search-button

Sep 2, 2014

Cara Factory Reset dan Reset Ulang Semua Merk Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.Com - Factory reset adalah salah satu cara untuk mengembalikan tablet atau smartphone Android kembali ke pengaturan awal. Dimana ketika anda melakukan reset ulang hadphone android, maka dari mulai tampilan, data-data, file, aplikasi yang telah di download dan di instal dari play store akan terhapus. Begitu juga dengan akun Google itu sendiri akan ikut terhapus, sehingga hanya akan menyisakan bloat ware atau aplikasi bawaan dari pabrik. Cara factory reset tablet android sendiri sangatlah mudah untuk dilakukan. Namun memang ada banyak hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan reset ulang handphone Androd ini.
Beberapa alasan kenapa hp Android harus direset ulang bisa dikarenakan tablet Android anda tersebut menjadi lemot atau error karena sering install dan hapus berbagai macam jenis aplikasi. Sehingga menyisakan banyak residual file yang tidak berguna dan hanya membuat kinerja serta performa dari Android itu sendiri menjadi cepat habis baterai, sering restart, tidak bisa dibuka, atau bahkan cepat mati. Jika anda sering mengalami hal semacam itu, dengan melakukan hard rest lah maka android anda akan kembali seperti awal dan terasa memiliki Android yang baru. Mungkin anda ingin menjual Android atau baru saja membeli Android bekas, tentu saja hal yang sangat penting sekali untuk melakukan factory reset agar hp tersebut sepenuhnya dikostuimisasi oleh anda baik terhadap aplikasi maupun akun didalamnya.
Sebelum anda melakukan reset ulang, lakukan back up terlebih dahulu terhadap data dan file didalamnya. Hal ini sangat penting terutama bagi anda yang sebelumya hanya membackup secara offline dan tidak di backup secara otomatis melalui kolam penyimpanan virtual seperti pada cloud storage yaitu dropbox. Adapun cara backup sebelum reset ulang handphone android bisa dilakukan secara manual yaitu dengan menyambungkan tablet Android dengan PC atau laptop mennggunakan kable USB. Lalu buat sebuah folder di PC dan pinsahkan semua file, data, dokumen, foto, video maupun musik yang sebelumnya disimpan di memori internal hp android Anda. Atau, anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa melakukan backup langsung dari android dengan menggunakan ES File Explorer.
Setelah anda melakukan back up, saatnya untuk melakukan factory reset. Terdapat 2 cara untuk melakukan reset ulang hp android, kedua cara tersebut memiliki tujuan yang sama yakni untuk mengembalikan Android ke tampilan baru atau awal. Perhatikan tutorial dan langkah dibawah ini.

1) Cara Factory Reset Semua Merk dan Jenis Android.
Banyak orang membuat tutorial cara factory reset untuk menghapus data. Namun ketika saya perhatikan, cara tersebut bukan cara untuk sepenuhnya menghapus semua data. Penemuan terbaru yang dilakukan oleh salah satu perusahaan Anti virus mengatakan. Factory reset tidak menghapus atau wife semua data. Jelas hal ini akan sangat tidak aman terutama bagi anda yang berniat menjual tablet atau handphone android karena data dan file tersebut ternyata bisa dikembalikan atau di restore. Untuk itu saya akan tunjukkan cara yang benar bagaimana cara melakukan Factory Reset agar data dan file anda benar-benar sepenuhnya terhapus secara permanen demi keamanan privasi anda.
Catatan : jika anda tidak berniat menjual Android yang sedang dipakai, anda bisa melakukan reset ulang dasar melalui tutorial cara menghapus dan mengganti akun google.
Android anda harus sedang dalam keadaan mengisis baterai. Agar proses ini tidak gagal karena biasanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam.
  • Buka atau tap Setting.
  • Pilih lalu tap Security.
  • Selanjutnya pilih lalu tap Encrypt Phone / Tablet.
    Cara encrypt Android
Tunggu sekitar satu jam untuk proses enkripsi data pribadi anda. Perhatikan pada gambar diatas. Jika langkah diatas telah dilakukan, saatnya untuk melakukan Factory reset atau reset ulang untuk mengembalikan ke pengaturan awal atau pabrik. Caranya  :
  • Tap Setting.
  • Pilih lalu tap Privacy.
  • Tap Factory data reset.
  • Tap reset Phone / Tablet.
2) Cara Factory Reset Android melalui boot Recovery Mode
Cara ini bisa dilakukan bagi hp atau tablet Android yang tidak bisa masuk atau terkunci. Seperti pada android yang terkunci pola atau PIN karena lockscreen pada tampilan home. Maka cara reset ulang android yang mati dengan cara masuk recory mode. Disini, akan saya coba perlihatkan pada hp Samsung.
  • Matikan tablet atau HP Android Anda.
  • Tahan / tekan tombol ‘Power + Volume Up + Home’ secara bersamaan.
  • Gunakan tombol ‘Volume Up / Down’ untuk memindahkan pilihan lalu menuju ‘Wipe data/factory reset’, kemudian tekan tombol ‘Home’.
    cara factory reset android dengan recovery mode
  • Arahkan ke Reboot lalu tekan tombol Home.
Setiap merk dan type Android memiliki kombinasi tombol yang berbeda untuk dapat masuk ke recovery dan melakukan Factory reset. Untuk itu, silahkan lihat daftar lengkap tombol kombinasi semua merk tablet dan smartphone Android untuk masuk ke recovery mode pada tutorial Cara Masuk Recovery Mode Semua Tablet dan HP Android.
Jika anda bertanya manakah cara yang paling aman untuk factory reset atau reset ulang Android, menurut saya jawabannya adalah dengan menggunakan cara ke satu.