search-button

Oct 31, 2019

5 Penyebab Isi Token Listrik Gagal ke Meteran

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Inilah lima penyebab isi token listrik gagal ke meteran. Fitur prepay atau prabayar paling umum dikaitkan dengan industri telepon seluler, tapi sejak beberapa tahun terakhir industri energi listrik juga menggunakan sistem prabayar. Sistem prabayar pada listrik ini, telah digunakan oleh banyak rumah. Karena memang, sistem prabayar pada listrik menawarkan lebih banyak keunggulan dibandingkan dengan sistem pascabayar.


Beberapa keunggulan dari menggunakan sistem listrik prabayar diantaranya adalah, pengguna bisa mengisi ulang listrik dengan mudah, mengontol konsumsi listrik setiap waktunya dan juga menghemat uangn. Tapi seperti hal lainnya, sistem ini memiliki kekurangan. Salah satunya adalah token listrik yang sering gagal diinput. Jika kamu termasuk pengguna yang mengalami ini, kamu bisa mengatasinya sendiri setelah tau penyebab – penyebab isi token listrik gagal ke meteran berikut ini.

Penyebab Isi Token Listrik Gagal ke Meteran

Penyebab Isi Token Listrik Gagal ke Meteran


1. KWH Melebihi Batas

Jangan dulu berpikir bahwa token listrik bermasalah, karena bisa jadi penyebab isi token listrik gagal ke meteran adalah karena KWH meteran sudah melebihi batas. Perlu kamu tau gengs, bahwa pihak penyedia menerapkan batas KWH maksimal untuk setiap bulannya pada masing – masing meteran. Kebijiakan ini diharapkan bisa membuat setiap pengguna lebih bijak dalam menggunakan listrik dan dapat ikut terlibat dalam gerakan penghematan energi.

2. Server Error

Server error juga bisa menjadi penyebab isi token listrik gagal ke meteran. Masalah isi token listrik gagal ini biasanya dikarenakan server error  dari salahnya ID meter. ID meter ini terhubung ke token listrik yang dibeli, jadi ketika pengguna melakukan kesalahan ketika order dan divalidkan oleh server msks token listrik akan gagal diinput atau tidak bisa masuk ke ID meter. Untuk mengatasinya, pengguna harus memastikan ordernya sesuai dengan ID meter.

3. Salah Menginput Token Listrik

Sebelum kamu berpikir id token listrik tidak bisa diisi, coba periksa lagi nomor token listrik yang kamu input ke meteran. Karena bisa jadi penyebab isi token listrik gagal ke meteran adalah karena kamu salah menginput token listrik ke meteran, cek lagi jumlah digit di layar meteran dengan digit pada token listrik. Jangan sampai kurang atau bahkan lebih! Yup, kamu harus berhati – hati ketika memasukan token listrik karena jika salah sampai 3 kali, maka jangan heran jika token listrik diblokir.

4. Salah pasang Instalasi lsitrik

Ketika kamu beli token listrik gagal terus, ada kemungkinan penyebab isi token listrik gagal ke meteran itu karena instalasi listrik yang salah pasang. Tentu, jika meterannya sajah sudah tidak benar maka proses apapun yang dijalankannya akan ikut tidak benar. Jika, meteran dirumah mu memang begitu, kamu harus segera menghubungi pihak PLN dan meminta untuk diperbaiki. Karena, ini dapat menimbulkan bahaya seperti konsleting.
Baca juga:
Cek Tagihan Listrik PLN Online Lewat HP (3 Cara)
5 Cara Cek Riwayat Token Listrik
Cara Cek Sisa Token Listrik Online

5. Meteran Error

Penyebab isi token listrik gagal ke meteran yang terakhir adalah meteran yang error. Jadi, jika setiap kali isi pulsa listrik selalu gagal, coba cek layar meteran. Jika disana terdapat teks “Periksa”, “Cancel”, Logo Relay lepas, Telapak Tangan, Blocked, CTL atau mungkin layar meteran mati padahal kamu tidak mematikannya maka itu artinya meteran tersebut error. sebaiknya segera hubungi pihak PLN dan minta bantuan untuk memerikas meteran tersebut.


Setelah mengetahui lima penyebab isi token listrik gagal ke meteran, kamu tentu dapat mendapatkan solusi bagaimana cara mengatasinya kan. Sedikit tambahan, untuk masalah token listrik tidak bisa dibeli, penyebabnya bisa karena server error. Oh! Satu lagi! Jangan coba untuk mengotak atik meteran jika kamu bukan ahlinya, bisa sangat berbahya. Ok, sekian panduan lima penyebab isi token listrik gagal ke meteran ini. Have great weekend!