search-button

Oct 8, 2019

15 Tips Menggunakan Gimbal HP Agar Maksimal

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Gengs, inilah 15 tips menggunakan gimbal HP agar maksimal. Apa kamu pernah melewatkan kesempatam untuk mengabadikan moment – moment epic ketika liburan jalan – jalan keliling dunia, gara – gara kurang maksimal menggunakan gimbal HP mu ? Jika pernah, pasti itu sangat menjengkelkan. Selain karena mungkin moment – moment itu tidak bisa terulang lagi, itu juga karena gimbal mahal yang kamu beli jadi percuma.

Ya sudahlah ! yang lalu biarlah berlalu tapi untuk kedepannya di liburan – liburan mu yang akan datang, jangan sampai kamu kehilangan moment lagi. Tidak dengan membeli gimbal yang lebih mahal tetapi lebih baik dari sekarang kamu mulai belajar tentang fungsi - fungsi gimbal HP dan sebagai tambahan kamu juga bisa mempelajari tips - tips menggunakan gimbal HP agar maksimal yang telah kami rangkum di panduan ini.

Tips Menggunakan Gimbal HP Agar Maksimal

Tips Menggunakan Gimbal HP Agar Maksimal


1. Mengenal Gimbal

Tips menggunakan gimbal HP agar maksimal yang pertama ini, kami buat untuk kamu yang baru membeli gimbal. Yups, yang gimbalnya masih baru ! jika kamu baru saja membeli gimbal dan baru pertama kali menggunakan gimbal, alangkah baiknya jika kamu mengenali gimbal yang kamu beli itu terlebih dahulu sebelum memulai proses rekaman. Kamu bisa mulai mengenali tombol – tombol pada gimbal, bagaimana dia bergerak dan lainnya.

2. Persiapkan Baterai

Gengs ini merupakan tips menggunakan gimbal HP yang paling penting menurut kami, jadi kamu harus benar – benara perhatikan kesiapan baterai HP dan juga gimbal sebelum melakukan proses shooting. Pastikan baterai masing – masing perangkat tersebut penuh dan siap untuk dibawa shooting panjang. Jangan sampai baterai keduanya tidak memadai, jangan sampai juga baterai salah satunya seperti baterai HP kurang dan malah menyedot baterai gimbal ketika dipasangkan.

3. Nonaktifkan Stabilization

Beberapa orang menganggap bahwa dengan mengaktifkan fitur ini di HP-nya ketika merekam menggunakan gimbal akan bagus, tetapi pada kenyataanya tidak begitu gengs. Stabilization pada HP dan gimbal akan saling berolakan. Jadi, kami sarankan untuk menonaktifkan fitur ini di HP mu ketika kamu merekam dengan menggunkan gimbal dan membiarakan gimbal sendiri untuk menyetabilkan proses rekaman.

4. Kunci Exposure dan Fokus

Beberapa hal kecil lainnya yang harus kamu perhatikan adalah mengunci fitur exposure dan juga fokus pada HP yang akan kamu gunakan untuk dipasangkan dengan gimbal. Tips menggunakan gimbal HP yang satu ini akan sangat memabantu mu mendapatkan hasil rekaman yang tampak profesional gengs. Karena dengan mengunci fitur ini, kamu akan membuatnya stabil dan tidak akan terus berubah – ubah ketika rekaman berlangsung.

5. Posisi HP di Gimbal 


Tips Menggunakan Gimbal HP Agar Maksimal

Tips menggunakan gimbal HP agar maksimal selanjutnya adalah mengenai posisi atau pemasangan HP pada gimbal. Ketika di pasangkan dengan gimbal HP terbaik 2019 yang kamu miliki, kamu harus memastikan posisinya seimbang. Perlu kamu tau gengs, penyeimbangan posisi HP dengan gimbal itu sangat perlu, karena ini akan membantu sekali untuk meminimalkan beban gimbal dan juga ntuk menghemat baterai HP.

6. Gunakan Aplikasi Lain

Kebanyakan gimbal HP menyediakan aplikasi untuk membantu atau melengkapi fitur – fitur yang ada pada gimbal tersebut, tentu kamu bisa menggunakannya untuk memaksimalkan penggunaan gimbal HP mu. Tapi gengs. Di luar sana ada banyak aplikasi lain yang serupa tapi dengan lebih banyak keunggulan. Yup, ada banyak aplikasi profesional yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan penggunaan atau hasil rekaman dari gimbal. Coba saja !

7. Merekam Objek Bergerak

Tips menggunakan gimbal HP agar maksimal selanjutnya adalah untuk memaksimalkan rekaman ketikan kamu merekan objek bergerak. Berbeda dengan ketika merekam objek yang diam, merekam objek yang bergerak punya tantangannya sendiri. Ketika merekam objek bergerak, kamu harus memastikan pergerakan mu stabil dengan merekam menggunakan langkah kecil dan stabil, maka hasilnya akan jauh lebih baik.

