkan musik agar foto kenangan yang telah dibuat akan menjadi lebih indah.
  1. Snaptee. Rancang desain fashion hasil karya anda langsung dari genggaman tangan.
  2. T-shirt Designer. Mulai dari siku atau lekukan bisa anda atur dan rancang.
  • Aplikasi Launcher Android.
  1. Nova Launcher. Menjadi salah satu favorit untuk dipasang pada Tablet karena memiliki banyak fitur dan bisa kostumisasi sesuka hati.
  2. Holo Launcher. Saya menyukai holo launcher karena aplikasi ini merupakan launcher yang paling ringan yang pernah saya rasakan.
  • Aplikasi Browser Android.
  1. Google Chrome. Peramban yang satu ini akan tahu dan tidak akan terbuka pada tampilan UI jika Android anda sudah terkena malware. Itulah kenapa beberapa pengguana sering menambahkan command -no-sandbox padahal mereka tidak sadar jika perangkatnya sudah tidak aman.
  2. Firefox. Mozilla sangat mengerti betul tentang pentingnya privasi dan mereka sangat berhati-hati sekali ketika mengumpulkan data dari para penggunanya.
  • Aplikasi MS. Office Pembuat File, Edit dan Pembaca Dokumen.
  1. WPS. Jatuh cinta dengan aplikasi ini karena lebih cepat dan ringan. Terlebih jika dokumen yang telah dibuat langsung di sikronisasi dengan cloud storage di Tablet Android.
  2. QuickOffice. Cocok untuk digunakan pada layar yang lebih kecil. Setelah Google membeli aplikasi ini, semua fitur yang terkunci pun menjadi bisa diakses dan gratis.
  • Aplikasi Pemutar Video.
  1. MX Player. Tidak masalah dengan ukuran dimensi atau kualitas video HD yang ingin diputar. Bahkan aplikasi inipun bisa menampilkan subtitle film.
  2. VLC. Sangat sederhana dan mudah untuk digunakan namun kadang ukuran video yang terlalu besar menjadi lambat ketika diputar.
  • Aplikasi Pemutar Musik.
  1. Rocket Player. Tidak pernah hang, playlist yang dibuat tidak pernah hilang atau terhapus sendiri. Satu lagi, sangat cepat ketika mengisi lagu yang ingin diputar.
  2. Poweramp Music Player. Anda bisa mencoba versi trial. Kualitas suara dan pengaturan equalizer tidak ada yang menandinginya.
  • Aplikasi Edit Foto.
  1. Pixlr Express. Apakah kamera anda memiliki kualitas yang kurang begitu bagus? Edit foto tersebut dengan aplikasi ini dan sulap agar menjadi terlihat lebih profesional.
  2. Photo Editor by Aviary. Sangat mudah digunakan dan memiliki banyak fitur. Aplikasi ini sangat cepat untuk mengedit foto dan gambar.
  • Aplikasi Kamera Android.
  1. Camera360 Ultimate. Dengan aplikasi ini, dijamin anda akan lupa dengan aplikasi kamera bawaan yang sebelumnya telah terpasang.
  2. Snap Camera HDR. Pilih yang trial aja biar gratis, UI yang sangat bersahabat serta fitur khusus seperti mode burst, penghitung waktu, panorama serta HDR itu sendiri.
  • Aplikasi Pembersih Cache.
  1. Clean Master Phone Boost. Aplikasi gratis ini akan memberi notifikasi ketika internal storage anda sudah terlalu banyak cache atau penuh. Banyak memiliki fitur dan cara kerjanya pun sangat cepat.
  2. Cache Clean Easy. Sangat mudah untuk digunakan, hanya dengan sekali ketuk, semuanya akan dibersihkan.
  • Aplikasi Android Untuk Berbelanja dan Mengetahui Diskon.
  1. Isikota. Aplikasi ini akan memberitahukan kepada anda tempat belanja, restoran, stasiun BBM atau bahkan diskon sekalipun.
  2. Telunjuk. Anda bisa memilih dan mencari barang yang dijual secar online lalu membandingkan harganya.
  • Aplikasi Keren, Canggih dan Paling Berguna Lainnya.
  1. Call Control. Khusus untuk memblokir dan menyaring panggilan atau pesan SMS secara spesifik.
  2. Zedge. Satu-satunya aplikasi terbaik yang menyediakan banyak Wallpaper dan Ringtone gratis.
  3. StarPrint. Sibuk dengan pekerjaan dikantor? Cetak dokumen dengan print dimanapun anda berada.
  4. LapseIt. Aplikasi video editor terbaik, lihat contoh video stop motion yang telah saya buat dengan aplikasi ini.
  5. Icon Changer. Meskipun Smartphone dan Tablet Android belum di root, ganti icon aplikasi apapun dengn icon chabger. Icon BBM juga bisa loh.
  6. Google Map. Yang disukai fitur dari Google map adalah ia bisa digunakan secara offline.
  7. Split and Join Audio. Suka meremix lagu? Memotong dan menggabungkan mp3 jadi lebih mudah dengan aplikasi ini.
  8. Dumpster. Aplikasi ini berperan sebagai recycle bin. Jika anda tidak sengaja menghapus foto, file atau video, restore dengan menggunakan aplikasi ini.
  9. Amazon Appstore. Setiap hari amazon selalu bagi-bagi aplikasi berbayar secar gratis. Untuk mengetahuinya install amazon appstore.
  10. IFTTT. Aplikasi yang sangat canggih, anda bisa membuat resep ke berbagai media jejaring sosial atau mengatur Smartphone dan Tablet Android agar bisa berfungsi dan hidup sendiri untuk membantu kegiatan dan aktifitas harian.
  11. Kobo. Suka membaca komik atau novel? Anda bisa membacany secara gratis.
  12. Ninesky Browser. Streaming langsung di browser android tanpa harus install flash player, sangat cepat.
  13. ModFace Free. Edit foto yang dipadukan dengan wajah meme, buat lucu-lucuan.
  14. Video downloader for Instagram. Bukan hanya untuk mengunduh video publik instagram saja, tetapi juga bisa untuk menyimpan foto.
  15. SMS Backup +. Meskipun Smartphone Android anda tertinggal dirumah, anda bisa membukanya di gmail melalui browser di PC.
  16. Google Translate. Sangat penting terutama untuk pelajar dan yang sering travelling.
Aplikasi android terbaik dan gratis diatas merupakan aplikasi yang telah saya coba dan hanya menurut pendapat pribadi. Jika anda punya rekomendasi lain atau ingin bertanya tentang aplikasi apa yang cocok dan belum ada dalam daftar diatas tetapi ingin disesuaikan dengan kebutuhan anda, silahkan berkomentar. Semua Aplikasi Gratis tersebut bisa anda dapatkan di google Play Store.