search-button

Sep 10, 2019

10 Cara Mengatasi Ngecas HP Lama Biar Cepat

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Begini cara mengatasi ngecas HP lama biar cepat. Memang sangat membuat frustasi, ketika kita harus menunggu lama HP kita yang sedang dicas. Apalagi ditengah kesibukan kita, yang harus menggunakan HP lebih sering atau di atas rata-rata penggunaan pada umumnya. Tentu HP harus dicas lebih sering juga, minimal 2-3 kali dalam sehari.


Ada banyak penyebab yang membuat proses pengisian daya atau ngecas itu jadi lama. Mulai dari masalah baterai HP-nya sampai masalah dari charger-nya. Tapi apapun sumber masalah yang membuat HP kamu lama dicas, akan bisa teratasi dengan cara mengatasi ngecas HP lama biar cepat berikut ini.

Cara Mengatasi Ngecas HP Lama Biar Cepat

Mengatasi Ngecas HP Lama Agar Cepat

1. Aktifkan Mode Pesawat

Salah satu sumber yang menyedot baterai HP kamu paling banyak adalah sinyal jaringan. Semakin buruk sinyal maka semakin cepat baterai kamu akan habis. Akibatnya, jika kamu tinggal di daerah dengan sinyal buruk, pengisian daya ponsel kamu akan lebih lama daripada jika kamu berada di tempat dengan sinyal yang kuat. Solusi cepatnya, aktifkan Mode Pesawat sebelum kamu menyambungkannya ke casan.

2. Matikan HP

Cara mengatasi ngecas HP lama biar cepat ini sederhana, jelas, tetapi sering diabaikan. Jika HP kamu dimatikan saat sedang repowering atau dicas, maka baterai HP kamu akan terisi jauh lebih cepat. Karena tidak ada aplikasi yang akan beroperasi dilayar pada saat kamu mengisinya.

3. Pastikan Mode Pengisian Daya Diaktifkan

Perangkat Android kamu memungkinkan untuk menentukan jenis koneksi apa yang dibuat ketika kamu mencolokkan kabel USB. Pada Android versi terbaru, pengaturan ini ada di menu Opsi Pengembang. Untuk mengakses Opsi Pengembang, kamu harus terlebih dahulu mengaktifkannya. Untuk melakukannya, buka Pengaturan > Tentang Ponsel > Buld Number.

Klik dengan cepat di nomor build tujuh kali. Setelah dua penekanan pertama, perangkat kamu akan memulai hitungan mundur di layar untuk jumlah ketukan yang diperlukan. Selanjutnya, buka Pengaturan > Opsi Pengembang > Pilih Konfigurasi USB. Pada daftar opsi, pastikan Pengisian dipilih atau dicentang.

4. Gunakan Soket Dinding

Cara mengatasi ngecas HP lama biar cepat selanjutnya adalah dengan menggunakan soket dinding. Menggunakan port USB di komputer atau di mobil akan membuat pengisian daya yang jauh lebih tidak efisien. Biasanya, port soket USB hanya menawarkan output daya 0,5A. Pengisian soket dinding biasanya akan memberi kamu 1A. Kami sarankan untuk mengecas HP kamu di soket dinding alih – alih pada laptop atau lainnya.

5. Gunakan Power Bank


Cara Mengatasi Ngecas HP Lama Biar Cepat

Jika kamu perlu mengisi ulang HP saat kamu sedang bepergian misalnya dan jika kamu sering bepergian. Power bank akan menjadi penyelamat untuk baterai HP kamu. Banyak power bank yang menawarkan output arus listrik yang sama seperti stopkontak dinding, dan dalam beberapa kasus, bahkan lebih. Kamu hanya perlu memastikan kabel USB HP kamu dapat menangani daya ekstra.

6. Hindari Pengisian Nirkabel

Cara mengatasi ngecas HP lama biar cepat selanjutnya adalah dengan menghindari pengisian nirkabel. Kami tidak mengatakan charger nirkabel itu buruk, ya karena mereka memiliki keunggulan tersendiri yaitu memerlukan lebih sedikit kabel. Tapi, jika kecepatan pengisian adalah prioritas nomor satu kamu, maka kamu harus menghindarinya.

Pengisian nirkabel menawarkan pengalaman pengisian jauh lebih lambat daripada yang berkabel. Mengapa ? Ada dua alasan. Pertama, lebih efisien untuk mentransfer energi melalui kabel daripada melalui non-kabel. Kedua, energi yang terbuang bermanifestasi sebagai kelebihan panas.

7. Buka Case HP

Semua smartphone saat ini bergantung pada baterai lithium-ion. Sifat kimia di balik cara kerja baterai lithium-ion adalah bahwa proses pengisian bekerja jauh lebih efisien saat baterai dingin. Nah, untuk pengisian optimal, suhu baterai harus antara 5 dan 45o C. Tentunya, suhu baterai sebagian dikendalikan oleh suhu sekitar dan dengan membuka casing HP kamu akan membantu menurunkannya. Tapi jangan sekali – kali menyimpan HP diatas kulkas, sebagai cara untuk menurunkan suhu HP.

8. Gunakan Kabel Berkualitas Tinggi

Cara mengatasi ngecas HP lama biar cepat selanjutnya adalah dengan menggunakan kabel yang berkualitas tinggi. Kualitas kabel bisa sangat berpengaruh pada proses mengecas, di dalam kabel pengisian kamu ada empat kabel - merah, hijau, putih, dan hitam. Kabel putih dan hijau untuk transfer data, yang merah dan hitam untuk pengisian.

Jumlah ampli yang dapat dibawa oleh dua kabel pengisi daya ditentukan oleh ukurannya. Kabel standar 28-gauge dapat membawa sekitar 0,5 amp; kabel 24-gauge yang lebih besar dapat membawa dua amp. Umumnya, kabel murah menggunakan 28-gauge, menghasilkan kecepatan pengisian lebih lambat. Jika kamu ingin pengisian daya lebih cepat, pasti kamu tau kabel mana yang harus kamu gunakan.

9. Matikan Fitur Yang Tidak Perlu

Sebelum mengesas HP, coba periksa untuk mengetahui apakah ada fitur yang tidak perlu seperti Bluetooth, GPS, Wi-Fi atau NFC yang mungkin masih aktif dan menggunakan daya baterai. Tutup semua aplikasi tersebut dan hentikan HP kamu dari melakukan backup otomatis atau memperbarui aplikasi dari Google Play Store. Setelah itu baru cas HP kamu.

10. Jangan disentuh

Cara Mengatasi Ngecas HP Lama Biar Cepat

Baca juga :
3 Aplikasi Penghemat Baterai Samsung Terbaik
10 Cara Menghemat Baterai HP LG Agar Awet & Tidak Boros
Cara Membuka Power Bank Tanpa Baut dengan Mudah

Cara mengatasi ngecas HP lama biar cepat yang terakhir adalah dengan tidak ‘menyentuhnya’. Jangan menggunakan HP ketika HP sedang dicas, karena ini akan membuat baterai terus terpakai dan proses pengisian baterai jadi terganggu. Jika sudah begitu, maka proses pengisian pun akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membuat daya baterai kembali penuh. Jadi cobalah untuk tidak memeriksa setiap pemberitahuan yang masuk, biarkan HP mengisi daya dengan ‘tenang’.


Kami telah memberitahukan cara - cara mengatasi ngecas HP lama biar cepat. Dijamin, jika kamu melakukan cara – cara diatas secara metodis, maka kamu dapat menghemat waktu mengisi daya HP. Silahkan bagikan panduan ini pada semua orang, see you soon !