search-button

Jul 27, 2021

11 Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi Error

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara mengatasi fingerprint Xiaomi error, cara mengatasi sidik jari yang tidak terdeteksi. Jika perangkat Xiaomi kamu gagal mengenali sidik jari kamu, maka kamu harus mencoba menambahkan kembali sidik jari kamu. Seiring waktu, sensor sidik jari mungkin tidak dapat mengenali jari kamu karena keausan biometrik jari kamu dan hal itu cukup normal. Jadi, tidak usah terlalu khawatir.


Ada kalanya jika kamu tidak mengatur sidik jari dengan benar, itu dapat menyebabkan masalah atau error pada sistem fingerprint. Solusi terbaik adalah dengan ‘mendaftarkan’ jari kamu lagi.  Selain itu, masih ada banyak peyebab kenapa fingerprint tidak berfungsi. Dalam panduan ini kamu akan mengetahui semua cara mengatasi fingerprint Xiaomi error, simak selengkapnya berikut ini.

Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi Error

Cara Memperbaiki Fingerprint Xiaomi Error


1. Daftarkan lagi Sidik Jari


Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi Error


Cara mengatasi fingerprint Xiaomi error yang pertama adalah dengan mendaftarkan lagi sidik jari kamu, kamu juga bisa menggunakan jari yang berbeda jika mau. jadi apakah sidik jari Hp Xiaomi bisa diganti? Jawabannya bisa. Pertama, kamu harus membuka Pengaturan > Layar Kunci & Kata Sandi > Kelola Sidik Jari. Sekarang, kamu dapat menambahkan Sidik Jari baru. Setelah selesai, kamu akan mendapatkan konfirmasi Fingerprint ditambahkan.


2. Kosongkan Penyimpanan Internal

Cara mengatasi fingerprint Xiaomi error selanjutnya adalah dengan mengosongkan penyimpanan internal, cara ini bisa dilakukan ketika Hp tidak dapat memproses sidik jari. Tidak masuk logika memang, tapi banyak pengguna mengatakan bahwa penyimpanan internal yang terisi penuh menyebabkan sidik jari tidak berfungsi dengan baik. Kamu sarankan untuk membersihkan penyimpanan internal, dan mecoba fingerprint lagi.


3. Hapus Cache Perangkat

Cara mengatasi fingerprint Xiaomi error ke tiga adalah dengan menghapus tumpukan cache di perangkat, cara ini bisa digunakan ketika perangkat tidak bisa menambahkan sidik jari Xiaomi. Cache sistem adalah data kecil yang disimpan oleh sistem Android yang membantu ponsel memuat aplikasi dan fungsi lainnya dengan cepat. Penumpukan cache yang berat dapat menyebabkan sidik jari tidak merespons dengan cepat, jadi silahkan hapus.


4. Coba Perbaikan di Opsi Pengembang

Cara mengatasi fingerprint Xiaomi error selanjutnya adalah lewat opsi pengembang, cara ini bisa kamu coba ketika setting fingerprint Xiaomi hilang. Perbaikan sederhana ini dapat memecahkan masalah di banyak perangkat, bukan hanya Xiaomi. Langsung buka Developer options, lalu nonaktifkan “Don’t keep activities”. Setelah ini, silahkan periksa apakah perbaikan ini berhasil atau tidak.


5. Beralih ke Pengguna Tamu

Cara mengatasi fingerprint Xiaomi error ke lima adalah dengan mengaktifkan mode tamu atau guest, cara ini bisa dilakukan ketika setting fingerprint xiaomi hilang. Untuk ini, silahkan tarik ke bawah bilah notifikasi dan di sini klik akun pengguna. Sekarang, beralihlah ke pengguna Tamu, kamu juga dapat menemukan opsi ini di Pengaturan Android. Selanjutnya, silahkan coba tambahkan sidik jari. Jika berhasil, alihkan kembali ke akun pengguna normal.


