search-button

Sep 10, 2019

12 Aplikasi (VR) Virtual Reality Android Terbaik

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Dengan semakin majunya teknologi baik dalam dunia industri maupun gadget saat ini sudah dapat dinikmati oleh setiap orang dengan sangat mudah. Diantaranya adalah dengan memasang aplikasi virtual reality Android yang di pasarkan di Play store. Bagi sebagian pengguna baru smartphone, ketika mendengar kata aplikasi virtual reality ini pastinya akan menimbulkan banyak pertanyaan. Apa itu virtual reality? Dan bagaimana cara kerjanya?

Virtual reality adalah sebuah teknologi komputer yang menyamai keadaan lingkungan baik secara nyata maupun apa yang ada didalam bayangan kita. Kemudian disimulasikan secara fisik oleh pengguna dan lingkungan secara virtual sehingga terjadi interaksi yang nyata. Bagi pengguna smartphone Android, Anda dapat menikmati keseruan teknologi ini dengan menggunakan aplikasi virtual reality Android terbaik yang akan saya ulas secara lengkap.

Aplikasi Virtual Reality Android Terbaik Dengan Pengalaman Nyata

Sebelum Anda dapat menggunakan aplikasi virtual reality untuk Android, pertama Anda membutuhkan alat tambahan yakni kacamata VR (Virtual Reality). Beberapa produk yang sudah cukup populer dikalangan pecinta teknologi yakni Google Cardboar VR, Oculus VR dan Samsung Gear VR. Nah jika Anda sudah memiliki produk kacamata VR tersebut atau dari merk lain, maka inilah daftar aplikasi virtual reality paling seru yang harus Anda pasang di Android.

