search-button

Apr 23, 2019

10 Cara Cek Kerusakan HP Samsung Semua Model

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Inilah cara cek kerusakan HP Samsung semua model. Ponsel cerdas atau HP mu memiliki sejumlah besar komponen di dalamnya, jika salah satu komponen tidak berfungsi dengan benar, itu dapat mengganggu kinerja HP dan pengguanaan. Mungkin kamu ingin mengetahui apa yang salah dengan akselerometer HP Samsung mu yang tidak aktif, penelusuran web pada data seluler maupun Wi-Fi terasa lamban atau mungkin kamu ingin tau kondisi HP Samsung bekas yang ingin kamu beli, apakah semuanya berfungsi atau tidak ?


Apa pun alasan mu untuk melakukan pengecekan, atau bahkan jika kamu tidak memiliki alasan khusus, ada baiknya melakukan pengecekan pada HP Samsung mu untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik. Lalu bagaimana caranya melakukan pengecekan pada HP Samsung ? Well, dibawah ini ada cara cek kerusakan HP Samsung semua model yang bisa kamu coba. Cara – cara yang akan kami rekomendasikan ada yang menggunkan bantuan dari aplikasi, ada yang menggunakan kode khusus dan lainnya. Cekidot !

Cara Cek Kerusakan HP Samsung Semua Model

Cara Cek Kerusakan HP Samsung Semua Model


1. Indikator (Removable Batery)

Ini adalah cara cek HP Samsung normal, atau lebih tepatnya HP Samsung yang kamu anggap normal. Banyak HP yang terkena air masih tampak dalam kondisi bekerja penuh, tetapi stiker indikator yang tersemat di HP mungkin berkata lain. Stiker indikator tersebut menandakan korosi internal yang akan menyebabkan masalah nantinya. Nah, untuk mengetahui apakah ada kerusakan pada HP Samsung mu, kamu hanya perlu melakukan pemeriksaan sederhana.

Pertama, matikan HP. Selanjutnya, lepaskan kasing belakang dan baterai. Di belakang baterai atau tempat dudukan baterai atau di baterai itu sendiri kamu akan melihat ada stiker indikator. Jika indikator berwarna putih, ini berarti HP Sasmung mu tidak rusak karena air, tapi jika indikator berwarna pink atau merah, ini berarti indikator kerusakan air telah terputus dan pasti ada alah satu komponen yang rusak pada HP Samsung mu.

2. Kode *#0*#

Ada fitur kode cara cek HP Samsung normal keren pada smartphone Samsung Galaxy yang akan membuat buku manual pengguna menjadi tidak berguna. Itu adalah menu tersembunyi, yang dapat kamu akses dengan menekan serangkaian angka tertentu. Menu tersebut memungkinkan mu memeriksa fungsionalitas HP. Untuk mengaksesnya, buka papan tombol dan masukkan *#0*# kemudian tunggu sebentar dan menu tersebut akan muncul.

Pada menu tersebut tersedia layanan untuk menjalankan tes getaran, warna RGB, sensitivitas layar sentuh, output speaker dan lain sebagainya. Kamu juga dapat melakukan pengecekan sensor accelerometer memastikan foto-foto sejajar dengan benar. Fungsi lainnya adalah untuk mengecek layar sentuh, yang melacak jalur jari mu juga pengecekan speaker dengan memainkan lagu dengan keras.

3. Indikator (Unremovable Batery)

Selanjutnya cara cek kerusakan HP Samsung semua model ini masih berhubungan dengan indikator cairan pada Samsung. Jika sebelumnya telah dijelaskan cara mengecek indikator HP dengan melepas baterainya, kali ini kami akan memberitahu mu caranya mengecek indikator pada HP yang baterainya tidak bisa dilepas atau baterai tanam atau HP dengan model unibody.

Jadi, indikator (LDI) tersebut biasanya ada di tempat SIM tepatnya terletak di dalam slot baki SIM di bawah bingkai SIM, dan terlihat ketika baki dikeluarkan dari perangkat. Selain di slot SIM card LDI atau indikator Kerusakan Cairan biasanya juga terletak di sebelah kanan slot kartu microSD.

4. Kode *#06#

Mungkin kode tersebut lebih dikenal sebagai cara cek tipe HP samsung, tapi gengs kode tersebut juga bisa jadi cara cek kerusakan HP Samsung semua model. Yang perlu kamu lakukan adalah mencari tau nomor IMEI HP Samsung mu kemudian lihatlah dimana HP mu diproduksi, kenapa ? karena lokasi produksi HP Samsung mu menentukan kualitas HP mu. Ingat ya nomor IMEI yang muncul harus sama dengan yang tertulis di kardus dan juga di baterai.

Setelah kamu mencatat nomor IMEI HP Samsung mu, perhatikanlah digit ke 7 dan ke 8 nomor IMEI HP mu. Nomor tersebut adalah nomor yang menunjukan dimana HP Samsung mu dibuat, jika tertulis 00 = Prancis, 01/10 = Finlandia, 08/80 Jerman, 20/02 China, dan jika 40/04 itu dari India. So, HP yang harus kamu khawatrikan kondisinya adalah HP Samsung yang dibuat di China dan India. Meski tidak menutup kemungkinan HP yang diproduksi dari negara lainnya juga patut untuk dikhawatirkan kondisinya.

