search-button

Nov 16, 2016

Cara Menggunakan Google Map Offline Di Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com - Google map menjadi salah satu aplikasi yang paling penting untuk perangkat berbasis Android OS. Aplikasi inipun telah ada dan termasuk kedalam Gapps yang sudah terpasang di Smartphone dan tablet Android. Banyak orang yang kesehariannya beraktifitas terutama untuk mendukung pekerjaan diluar ruangan atau bekerja dilapangan yang sering menggunakan aplikasi ini sebagai peta penunjuk terhadap tempat yang belum diketahui. Google map sendiri banyak mempunyai fitur dan yang pasti aplikasi peta ini bisa anda gunakan secara gratis. Fitur-fitur yang disediakan oleh Google map salah satunya anda bisa memberi review tentang keakuratan sebuah tempat dan lokasi area yang telah anda kunjugi agar orang lain yang menggunakan aplikasi ini juga bisa mendapat informasi tambahan tentang tempat tersebut.
Selain itu, fitur untuk menyimpan peta pada tempat favorit dengan menggunakan pin berfungsi untuk mengingatkan kita agar tidak perlu lagi mencari lokasi dengan menggunakan fitur search. Andapun bisa berkontribusi dengan menandai sebuah tempat untuk membantu orang lain dalam mencari sebuah lokasi. Hal tersebut biasanya dilakukan oleh para pemilik tempat bisnis agar memudahkan para konsumennya untuk menemukan lokasi dari temapt tersebut.
Beberapa waktu yang lalu, aplikasi google map untuk iOS dan Android telah diperbaharui dengan menghadirkan fitur yang pastinya sangat disukai oleh para pengguna setianya. Yakni dengan membuat sebuah fitur offline map. Fitur ini dapat memungkinkan para pengguna aplikasi Google map yang menggunakannya melalui smartphone Android untuk tetap bisa melihat dan menggunakan map tanpa koneksi internet. Jelas sekali, jika anda akan pergi ke sebuah tempat yang masih sulit dalam hal mendapatkan jaringan atau koneksi internet, maka fitur offline ini akan sangat membantu anda. Sebagai contoh, jika anda ingin mengunjungi tempat didaerah pegunungan dengan jaringan koneksi internet yang masih lambat atau belum tersedia, anda bisa melakukan downlod terlebih dahulu terhadap tempat yang ingin dituju dengan menggunakan wi-fi ditempat anda bekerja. Lalu menggunakan offline map ditemapt tujuan anda tersebut.

Cara Download dan Menyimpan Lokasi Google Map di Android

  1. Jika saat ini anda tidak menggunakan fitur auto update di play store, lakukan update terlebih dahulu terhadap aplikasi google map. Caranya, buka play store, tekan tombol menu » my apps » installed lalu cari Google map. Kemudian lakukan update secara manual.
  2. Buka aplikasi Google map lalu gunakan Search untuk mencari tempat atau lokasi yang diinginkan.
  3. Jika sudah menemukan area yang dituju, tap lalu tekan selama 3 detik lokasi yang ingin disimpan sampai muncul ‘Dropped pin’.
  4. Gulirkan ke atas lalu tap ‘Save map to use offline’.
    Cara menyimpan google map offline
  5. Pada ‘Save this map?’, tap Save dibagian bawah.
  6. Berikan nama, sebagai contoh disini saya ingin menyimpannya dengan nama “Tujuan, map ini offline!”. Terakhir tap Save lalu tunggu hingga selesai mendownload peta dari area tersebut.

Cara Membuka dan Menggunakan Google Map Offline di Android

  1. Buka aplikasi Google map lalu tap Menu » Your places.
  2. Gulirkan ke bawah lalu tap nama peta yang sudah tersimpan.
    membuka map offline di android
Map tersebut akan tersimpan selama 30 hari dihitung dari tanggal awal anda menyimpannya. Tidak usah khawatir, aplikasi tersebut akan memberitahukan kepada anda secara otomatis setelah lewat dari 30 hari. Andapun bisa memperbaharuinya secara manual, menghapusnya atau rename dari map yang sudah tersimpan tersebut dengan membuka View all and manage pada offline map dari menu.
menggunakan google map secara offline
Sebagai tips tambahan, sebaiknya anda mendownload area map menggunakan koneksi wi-fi jika peta lokasi dari sebuah area yang ingin disimpan berukuran besar agar tidak gagal dalam proses donwload. Itulah, cara mudah menyimpan google map dan menggunakannya secara offline di Android.