search-button

Dec 9, 2016

Apa Itu Google Cardboard? Fitur dan Keunikannya

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com - Google Cardboard merupakan salah satu terobosan baru dari Google. Produk Cardboard mulai diperkenalkan Google di pertengahan Juni 2014 pada peserta konferensi Google I/O di San Fransisco. Google cardboard juga sering disebut sebagai kacamata kardus.

Anda pernah mendengar atau membuat origami? Origami merupakan seni melipat kertas yang berasal dari jepang, kita bisa membuat berbagai macam bentuk dari kertas seperti bentuk burung, kucing, pohon cemara, bunga, dan lain-lain. Tidak perlu mahir, siapapun bisa melakukannya karena sudah dilengkapi dengan tahapan-tahapan cara membuatnya. Kita bisa membuat bentuk binatang dan tumbuhan tersebut dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah tersedia. Naah, Konsep melipat kertas untuk membentuk sesuatu juga diterapkan Google pada terobosannya yaitu Google Cardboard.

Google Cardboard Untuk Smartphone Android

Apa itu Google Cardboard?

Google Cardboard adalah sebuah virtual reality (VR) yang dikembangkan oleh Google dengan berbahan dasar kardus yang harus dirakit dan dipasangkan dengan smartphone.

Fitur dan Keunikan Google Cardboard

Konsep Cardboard terbilang cukup unik, biasanya suatu produk dijual sudah berupa suatu bentuk, namun cardboard keluaran Google ini mempunyai konsep berbeda. Kita sebagai para pemesan diberi kesempatan untuk merakit sendiri perangkat cardboard tersebut karena perangkatnya berupa kardus dengan potongan yang berpola, bentuklah kardus tersebut sehingga berbentuk  kacamata. Selain kardus dengan potongan yang berpola, cardboard juga dilengkapi dengan dua lensa dan magnet pada sisinya.

Setelah Cardboard yang kita punya sudah selesai kita rakit, hal yang selanjutnya perlu kita miliki adalah aplikasi Google cardboard. Karena tanpa memiliki aplikasi ini, maka kita tidak akan bisa menggunakannya. Aplikasi tersebut bisa kita download sendiri di play store. Setelah aplikasinya berjalan, kita sebagai pemakai tidak perlu bersentuhan langsung dengan layar smartphone kita. Inilah fungsi dari tombol magnet, tombol magnet bekerja sebagai alat untuk menyentuh layar secara tidak langsung.

Aplikasi cardboard juga menggunakan dua lensa yang akan menampilkan dua buah gambar pada smartphone, Satu lensa untuk mata kanan dan satunya lagi untuk mata kiri. Lensa tersebut berfungsi untuk memproyeksikan tampilan smartphone Android kita sehingga menyajikan konsep visualisasi dalam bentuk 3 dimensi (3D). Dengan menggunakan cardboard, kita seperti sedang menjelajah ke dunia baru, kita bisa menikmati pemandangan yang tampak nyata.

Jika anda tertarik untuk membuat Google Cardboard sendiri, itu bisa anda lakukan dengan menyediakan alat-alat seperti kardus, dua lensa, dan magnet.setelah itu anda bisa melakukannya dengan mengikuti pola rancangan yang disediakan oleh Google.