5. Dead Pixels Test and Fix


Cara Cek Kerusakan HP Samsung Semua Model

Selanjutnya kami punya aplikasi Dead Pixels Test and Fix dari daftar cara cek kerusakan HP Samsung semua model ini. Aplikasi gratis ini menjalankan pemindaian yang mirip dengan aplikasi pengecekan kerusakan lainnya, hanya saja aplikasi ini terfokus pada pixel di layar. Selain mengecek kerusakan pixel, aplikasi Dead Pixels Test dan Fix juga memperbaikinya. Kerusakan pixel yang bisa dicek dan diperbaiki oleh aplikasi ini termasuk cacat sub-piksel parsial, sub-piksel macet, piksel mati, cacat titik-titik gelap dan cerah, dan gambar hantu.

6. AVOMeter

Selanjutnya adalah cara cek kerusakan HP Samsung J3 2016 dan juga tipe HP Samsung lainnya, yaitu dengan menggunakan AVOMeter. Amphere Volt Ohm Meter atau AVOMeter adalah alat untuk mengukur arus, tegangan, dan hambatan pada listrik. Lalu dengan bagaimana caranya mengecek keruskan pada HP Samsung dengan AVOMeter? Jadi dengan AVOMeter, kamu bisa mengecek kerusakan pada baterai HP Samsung mu.

Yang perlu kamu lakukan pertama adalah mengatur AVOMeter ke 10 volt, kemudian hubungkan kutub positif AVOMeter dengan kutub positif baterai dan kutub negatif AVOMeter dengan kutub negative baterai. Perlu diingat bahwa standar voltage baterai HP adalah 3,7 volt, jadi jika jarum pada AVOMeter tidak menunjukkan minimal 3,7 volt maka artinya terjadi kerusakan pada baterai HP mu.

7. Aplikasi Phone Check and Test

Alih – alih menggunakan kode cek mic HP Samsung, ini adalah salah satu aplikasi pengecekan audio untuk speaker, mikrofon, jack headphone, dan tombol volume juga perangkat keras terbaik yang bisa kamu gunakan. Aplikasi ini berfungsi seperti aplikasi desktop CPU-Z, memberi mu rundown lengkap tentang spesifikasi perangkat keras HP dan beragam pilihan pemeriksaan perangkat keras meliputi cek memori, pemeriksaan baterai dan uji soket pengisian daya, Wi-Fi dan pemeriksaan radio, tes tampilan, seperti piksel mati dan konsistensi warna, pelacakan GPS dan pengujian lokasi, juga CPU, memori, dan cek penyimpanan.

8. Phone Doctor Plus

Phone Doctor Plus memungkinkan mu untuk menjalankan serangkaian pemeriksaan perangkat keras sistem untuk memastikan setiap bit HP Samsung mu berfungsi dengan baik. Phone Doctor Plus UI memberikan 30 atau lebih pengujian perangkat keras untuk HP Samsung mu, seperti pengecekan sensor gerakan, termasuk giroskop, akselerometer, dan sensor jarak, tes tampilan, termasuk piksel mati dan respons layar sentuh, tes koneksi seluler dan jaringan, juga tes memori, penyimpanan, dan pembandingan CPU. Phone Doctor Plus tentu saja memudahkan untuk menguji HP Samsung mu dibandingkan dengan menggunakan kode rahasia samsung untuk jaringan.

9. Kode *#*#4636#*#*

Selanjutnya adalah cara untuk mengecek kerusakan dengan cara mengecek HP Samsung bekas atau masih baru. Meski HP baru mungkin juga mengalami kerusakan, tapi HP bekas memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk mengalami kerusakan. Cara ini cocok untuk kamu yang akan membeli HP Samsung second. Jadi yang perlu kamu lakukan adalah memasukan kode *#*#4636#*#* di papan dial telepon, kemudian amati detail seperti informasi tentang HP, statistik penggunaan, dan penggunaan baterai. Kamu harus perhatikan statistik kondisi baterai dan statistik program, jika ada yang aneh berarti ada kemungkinan HP itu bekas dengan kemungkinan keruskan yang lebih tinggi.

Baca juga:
10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S10
3 Cara Masuk Safe Mode Android Samsung Semua Versi
2 Cara Menjadikan HP Samsung Sebagai Modem Wifi di Komputer

10. AccuBattery


Cara Cek Kerusakan HP Samsung Semua Model

Yang terakhir dari daftar cara cek kerusakan HP Samsung semua model, kami rekomendasikan aplikasi AccuBattery. Seperti namanya, aplikasi ini terfokus pada pengecekan baterai. Mungkin tampaknya baterai HP mu berfungsi dengan baik tapi dengan aplikasi AccuBattery kondisi baterai HP mu yang sebenarnya akan terungkap. Aplikasi AccuBattery menjalankan sejumlah pemeriksaan kesehatan baterai tertentu dalam upaya untuk mencari tahu di mana titik kerusakan baterai HP mu.


Demikianlah 10 cara cek kerusakan HP Samsung semua model, tes perangkat ini dapat dilakukan pada sebagian besar perangkat Samsung untuk memeriksa fungsionalitasnya. Tinggal pilih saja mana cara yang paling kamu anggap mudah, dari cara – cara diatas ada juga kode rahasia Samsung untuk mempercepat yaitu *2767*3855#. Have a good day !