6. Trik Lewat Pengubahan ke PIN


Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi Error


Cara mengatasi fingerprint Xiaomi error selanjutnya adalah lewat pengubahan mode keamanan PIN, cara ini bisa jadi solusi jika tidak bisa menambahkan sidik jari Xiaomi. Cukup ubah Pola menjadi Pin dan tambahkan sidik jari. Saat diminta untuk menekan tombol Next di layar, Jangan tekan! Letakkan jari kamu di pemindai, dan itu akan berlanjut ke halaman berikutnya dan ikuti instruksi sampai selesai.


7. Tambahkan Sidik Jari Lain

Cara mengatasi fingerprint Xiaomi error ke tujuh adalah dengan menambahkan sidik jari lain ke data perangkat Xiaomi kamu, ini adalah salah satu cara mengatasi sidik jari yang tidak terdeteksi yang paling efektif. Untuk ini, silahkan buka Pengaturan > Kunci layar lalu Daftarkan jari lain yang tidak dikenal. Sekarang jangan hapus sidik jari sebelumnya, tetapi buka kunci layar itu sendiri dan kemudian tambahkan kunci layar dan daftarkan sidik jari kamu lagi.


8. Untuk Perangkat Rooted / ROM yang di-Flash

Cara mengatasi fingerprint Xiaomi error ini, khusus untuk ponsel Xiaomi yang telah di-root. Untuk ini, langsung saja, buka aplikasi File Manager dan buka ke data/system/. Di sini hapus dua file dengan ekstensi '.key' dan tiga file dengan kata 'locksettings' dalam nama lengkapnya. Setelah beres, silahkan nalakan ulang perangkat dan sekarang tambahkan lagi sidik jari kamu. Selesai!


9. Untuk Perangkat Rooted / ROM yang di-Flash Lainnya

Cara mengatasi fingerprint Xiaomi error ke sembilan ini, masih untuk perangkat Xiaomi yang sudah di root. Selain menghapus file seperti cara di atas, kamu juga dapat menghapus file-file lainnya di Ponsel Xiaomi kamu yang sudah di-root. Data lokasinya ini (/data/sistem/pengguna/0/fpdata/pengguna.db) dan (/data/system/users/0/settings_fingerprint.xml). Cara ini akan dapat memperbaiki masalah fingeprint.


10. Restart Perangkat

Cara mengatasi fingerprint Xiaomi error selanjutnya adalah dengan me-restart atau mengatur ulang perangkat Xiaomi kamu, ini adalah cara mengatasi sidik jari yang tidak terdeteksi  yang efektif. Jika tidak ada yang berhasil, restart perangkat adalah pilihan terbaik. File yang disimpan dapat merusak fungsi sidik jari dan mungkin tidak dapat diperbaiki dengan tweak sederhana. Restart Ini akan menghapus file rusak itu, jadi silahkan coba.


11. Reset Perangkat


Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi Error


Jika tidak ada cara mengatasi fingerprint Xiaomi error di atas yang berhasil, maka gunakan pengaturan ulang perangkat. Kami sarankan untuk mengatur ulang perangkat dari mode pemulihan. Untuk ini, buka aplikasi Updater > Menu > Reboot to Recovery mode lalu klik Reboot Now. Dalam mode Pemulihan, pilih bahasa Inggris. Setelah itu, silahkan pilih Wipe & Reset dan pilih Wipe All Data.


Dengan cara - cara mengatasi fingerprint Xiaomi error di atas, kamu dapat memperbaiki semua jenis masalah dengan Sensor Sidik Jari Xiaomi Redmi atau Mi kamu untuk perangkat normal maupun yang di-rooting. Jika masalah figerprint masih terjadi, kamu bisa mengunjungi Xiaomi Care terdekat untuk mendapatkan perbaikan dari profesional. Sekian panduan cara mengatasi fingerprint Xiaomi error ini, have a nice day!