search-button

Oct 16, 2021

7 Cara Merawat Sensor Sidik Jari Agar Tidak Cepat Rusak

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara merawat sensor sidik jari agar tidak cepat rusak, hindari penyebab kenapa fingerprint tidak berfungsi. Fitur sidik jari sejauh ini menjadi salah satu metode keamanan yang paling banyak digunakan di smartphone Android atau iOS, fitur ini menambahkan lapisan keamanan ekstra ke ponsel dan membuat proses membuka kunci ponsel jadi jauh lebih mudah dan lebih cepat.


Namun, bisa sangat merepotkan ketika kesalahan "sidik jari tidak berfungsi" muncul. Memang, terkadang ponsel tidak mendeteksinya, atau membutuhkan waktu lebih lama untuk merespons, dan lainnya, jika ssensor sidik jari tidak dirawat. Artikel ini akan memandu kamu tentang bagaimana cara merawat sensor sidik jari agar tidak cepat rusak, diantaranya ada cara membersihkan sensor sidik jari Samsung A7 2018 dan pada ponsel lainnya juga.

Cara Merawat Sensor Sidik Jari Agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Sensor Sidik Jari


1. Batasi Sidik Jari yang Terdaftar

Cara merawat sensor sidik jari agar tidak cepat rusak yang pertama adalah dengan membatasi sidik jari yang terdaftar pada ponsel, seberapa banyak pun ponsel tersebut menyediakan ruang untuk sidik jari yang terdaftar. Meskipun ponsel yang kamu gunakan menyediakan banyak ruang untuk mendaftarkan banyak sidik jari, tapi kami sarankan hanya daftarkan satu sampai tiga sidik jari saja.


2. Hanya Gunakan Jari yang Bersih

Cara merawat sensor sidik jari agar tidak cepat rusak selanjutnya adalah dengan menggunakan jari yang bersih ketika akan membuka ponsel, atau menggunakan fitur fingerprint pada ponsel. Pastikan jari yang akan digunakan, bersih dari kotoran, juga tidak basah apalagi berminyak. Karena jari yang berminyak akan membuat sidik jari berbekas pada sensor, dan membuat sensor jadi cepat rusak karena memindai terus menerus.


3. Jangan Gunakan untuk Memindai Selain Sidik Jari

Cara merawat sensor sidik jari agar tidak cepat rusak selanjutnya adalah dengan menjaga fungsi sensor sidik jari tetap pada tempatnya, yaitu dengan tidak menggunakan sensor yang ada untuk memindai bagian tubuh lain selain sidik jari yang terdaftar. Cara ini kami sarankan untuk kamu yang mungkin sering iseng, memindai bagian tubuh lain atau apa pun selain sidik jari dengan menggunakan sensor ini.


4. Rutin Bersihkan Sensor Sidik Jari

Cara merawat sensor sidik jari agar tidak cepat rusak selanjutnya adalah dengan rutin membersihkan sensor sidik jari di ponsel kamu. Selain dengan menjaga kebersihaan jari yang digunakan, menjaga kebersihan sensor sidik jari juga tidak kalah pentingnya. Untuk membersihkan sensor sidik jari ini, jangan sembarangan. Kamu harus tahu dengan pasti cara membersihkan sensor sidik jari yang aman.


5. Jaga Sensor Sidik Jari dari Goresan

Cara merawat sensor sidik jari agar tidak cepat rusak ini kami sangat sarankan untuk pengguna ponsel, yang bagian sensor sidik jarinya ada di depan atau di atas layar. Cara ini juga kami sangat sarankan, untuk yang ponselnya tidak memakai case pelindung. Seperti yang kita ketahui, sendir sidik jari ini sangat rawan rusak, apalagi dengan goresan – goresan yang mungkin dibuat oleh benda – benda yang kamu simpan bersama dengan ponsel.


6. Hindari Penggunaan Sensor Saat Hujan

Cara merawat sensor sidik jari agar tidak cepat rusak selanjutnya adalah dengan menghindari penggunaan sensor sidik jari di bawah hujan atau di kolam atau di tempat – tempat basah, cara ini kami sarankan untuk kamu yang menggunakan ponsel dengan teknologi anti air. Ya! Meskipun, ponsel tersebut digadang – gadang sebagai ponsel anti air, tetapi untuk menjaga sendor lebih awet, sebaiknya jangan gunakan saat hujan atau di tempat basah.


7. Gunakan Screen Protector Terpercaya


Cara Merawat Sensor Sidik Jari Agar Tidak Cepat Rusak


Cara merawat sensor sidik jari agar tidak cepat rusak teakhir yang kami sarankan di artikel kali ini, adalah dengan menggunakan screen protector terpercaya. Cara ini, kami sangat sarankan untuk kamu pengguna ponsel dengan sidik jari yang berada di layar. Screen protector yang tidak terpercaya atau yang abal – abal, mungkin menutup sensor dengan cara yang tidak aman. Jadi, sebaiknya gunakan yang terpercaya.


Gengs! penyebab mengapa sidik jari kamu gagal berfungsi itu mungkin karena kerusakan pada sensor sidik jari. Jika memang judah terlanjur rusak, cara – cara di atas bisa digunakan setelah kamu memperbaiki sensor sidik jari ponsel kamu. Kamu bisa memperbaikinya di pusat layanan atau service center brand ponsel yang kamu gunakan, atau di tempat service ponsel biasa. Sekian panduan cara merawat sensor sidik jari agar tidak cepat rusak ini, have a nice day!