search-button

Sep 29, 2019

15 Penyebab Baterai HP Boros dan Solusinya

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Gengs ! kamu harus tau penyebab baterai HP boros dan solusinya. Sepertinya semua orang yang punya HP tau, bahwa tidak peduli seberapa hebat teknologi dan pembaruannya, masa pakai baterai-nya selalu mengerikan. Dalam satu hari mungkin kamu harus mengisi ulang sampai beberapa kali, tentu ini akan sangat merepotkan. Apalagi jika kamu sedang berada diluar dimana tidak ada sumber listrik yang bisa digunakan.


Jika pun ada, mungkin kamu harus mengantri untuk mengisi ulang. You know, orang lain juga punya HP dan mungkin harus di isi ulang dayanya disaat bersaamaan. Jika pun ada power bank, sampai berapa kali itu bisa digunakan ? terbatas bukan. Karena itu, dari pada harus pusing dengan pengisian ulang daya lebih baik kamu mulai berhemat daya agar tidak terlalu sering mengisi ulang daya. Caranya adalah dengan mengetahui penyebab baterai HP boros dan solusinya berikut ini.

Penyebab Baterai HP Boros dan Solusinya

Penyebab Baterai HP Boros dan Solusinya


1. Hardware

Penyebab baterai ponsel atau penyebab baterai tab cepat habis lainnya adalah hardware pada ponsel atau tab mu bermasalah. Jika kamu telah mengecilkan kecerahan layar agar tidak terlalu tinggi, atau mematikan Wi-Fi tapi masih mengalami keborosan baterai, maka ada kemungkinan bahwa ada masalah perangkat keras yang perlu diperhatikan. Untuk memastikannya, kamu bisa mengunjungi service center atau tempat reparasi terdekat.

2. GPS

Aktifnya GPS adalah salah satu penyebab baterai HP, karena GPS mengandalkan serangkaian pembaruan yang sangat cepat untuk koordinat mu, itu berarti HP harus selalu membuka saluran komunikasinya. Tidak hanya berkomunikasi dengan menara sel tunggal, GPS berkomunikasi dengan banyak satelit untuk melakukan pelacakan di mana kamu berada. Jadi, untuk lebih menghemat baterai solusinya adalah dengan mematikannya dan menggunakan peta offline jika kamu benar – benar butuh navigasi.

3. Versi Software HP

Versi software yang ketinggalan bisa menyebabkan baterai cepat penuh dan cepat habis gengs, ya itu adalah bagian dari error-nya. Jadi, coba cek pembaruan untuk sistem operasi perangkat mu, jika memang ada pembaruan segera lakuan. Dengan begitu penyebab baterai cepat habis meski tidak dipakai akan dapat segera teratasi, karena pembaruan biasanya termasuk dengan perbaikan untuk bug yang mungkin berkontribusi pada masalah masa pakai baterai perangkat.

4. Iklan di Game dan Browser

Gengs, bukan hanya aplikasi yang membuat baterai cepat habis tetapi juga iklan atau yang sering kita sebut ads di game dan browser. Bukan hanya game dan internet yang menghabisakan baterai HP mu, tetapi juga iklan yang bermunculan didalamnya. Nah, untuk mencegah baterai lebih cepat terkuras karena ini solusinya adalah dengan menggunakan versi game tanpa Ads dan mengaktifkan Ads Blocker di Browser HP mu.

5. Sinkronasi Data Otomatis


Penyebab Baterai HP Boros dan Solusinya

Aktifnya fitur sinkronasi otomatis bisa menjadi penyebab baterai berkurang saat tidak digunakan. Jika kamu mengaktifkan fitur ini, aplikasi – aplikasi seperti Google Photos, Gmail dan lainnya akan terus bekerja untuk menyinkron kan setiap data. Tentu aktifitas aplikasi yang tidak terlihat tersebut menjadi penyebab baterai cepat habis padahal tidak dipakai, karena itu kamu harus mematikan fitur tersebut dan lebih untuk menyingkronkan data secara manual saja.

6. Aplikasi yang Masih Berjalan

Ketika kamu bertanya – tanya kenapa baterai HP berkurang padahal tidak dipakai, kamu harus periksa mungkin ada aplikasi yang masih berjalan di latar belakang yang tidak kamu gunakan lagi. Karena aplikasi yang masih terbuka atau berjalan di background akan jadi penyebab baterai HP boros, jadi solusinya adalah dengan menutup aplikasi – aplikasi tersebut dengan benar dan membersihkannya dari latar belakang.

7. Notifikasi Aplikasi Aktif

Banyak yang mengeluhkan baterai cepat penuh dan cepat habis, well penyebab umum di balik masa pakai baterai yang buruk tersebut adalah pemberitahuan yang dihidupkan untuk terlalu banyak aplikasi. Jika pemberitahuan atau notifikasi menyala, bergetar, atau memutar suara notifikasi terus menerus, itu akan menjadi penyebab baterai cepat habis padahal tidak dipakai. Jadi, pastikan kamu hanya mengaktifkan notifikasi pada aplikasi yang sering kamu gunakan saja.

8. Getar HP

Vibrate atau getar pada HP bisa jadi penyebab baterai HP boros, dengan menagktifkan getar kamu akan menguras daya besar-besaran karena fungsi getar sebenarnya berasal dari motor kecil mungil di dalam HP. Ketika motor kecil tersebut berputar dan menyebabkan getar maka akan terjadi lonjakan daya yang substansial, artinya dibutuhkan lebih banyak daya untuk membuat getaran pada HP daripada hanya suara. Jadi, solusi untuk ini adalah dengan tidak menggunakan mode getar.

9. Pencari jaringan Wi-Fi aktif

Kenapa baterai HP cepat habis padahal masih baru ? itu mungkin karena pengaturan default HP mu yang membuatnya terus bekerja. Ada beberapa pengaturan seperti pencarian sinyal Wi-Fi, yang bertujuan untuk memanjakan pengguna tapi itu malah menguras baterai. Jika kamu masih memiliki banyak kuota dan tidak jaringan Wi-Fi disekitar mu, lebih baik matikan Wi-Fi untuk mencegah ponsel mu mencari sinyal yang tidak akan kamu gunakan.

10. Salah Charging


Penyebab Baterai HP Boros dan Solusinya

Salah dalam mengisi ulang baterai HP bisa jadi penyebab baterai HP bocor loh… Ketika pengisian daya berlangsung, tahap pengisian pertama adalah pengisian dengan arus konstan hingga baterai mencapai sekitar 70%. Setelah itu, berubah menjadi pengisian tegangan konstan untuk 30% sisanya, ini akan menyeimbangkan tegangan yang masuk dengan yang sudah ada. Saat baterai terisi 100%, arus akan melambat. Intinya untuk mengisi ulang daya jangan menunggu hingga baterai habis sama sekali.

11. Wallpaper dan Tema yang Berwarna Cerah

Semakin cerah warna tema yang kamu terapakan di HP mu, maka semakin banyak daya yang digunakan dan semakin cepat daya baterai terkuras. Perlu kamu tau gengs, bahwa piksel putih pada tema menggunakan daya 5,8 kali lebih banyak daripada piksel hitam. Kesimpulannya, jika kamu menerapkan tema bernuansa gelap, itu dapat menghemat sekitar 18% daya baterai. Info tambahan, tema bernuansa gelap juga baik untuk mata loh gengs.

12. Facebook

Aplikasi Facebook bisa menjadi penyebab baterai cepat habis padahal tidak digunakan, buktinya ketika aplikasi Facebook dicopot itu akan meningkatkan masa pakai baterai sekitar 20%. Hal tersebut karena Facebook berjalan terus - menerus meski kamu menutup dan tidak menggunakannya, Facebook melakukan banyak hal di latar belakang yang menyedot baterai HP. Jika kamu ingin benar – benar berhemat, kamu bisa menghapus aplikasi facebook dan mulai menggunakan facebook di browser.

13. Panas

Suhu HP yang panas juga bisa menjadi penyebab baterai HP boros dan berpotensi merusak HP sendiri. Bukan hanya panas yang disebabkan oleh terlalu sering dan lamanya HP digunakan, tetapi panas dari suhu luar juga bisa membuat baterai cepat berkurang. Perlu kamu tau juga, bahwa ketika mengisi ulang HP akan menghasilkan panas yang sangat besar. Jadi, apa solusinya ? Jaga ventilasi HP tetap bersih, dan jauhkan dari sumber panas eksternal.

14. Instagram

Memiliki aplikasi Instagram di HP mu akan menjadi penyebab baterai HP boros, itu disebabkan layanan konstan Instagram untuk permintaan mu melihat apa yang dilakukan orang lain. Aplikasi foto seperti Instagram jelas jelas menyedot daya dan juga kuota meski tidak digunakan secara langsung. So, solusinya sama dengan facebook sebelumnya, jika kamu ingin benar – benar menghemat daya kamu bisa menghapus aplikasi dan membukanya di browser HP mu saja.
Baca juga:
10 Cara Cek Kerusakan HP Samsung Semua Model
4 Penyebab HP OPPO Cepat Panas
10 Cara Mengatasi Ngecas HP Lama Biar Cepat

15. Layar yang Sangat Terang


Penyebab Baterai HP Boros dan Solusinya

Dalam sebuah pengujian, ketika layar HP diposisikan ketingkat yang rendah itu akan membuat HP bertahan hingga sekitar 6,5 jam dan hanya 3,5 jam pada tingkat kecerahan yang tinggi. Jadi gengs, sudah sangat jelas bahwa tingkat kecerahan layar yang tinggi akan menjadi meyebab dari borosnya baterai HP mu. Karena itu, kamu bisa mengatur agar tingkat kecerahannya tidak terlalu tinggi. Kami kira 20% cukup untuk pencahayaan didalam ruangan.


Ok gengs, itu penyebab - penyebab baterai HP boros dan solusinya. Oh, jika kamu telah mencoba semua solusi yang kami sarankan diatas tapi baterai HP mu masih saja berkurang dengan sangat cepat, itu mungkin disebabkan karena baterai boros atau sudah drop. Jika memang benar begitu, solusi satu – satunya adalah dengan membeli baterai baru. Ingat  ! belilah baterai yang original ya… supaya bisa awet dan cepat rusak. See you !