search-button

Jan 10, 2019

20+ Trik Rahasia Tersembunyi YouTube Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Ayo bongkar, Trik Rahasia Tersembunyi Aplikasi YouTube Android yang mungkin belum kamu ketahui padahal sangat berguna. Sebagai salah satu layanan video sharing nomor satu di dunia, youtube memiliki berbagai konten dari mulai yang dianggap enggak baik sampai luar biasa. Jika dalam beberapa tahun ke belakang kita mungkin lebih sering melihat videonya melalui browser di PC, sekarang sudah lebih nyaman melalui smartphone di genggaman tangan yaitu melalui youtube app.

Tetapi mungkin pengguna aplikasi youtube entah itu Android maupun iOS belum mengetahui cara memaksimalkan aplikasinya. Padahal, ada banyak fitur dan rahasia di dalamnya yang mungkin belum kamu explore sama sekali. Dalam artikel ini saya akan coba menunjukkan beberap trik rahasia youtube Android biar saat nonton dan online di aplikasi ini lebih asyik lagi.

Tips dan Trik Rahasia Tersembunyi Aplikasi YouTube Android

Trik Rahasia Aplikasi YouTube Android

Sepertinya semua orang pun lebih memilih nonton melalui aplikasinya karena itu tadi. Mudah di lihat dimana saja. Apalagi, tampilannya pun saat ini lebih user friendly dan navigasinya tidak membuat orang bingung untuk memakainya. Dan ini kumpulan tips dan trik aplikasi youtube dari fitur standar hingga fitur tersembunyi yang bisa kita kolaborasikan dengan aplikasi lain.

1. Cara Menghemat Paket Data Saat Nonton Video YouTube

Banyak video HD yang tersedia namun kita juga harus mempertimbangkan kuota paket data seluler. Jika kamu ingin mengehemat paket data yang sudah dibeli, tap “Pengaturan » Umum” kemudian aktifkan “Batasi Penggunaan Data Seluler”. Dengan fitur ini, maka setiap video HD hanya akan bisa dilihat ketika kamu terkoneksi ke wifi saja.

2. Nonton Video YouTube Menggunakan Kacamata VR

Kacamata virtual reality enggak cuma digunakan untuk bermain game saja. Salah satu fitur rahasia youtube yaitu kamu bisa menonton video 360 derajat kemudian gunakan VR seperti google cardboard agar pengalaman menonton lebih real.

3. Memutar Video Slow-Motion di YouTube Android

Jika saat menonton video menggunakan browser PC, sudah jelas kita bisa mengatur playback atau kecepatan dari video yang sedang di tonton. Misalnya kita ingin agar video tersebut slow motion, untuk melakukannya di Android saya sudah membongkar trik rahasia youtube ini di artikel Cara Memperlambat (Slow Motion) Video Youtube di Android

4. Menampilkan Lirik Lagu di Video Musik YouTube Android

Video musik gratis bisa kita dapatkan secara gratis di aplikasi youtube, jika kamu suka musik bahasa inggris, tentunya penasaran dengan liriknya kan? Maka trik rahasia aplikasi youtube Android yang harus kamu coba ini telah saya bahas dalam artikel Cara Menampilkan Lirik Lagu YouTube di Android

5. Tonton Video YouTube Dengan Layar Kecil

Jika kamu sedang melakukan multi-tasking, misalnya sedang asyik chat di LINE atau BBM tetapi ingin sambil menonton video YouTube, maka trik aplikasi youtube ini bisa melakukannya di Cara Menggunakan Multi Window di Android Tanpa Root

6. Merubah Lokasi Negara atau Lokasi Konten

Fitur Tersembunyi YouTube

Jika kamu merasa bosan dengan konten video lokal, salah satu fitur rahasia youtube ini bisa kamu gunakan yaitu untuk merubah rekomendasi dari video atau konten dari luar negeri saja. Misalnya kamu lebih suka video-video dari korea maka masuk ke “Setelan » Umum » Lokasi konten” kemudian pilih negaranya semisal “Korea”.

7. Memutar Video 360 Derajat Lebih Asyik

Salah satu fitur rahasia youtube yang masih belum banyak diketahui adalah pada saat menonton video 360ยบ. Banyak pengguna yang hanya terdiam dan memperhatikan, padahal layar video tersebut bisa kamu geserkan ke segala arah dengan posisi 360 derajat. Baca nih ulasan lengkapnya 2 Cara Asyik Nonton Video YouTube 360° Di Android

8. Menyimpan Video dan Tonton Secara Offline

Kamu sebenarnya bisa download video youtube di Android tanpa menggunakan aplikasi tambahan yang hanya akan memperberat smartphone. Coba baca penjelasannya di artikel ini Cara Download Youtube di Android Tanpa Aplikasi

9. Mempercepat Playback Video di YouTube Android

Jika pada Trik Rahasia Tersembunyi YouTube Android nomor tiga kamu bisa memutar slo-motion video, tentu saja kamu pun bisa membuatnya agar video berputar menjadi lebih cepat. Seperti yang saya jelaskan di artikel ini Cara Mempercepat & Memperlambat Video Youtube di Android

10. Lihat Statistik Video YouTube

Setiap video youtube yang kamu upload, beberapa diantaranya bisa kamu lihat seberapa bagus statisik videonya. Tidak semua video ya, hanya video youtube yang telah di “enable” kan saja oleh si pengunggah. Caranya tap layar video kemudian tap icon statistik.

