search-button

Mar 30, 2020

5 Cara Screenshot Samsung Galaxy A51

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara - cara screenshot Samsung Galaxy A51. Samsung Galaxy A51 berjalan pada Android 10 dengan OneUI 2.0. Untuk kamu yang baru membelinya dan belum bingung karena cara screenshot yang biasa kamu gunakan tidak berfungsi, kamu harus tahu bahwa cara mengambil tangkapan layar atau screenshot pada Samsung Galaxy A51 sedikit berbeda dibandingkan ponsel seri Samsung Galaxy tahun lalu.


Jadi dalam posting panduan cara screenshot Samsung Galaxy A51 ini, kita akan mengeksplorasi berbagai cara alternatif lain untuk mengambil screenshot di Samsung Galaxy A51. Fyi gengs, tombol daya Galaxy A51 diganti namanya menjadi tombol Samping. Dengan menekan lama pada tombol samping tersebut, ini akan meluncurkan Bixby. Lalu bagaimana cara screenshot Samsung Galaxy A51? Jawabannya ada dibawah ini.

Cara Screenshot Samsung Galaxy A51


Cara screenshot Samsung A51


1. Metode Tombol Hardware

Cara screenshot Samsung Galaxy A51 yang pertama adalah dengan menggunakan tombol hardware, cara ini juga bisa kamu gunakan sebagai cara screenshot Samsung A71 juga cara screenshot samsung tipe lainnya. Untuk ini, silahkan buka halaman tempat kamu ingin mengambil tangkapan layar. Sekarang dengan cepat tekan dan lepaskan tombol Daya dan Volume turun secara bersamaan. Layar akan berkedip dan screenshot akan tersimpan.

2. Gestur: Palm Swipe

Cara screenshot Samsung Galaxy A51 selanjutnya adalah dengan menggunakan fungsi gestur yaiu palm swipe atau grakan usapan tangan, cara ini bisa kamu gunakan sebagai cara screenshot Samsung A50s dan cara screenshot samsung pada tipe lainnya yang mendukung fitur ini. Seperti cara sebelumnya, pertama buka halaman yang ingin kamu screenshot lalu geser telapak tangan mu dari satu sisi ke sisi lain layar ponsel dan pastikan ujung telapak tangan menyentuh layar. Beres!

3. Assistive Touch

Cara screenshot Samsung Galaxy A51 yang ketiga adalah dengan Assistive Touch. Selain sebagai cara screenshot Samsung A5 1, ini juga bisa kamu gunakan pada Samsung yang mendukung fitur Assistive Touch. Untuk ini, silahkan buka Settings>Accessibility>Interaction and dexterity lalu aktifkan Menu Asisten. Setelah itu, sebuah ikon mengambang kecil akan muncul di layar. Yang perlu kamu lakukan hanya membuka bagian yang ingin kamu screenshot lalu klik ikon Menu Asisten tersebut, dan klik tombol Screenshot.

4. Screenshot Panjang atau Gulir

Selanjutnya di panduan cara screenshot Samsung Galaxy A51 ini, kami akan menjelaskan bagaiamana cara screenshot panjang atau gulir. Cara ini bisa kamu gunakan juga sebagai cara screenshot Samsung A30s dan tipe lainnya. Untuk ini, silahkan screenshot menggunakan salah satu cara di atas. Setelah itu, kamu akan mendapatkan menu di bagian bawah pratinjau tangkapan layar, klik ikon panah bawah disana. Setelah ini, screenshot panjang akan dimulai.

5. Aplikasi Pihak Ketiga

Cara screenshot Samsung Galaxy A51 yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, cara ini juga bisa kamu gunakan sebagai cara screenshot Samsung J2 Prime, cara screenshot Samsung A10s, cara screenshot Samsung J5, dan cara screenshot Samsung tipe lainnya. Untuk ini, kamu hanya perlu mengunduh salah satu aplikasi screenshot yang ada di Play Store. Dengan aplikasi tersebut, kamu akan mendapatkan lebih banyak fitur screenshot.


Sebagai catatan untuk cara nomor empat, sebelumnya kamu harus mengaktifkan fiturnya terlebih dahulu dengan cara buka Settings>Advanced Features>Screenshots dan aktifkan Screenshot toolbar. Untuk cara nomor dua pun sama, kamu harus mengaktifkan fiturnya terlebih dahulu dengan cara buka Settings>Advanced Features>Motions and gestures lalu aktifkan opsi Palm swipe to capture. Sekian panduan cara screenshot Samsung Galaxy A51 ini, stay health!