  1. Google Cardboard.
    Aplikasi Virtual Reality Android Terbaik
    Bagi Anda yang baru mengenal teknologi virtul reality pada smartphone, aplikasi Cardboard adalah salah satu yang wajib Anda pasang. Selain gratis, ia juga memiliki banyak fitur dan kemampuan seperti untuk  nonton video 360 derajat di youtube, video 3D, photo sphere hingga menjelajahi berbagai tempat di google earth dengan pengalaman yang seru. Pasang di Play store.
  2. Vrse – VR.
    Aplikasi VR Android Terbaik
    Adalah aplikasi yang berisi berbagai koleksi film pendek, video musik hingga dokumenter yang disajikan secara sinematik melalui virtual reality. Anda akan merasakan sensasi nyata seperti saat ribuan burung yang terbang atau kereta api yang melaju kencang dan menabrak tepat didepan kita. Beberapa video yang dibuat tersebut telah diproduksi oleh The New York Times, Vice dan yang lainnya. Pasang di Play store.
  3. Discovery VR.
    Discovery VR Android
    Bagi Anda yang lebih tertarik dengan dunia misteri atau ingin mencoba keberanian dalam dunia ini maka Discovery VR bisa menjadi salah satu aplikasi vr Android yang pas untuk dicoba. Aplikasi ini berisi tantangan dalam video 360 derajat yang mana Anda dapat ikut serta untuk memburu hantu atau sebagai paranormal. Pasang dari Play store.
  4. Jaunt VR.
    Virtual Reality Untuk Android
    Seperti Vrse, Jaunt adalah aplikasi virtul reality Android yang menawarkan konten video secara sinematik tetapi dengan sistem audio yang lebih seru. Ia memiliki fitur content library dimana Anda dapat memutar berbagai video secara gratis. Pastikan Anda terhubung ke akses internet yang cepat seperi wi-fi agar lebih asyik lagi saat menonton video didalam aplikasi ini. Pasang di Play store.
  5. YouTube 360° Videos.
    Virtual Reality 360 Android
    Jika diperhatikan, setiap smartphone Android saat ini sudah dibekali dengan aplikasi YouTube bawaan. Tetapi tidak semua orang tahu bahwa mereka bisa menikmati video 360 derajat secara gratis dari berbagai channel. Anda hanya perlu memasukkan kata “360Video” di kolom pencarian kemudian nantinya akan dimunculkan daftar video yang bisa dilihat dengan fitur 360 derajat. Baca tutorial lengkapnya di 2 Cara Asyik Nonton Video YouTube 360° Di Android.
  6. VR Roller Coaster.
    Aplikasi Kacamata VR Android Gratis
    Aplikasi VR untuk Android ini menawarkan sensasi nyata dan menantang terhadap keberanian Anda. Apalagi kalau bukan tentang sensasi roller coaster yang terasa terbang dan terjatuh dari ketinggian. Anda dapat menikmati keasyikan video 3D dengan lokasi atau suasana yang dipilih secara acak setiap kali kita membuka aplikasi tersebut. Jangan remehkan tentang efek suara yang ada didalam konten aplikasi ini karena justru akan menambah sensasinya menjadi lebih nyata. Pasang di Play store.
  7. Relaxation VR: Rest & Meditate.
    Aplikasi Relaksasi VR
    Suasana yang tenang dan nyaman sangat Anda butuhkan ketika sehabis kerja atau telah melewati hari yang sangat sibuk. Salah satu aplikasi virtual reality Android terbaik ini akan memberikan Anda relaksasi dan mediasi dimanapun Anda berada. Anda dapat memilih pemandangan, pantai atau laut yang luas kemudian pasangkan smartphone ke Google Cardboard dan dengarkan suaranya melalui headset. Pasang dari Play store.
  8. Cardboard Camera.
    Aplikasi Cardboard Camera VR Android
    Aplikasi VR Android besutan Google ini akan membantu Anda dalam mengambil foto vr dengan sangat mudah. Setelah Anda berhasil membuatnya, bisa langsung dilihat dengan tampilan 360 derajat dan 3D. Selain itu, warna dan suaranya pun akan terlihat dan terdengar sangat jelas. Sebagai rekomendasi, coba Anda mengambil foto disuasana alam atau pegunungan. Pasang di Play store.
  9. Titans of Space Cardboard VR.
    Aplikasi Virtual reality Luar Angkasa
    Ingin tahu bagaimana rasanya menjadi seorang astronot yang menjelajahi luar angkasa? Titans of Space menyajikan gambaran yang terasa nyata seperti apa rasanya berada diluar angkasa. Anda dapat melihat berbagai planet yang diiringi dengan suara musik dan berbagai keterangan yang ditampilkan melalui teks. Pasang di Play store.
  10. InMind VR.
    Game VR Android
    Adalah sebuah game yang diperuntukkan untuk para pengguna Google Cardboard. Ia lebih mirip dengan game bergaya arcade tetapi dengan mengkombinasikan grafik dan kecepatan game play yang luar biasa. Anda dapat memasangnya secara gratis dari Play store.
  11. GoPro VR.
    Aplikasi GOPro VR android
    Bagi Anda yang sudah memiliki action cam Gopro Hero, aplikasi GoPro VR pun wajib Anda pasang di smartphone Android. Ia memilki banyak konten untuk Anda lihat dalam mode video 360 derajat seperti konser, surfing, landscape alam, kehidupan sehari-hari dan masih banyak lagi yang bisa Anda pilih dari dalam fitur kategori yang dimilkiinya. Anda pun dapat belajar sendiri bagaimana cara membuat video 360 derajat secara gratis melalui aplikasi ini. Pasang di Play store.
  12. VRinOR.
    Aplikasi Video Operasi VR Android
    Adalah aplikasi virtual reality untuk smartphone Android yang sangat cocok bagi Anda para mahasiswa kedokteran atau yang ingin mengetahui bagaimana berada diruang operasi. Aplikasi ini dikembangkan oleh Mativision dan berisikan video yang telah dibuat di Royal London Hospital. Pasang di Play store.

Kesimpulannya, ketika Anda sudah memiliki kacamata virtual reality baik yang harganya mahal seperti Gear VR atau sekedar Google Cardboard, manfaatkan untuk menikmati konten dan video dengan sensasi yang nyata. Rentetan aplikasi virtual reality Android terbaik diatas, dapat menjadi rekomendasi yang tepat.
Baca juga: