search-button

Sep 28, 2019

10 Penyebab Baterai Cepat Habis padahal Tidak Dipakai

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Gengs, perlu kamu tahu inilah sepuluh penyebab baterai cepat habis padahal tidak dipakai. Baik kamu memiliki iPhone ataupun smartphone Android, kamu mungkin cukup terbiasa dengan perjuangan untuk menjaga smartphone mu tetap mulus seperti baru selama berbulan - bulan atau bahkan sampai bertahun - tahun. Lagipula, smartphone itu mahal dan dengan menjaganya agar tetap mulus dan beroperasi dengan baik selama mungkin adalah hal yang benar.


Ya, dengan menjaganya baik – biak akan membantu mu menunda sedikit lebih lama proses mahal untuk membeli ponsel baru lagi. Namun terkadang ketika berhasil menjaga body dan software –nya dengan baik, baterai ponsel yang menjadi masalah. Ini dimaklum karena memang baterai adalah salah satu bagian yang krusial, karena itu kami berinisiatif untuk membantu mu dengan menjelaskan sepuluh penyebab baterai cepat habis padahal tidak dipakai berikut ini.

Penyebab Baterai Cepat Habis padahal Tidak Dipakai

Penyebab Baterai Cepat Habis padahal Tidak Dipakai


1. Sinyal Lemah

Penyebab baterai cepat habis padahal tidak dipakai yang pertama adalah sinyal yang lemah. Perlu kamu tau gengs, bahwa ponsel itu menggunakan lebih banyak daya saat mencoba terhubung di area dengan sinyal rendah. Jika kamu tidak bisa mendapatkan sinyal, maka cara mengatasi baterai HP atau cara mengatasi baterai tablet yang cepat habis karena ini adalah dengan menyalakan Mode Pesawat dan menggunakan Wi-Fi jika ada.

2. Kecerahan Layar Terlalu Tinggi

Jika baterai ponsel mu mati dengan cepat, kamu mungkin perlu menurunkan kecerahan layar. Penyebab baterai cepat habis padahal tidak digunakan yang pertama adalah karena kecerahan layar yang terlalu tinggi. Aturlah kecerahan layar di tingkat yang rendah sepanjang waktu, atau pada tingkat yang cukup jangan terlalu terang. Cara lain untuk mengurangi jumlah daya baterai yang dikonsumsi layar adalah dengan mempersingkat waktu yang diperlukan untuk mematikan layar setelah tidak digunakan.

3. Widget di Layar Beranda

Bukan hanya aplikasi yang membuat baterai cepat habis, tetapi juga widget aplikasi di layar beranda. Banyak aplikasi termasuk jejaring sosial, aplikasi cuaca dan aplikasi berita, datang dengan widget yang duduk dengan nyaman di layar beranda untuk pembaruan waktu nyata. Namun, widget adalah drainer atau penyebab baterai cepat habis meski perangkay tidak dipakai karena sinkronisasi konstan dengan induk atau animasi penghisap daya. Hapuslah widget yang sekiranya tidak terlalu penting.

4. Ponsel yang terus mencari jaringan Wi-Fi

Kenapa baterai HP cepat habis padahal masih baru ? itu mungkin karena pengaturan default HP mu yang membuatnya terus bekerja. Ada beberapa pengaturan seperti pencarian sinyal Wi-Fi, yang bertujuan untuk memanjakan pengguna tapi itu malah menguras baterai. Jika kamu masih memiliki banyak kuota dan tidak jaringan Wi-Fi disekitar mu, lebih baik matikan Wi-Fi untuk mencegah ponsel mu mencari sinyal yang tidak akan kamu gunakan.

5. Ponsel Memiliki Masalah Hardware


Penyebab Baterai Cepat Habis padahal Tidak Dipakai

Penyebab baterai ponsel atau penyebab baterai tab cepat habis lainnya adalah hardware pada ponsel atau tab mu bermasalah. Jika kamu telah mengecilkan kecerahan layar agar tidak terlalu tinggi, atau mematikan Wi-Fi tapi masih mengalami keborosan baterai, maka ada kemungkinan bahwa ada masalah perangkat keras yang perlu diperhatikan. Untuk memastikannya, kamu bisa mengunjungi service center atau tempat reparasi terdekat.

6. Pemberitahuan Aktif Sepanjang Hari

Banyak yang mengeluhkan baterai cepat penuh dan cepat habis, well penyebab umum di balik masa pakai baterai yang buruk tersebut adalah pemberitahuan yang dihidupkan untuk terlalu banyak aplikasi. Jika pemberitahuan atau notifikasi menyala, bergetar, atau memutar suara notifikasi terus menerus, itu akan menjadi penyebab baterai cepat habis padahal tidak dipakai. Jadi, pastikan kamu hanya mengaktifkan notifikasi pada aplikasi yang sering kamu gunakan saja.

7. Versi Software Ketinggalan

Versi software yang ketinggalan bisa menyebabkan baterai cepat penuh dan cepat habis gengs, ya itu adalah bagian dari error-nya. Jadi, coba cek pembaruan untuk sistem operasi perangkat mu, jika memang ada pembaruan segera lakuan. Dengan begitu penyebab baterai cepat habis meski tidak dipakai akan dapat segera teratasi, karena pembaruan biasanya termasuk dengan perbaikan untuk bug yang mungkin berkontribusi pada masalah masa pakai baterai perangkat.

8. Aplikasi Berjalan di Latar Belakan

Kenapa baterai HP cepat habis padahal tidak dipakai ? jawabannya adalah karena mungkin ada banyak aplikasi yang masih berjalan di latar belakang. Ketika kamu membuka aplikasi lalu keluar dengan menekan tombol Home, aplikasi tersebut tidak akan menutup tapi terus berjalan dan itu jelas penyebab baterai cepat habis padahal tidak dipakai. Karena itu kamu harus keluar dari aplikasi dengan prosedur yang benar lalu bersihkan dari daftar Recent Page.

9. Sinkronasi Otomatis Aktif

Aktifnya fitur sinkronasi otomatis bisa menjadi penyebab baterai berkurang saat tidak digunakan. Jika kamu mengaktifkan fitur ini, aplikasi – aplikasi seperti Google Photos, Gmail dan lainnya akan terus bekerja untuk menyinkron kan setiap data. Tentu aktifitas aplikasi yang tidak terlihat tersebut menjadi penyebab baterai cepat habis padahal tidak dipakai, karena itu kamu harus mematikan fitur tersebut dan lebih untuk menyingkronkan data secara manual saja.
Baca juga:
15 Penyebab Kenapa Wifi Lemot dan Cara Mengatasinya
8 Penyebab HP Panas Saat di Cas dan Kenapa Malah Berkurang?
4 Penyebab HP Samsung Cepat Panas

10. GPS Selalu Aktif


Penyebab Baterai Cepat Habis padahal Tidak Dipakai

Jika secara konsisten setiap hari batre HP cepat habis padahal batre baru, kamu harus cek kemungkinan GPS pada ponsel selalu aktif. GPS yang aktif akan terus - menerus digunakan oleh aplikasi yang memiliki ijin untuk mengakses lokasi mu seperti Google Maps dan banyak lainnya. Yups, itu adalah penyebab baterai cepat habis padahal tidak dipakai yang tidak disadari oleh banyak orang. Jadi, untuk menghemat baterai, silahkan matikan GPS pada perangkat dan gunakan ketika diperlukan saja.

Sebenarnya masih banyak penyebab kenapa baterai ponsel atau tab mu bisa cepat habis meski jarang atau bahkan tidak digunakan, tapi kami kira sepuluh penyebab diatas adalah yang paling umum. Nah, setelah mengetahuinya, sekarang kamu bisa mencoba untuk tidak melakukan sama sekali atau setidaknya mengurangi penyebab dari borosnya baterai. OK, demikianlah gengs artikel penyebab baterai cepat habis padahal tidak dipakai ini, have a nice weekend !