8. Jangan Terlalu Berayun

Kontrol tiga sumbu gimbal adalah pan, tilt, dan roll, tetapi itu tidak mengontrol gerakan vertikal, yang berarti setiap gerakan vertikal yang kamu lakukan entah itu berjalan, melompat, dan lainnya akan memengaruhi gambar. Ini adalah sesuatu yang sering kali atau cenderung dilupakan oleh operator gimbal, sehingga menghasilkan "gerakan berenang" seperti gerakan ringan, terayun-ayun dan itu tidak terlalu bagus untuk ditonton.

9. Jangan Takut Bergerak

Pada tips menggunakan gimbal HP sebelumnya kami katakan untuk berhati – hati agar tidak terlalu banyak berayun – ayun ketika merekam dengan gimbal, tapi ini tidak berarti kamu harus takut untuk bergerak. Kamu tau kan, gimbal itu dibuat untuk menyetabilkan rekaman ketika kamu bergerak. So, jangan takut bergerak ketika merekam. Cobalah untuk merekam dengan bergerak lurus, mundur, ke atas, ke bawah dan lainnya.

10. Efek Slow Motion


Tips Menggunakan Gimbal HP Agar Maksimal

Kami yakin, kamu sudah tau apa itu efek slow motion. Jadi kami tidak perlu menjelaskan lagi apa itu efek slow motion, yakan. Lalu kenapa dengan efek slow motion ? well, di panduan tips menggunakan gimbal HP agar maksimal ini, kami ingin menyarankan mu untuk menggabungkan efek slow motion yang dramatis dengan  hasil rekaman dari gimbal dan HP. Kamu bisa bayangkan, hasilnya akan sangat luar biasa nanti.

11. Tracking Shot ala Steadicam

Tips menggunakan gimbal HP agar maksimal selanjutnya adalah tips untuk melakukan tracking shot. Gunakan gimbal HP terbaik mu untuk mengikuti subjek video kemana pun subjek melangkah. Usahakan untuk menjaga frame tengah subjek video sambil bergerak agar tidak terlihat naik-turun yang berlebihan. Ini adalah trik untuk menjaga audiens atau penonton dari melihat tepi bingkai dan melihat gerakan naik-turun yang mengganggu.

12. Smooth Pan and Tilt

Tips menggunakan gimbal HP agar maksimal selanjutnya adalah untuk memaksimalkan Pan and Tilt shot. Gunakan gimbal mu seperti menggunakan tripod, tips ini akan membantu ketika kamu sedang mengerjakan proyek run-and-gun dan menghadapi kesulitan memindahkan tripod. Meski dengan gimbal stabilizer HP murah, kamu dapat menangkap banyak gerakan cantik seperti dengan tripod. Untuk hasil terbaik, gunakan tubuh mu untuk menggerakkan kamera dan sistem gimbal.

13. Steady Still Shots

Tips menggunakan gimbal HP agar maksimal selanjutnya adalah untuk melakukan steady still shots tanpa tripod, kamu bisa menggunakan gimbal stabilizer HP terbaik yang kamu miliki untuk melakukan steady still shots. Steady still shot Ini mengharuskan mu untuk tetap diam ketika megambil gambar dengan gimbal, dan jika kamu melihat ada sedikit gerakan dalam bidikan, kamu bisa menerapkan warp stabilizer untuk menghaluskannya.

14. Crane Shots

Tips menggunakan gimbal HP agar maksimal selanjutnya adalah untuk melakukan teknik crane shot. Dengan bantuan dari gimbal HP xiaomi mu dan tips ini, teknik tersebut bisa dilakukan dengan mudah. Ini adalah salah satu teknik favorit, karena mudah dilakukan dan hasilnya sinematik. Pada dasarnya, untuk mendapatkan video kece dengan teknik ini, yang perlu kamu lakukan hanyalah merekam dengan memposisikan tubuh dalam posisi berjongkok, dan kemudian perlahan berdiri.
Baca juga:
10 Gimbal HP Murah Terbaik 1 Jutaan
5 Gimbal Kamera DSLR Murah Bikin Video Stabil
10 Kamera Vlog Terbaik Untuk Youtuber Hasil Video Maksimal

15. Gunakan Alat Bantu Lain


Tips Menggunakan Gimbal HP Agar Maksimal

Ingat gengs, gimbal itu bukan pengganti untuk alat lain. Yup, gimbal tidak dapat melakukan segalanya, dan bahkan jika memang bisa dengan beberapa pengaturan, gimbal masih memiliki keterbatasan. Slider, jibs, dan dollies masih menjadi alat untuk memabtu pembuatan video sinematik yang diperlukan, jadi jangan cepat - cepat menjual semua perlengkapan itu meski kamu memiliki gimbal keren dengan semua kelebihannya.


Gengs ! Tips – tips menggunakan gimbal HP agar maksimal diatas sangat kami rekomendasikan tetapi itu baru permulaannya saja. Masih ada banyak teknik dan tips lain yang dapat kamu lakukan untuk membuat sinematografi gimbal yang kamu buat sebaik yang kamu inginkan atau lebih baik dari yang kamu bayangkan. Selain mempelajari ini sendiri, kamu juga bisa berbagi tips dengan teman – teman lain yang satu hobi dengan mu. That will be great ! have a great day !