11. Upload Hanya Pada Saat Kamu Terkoneksi ke Wifi

Tentunya setiap pengguna yang sering menggunakan aplikasi youtube memiliki channel didalamnya dan pasti suatu saat ingin mencoba mengupload video. Jika kamu khawatir paket data seluler habis, maka aktifkan fitur hemat upload ini di “Setelan » Umum » Upload » Hanya pada Wi-Fi”. Jadi, video kamu hanya akan diunggah pada saat berada di jaringan wifi saja.

12. Cara Menampilkan Terjemahan Video di YouTube

Benar, enggak semua dari kita mengerti bahasa inggris atau bahasa negara lain. Tentunya dengan ada terjemahan akan membantu kita untuk mengetahui maksud dari video yang sedang kita tonton. Saya sudah menjelaskan fitur aplikasi youtube ini di sini 2 Cara Menampilkan Subtitle/Terjemahan Indonesia di YouTube Android

13. Kostumisasi Tampilan Google Subtitle (CC)

Tips Trik Aplikasi YouTube Android

Jika kamu bosan dengan tampilan teks subtitle yang hanya berwarna hitam putih atau teksnya terlalu kecil, maka gunakan saja trik youtube ini. Kamu bisa memperbesar, mengganti warna bahkan mengganti font. Baca disini tutorialnya ya Cara Mengaktifkan Gaya Subtitle Film Otomatis di Android

14. Aktifkan Notifikasi Aplikasi YouTube

Pastinya kita memiliki channel favorit yang di subscribe. Agar kita menjadi orang pertama yang menonton dan berkomentar, maka aktifkan fitur notifikasinya. Setiap channel yang baru saja mengunggah video baru, akan langsung diberitahukan melalui notifikasi ini. Caranya masuk ke “Setelan » Notifikasi” kemudian pilih “Beritahu di perangkat ini”. Selanjutnya kamu menuju channel favorit dan tap ikon lonceng.

15. Batasi Konten Video

Fitur aplikasi youtube yang jarang digunakan oleh pengguna terutama yang selalu menonton youtube bersama anak-anak adalah fitur “Mode Terbatas”. Padahal ini sangat penting untuk menjaga rekomendasi video atau isis komentar yang tidak sesuai dengan pedoman youtube. Caranya tap “Setelan » Umum Mode Terbatas”.

16. Download Video YouTube Hanya Saat Terkoneksi ke Wi-Fi

Saya adalah salah satu yang sering menyimpan video youtube secara offline. Namun enggak mau kehabisan kuota data saat mengunduh karena jumlah video yang di simpan cukup banyak. Jadi aktifkan saja fitur ini di “Setelan » Offline Download melalui wi-fi saja” biar paket data kamu jadi hemat.

17. Hapus Riwayat Pencarian di Aplikasi YouTube

Agar kamu tidak terganggu dengan kata kunci yang selalu muncul pada saat ingin mencari video baru, bersihkan riwayat atau history pencarian youtube di “Setelan » history & privasi” kemudian tap “Hapus histori pencarian”.

18. Tonton Video YouTube Android di Layar Lebih Besar (Screen cast)

Jika kamu merasa layar di video youtube terlalu kecil, gunakan smart TV agar video bisa langsung ditonton ke layar yang lebih besar. Caranya tap icon “Cast” di aplikasi youtube Android kemudian atur dan terima di smart TV.

19. Berkomentar di Menit Tertentu

Saat kamu menonton video lucu, pasti ada bagian dari dalam video yang sangat kamu sukai. Misalnya di menit “03:45”, maka kamu bisa mengomentari video pada menit tersebut dengan menuliskan “03:45” di komentar yang sedang kamu buat.

20. Maju atau Mundur ke Menit Tertentu di Video Dengan 2x Tap

Jika kita perhatikan, video bar yang nampak pada aplikasi youtube saat video sedang berputar sangat kecil sehingga cukup sulit untuk ditekan atau digeserkan ketika ingin menuju ke menit tertentu. Trik rahasia youtube agar kamu bisa meloncati menit tersebut adalah dengan melakukan 2x tap pada layar video sebelah kanan atau kiri. Maka otomatis video akan meloncat sebanyak 5 detik, 10 detik bahkan 60 detik.

21. Memunculkan Video Terkait di Tampilan Full Screen

Trik Aplikasi YouTube Android yang terakhir adalah memunculkan video yang terkait. Misalnya saat kamu sedang melihat satu video dengan tampilan full screen atau landscape, maka cukup geserkan layar dari bawah ke atas. Video terkait pun akan muncul dan tinggal kamu pilih mana yang akan di tonton.
Saat ini semua orang lebih menyukai nonton video youtube lewat smartphone, maka dari itulah Trik Rahasia Tersembunyi YouTube Android yang telah saya jelaskan diatas perlu kamu ketahui. Selamat mencoba.