search-button

Sep 10, 2019

2 Cara Menampilkan Subtitle/Terjemahan Indonesia di YouTube Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiadcom – Trik Cara Menampilkan Subtitle atau Terjemahan Indonesia di Video YouTube Android bisa Anda lakukan beberapa langkah mudah berikut ini. Ada begitu banyak konten video yang bisa kita tonton menggunakan aplikasi youtube Android. Mulai dari video hiburan, pendidikan hingga dokumenter. Dan tak sedikit pula dari video yang kita tonton tersebut berasal dari luar negeri atau video dengan bahasa asing.

Banyak pengguna yang cukup kesulitan untuk memahami arti dari suara video yang sedang ditonton karena berbahasa inggris atau jerman. Salah satu fitur yang diberikan layanan youtube untuk membantu kita memahami isi suara adalah dengan fitur captions. Fitur ini bisa diaktifkan baik pada saat kita nonton di pc maupun via aplikasi Android. Dan tentu saja, melalui fitu ini maka kita bisa menonton youtube dengan subtitle indonesia di Android.

Cara Menampilkan Subtitle di Youtube Android

Cara Menampilkan Subtitle Indonesia di Youtube Android

Pada dasarnya, cara menterjemahkan video youtube ke bahasa indonesia di Android bisa dilakukan dengan dua cara yang berbeda. Tetapi ada yang perlu Anda pahami terlebih dahulu. Seseorang yang mengunggah video ke youtube, memiliki pilihan untuk menyisipkan subtitle kedalam isi videonya atau biasa disebut dengan caption (CC). Misalnya agar mudah diterjemahkan dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia. Tetapi tidak semua orang menggunakan fitur ini karena memang keterbatasan sumber penerjemah dari video yang mereka upload.

Untuk mengaktifkan cc di youtube di Android agar video dari bahasa asing bisa diterjemahkan kedalam bahasa indonesia, Anda bisa mengikuti  langkah berikut ini. Dan saya mempraktekannya dengan screen shot dari beberapa buah video yang menyediakan subtitle bahasa indonesia.
Baca juga:

1. Cara Menampilkan Subtitle di YouTube Android Secara Manual Dari Video Tertentu.
  • Buka aplikasi YouTube kemudian tonton dan pause video yang ingin Anda tampilkan subtitle atau caption-nya.
    Cara Menterjemahkan Video Youtube ke Bahasa Indonesia
  • Tap tombol Options disudut atas kemudian nantinya akan muncul pilihan Captions.
  • Tap Captions dan pilih Indonesian (Bahasa Indonesia).
    Cara Mengaktifkan Subtitle di Android
  • Maka video youtube bahasa inggris pun diterjemahkan kedalam bahasa indoensia.

2. Cara Menterjemahkan Video YouTube Android Secara Otomatis.
Perlu Anda ketahui, agar semua subtitle youtube tampil dalam bahasa indonesia secara otomatis ada beberapa hal dan langkah yang harus Anda lakukan seperti dibawah ini.
  • Aturlah smartphone menjadi Bahasa Indonesia melalui Settings » Language & Input » Bahasa Indonesia.
    Cara Mengaktifkan CC di Youtube Android
  • Selanjutnya buka aplikasi youtube dan masuk ke Setelan » Teks » Subjudul Google (CC) kemudian aktifkan hingga berwarna hijau.
  • Selanjutnya buka salah satu video maka ia akan langsung menampilkan subtitle indonesia.

Kesimpulannya, cara menampilkan subtitle di youtube android agar video bisa diterjemahakan kedalam bahasa Indonesia adalah dengan mengaktfikan fitur Captions. Tetapi perlu Anda ingat, tidak semua video youtube bisa diterjemahkan karena tergantung dari pengupload itu sendiri apakah menyediakan subtitle bahasa indonesia atau tidak.
Baca juga: