search-button

Sep 18, 2019

10 Tips & Trik Smartwatch Wear OS Agar Maksimal

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Inilah tips & trik smartwatch wear OS agar maksimal. Wear OS adalah sistem operasi jam tangan pintar atau smartwatch Google, yang memberi ‘kekuatan’ pada banyak smartwatch terbaik di pasaran. Setiap versi yang dikeluarkannya memiliki peningkatan yang signifikan atas sistem operasi Android Wear yang lebih lama, dan kamu dapat menggunakannya dengan ponsel Android juga iPhone. Dengan tip dan trik yang tepat, kamu bahkan dapat melakukan hal yang lebih dengan smartwatch mu.


Hal lebih yang kami maksud adalah seperti mendengarkan musik langsung di jam tangan pintar, tanpa perlu ponsel sama sekali. Yups ! ia memiliki banyak fitur dan opsi menarik yang tersembunyi dan mungkin tidak banyak diketahui oleh banyak orang. Meski memang, Wear OS cukup mudah digunakan pada tingkat dasar tapi jika kamu ingin memaksimalkan jam tangan pintar mu, kami telah menyusun daftar 10 tips & trik smartwatch wear OS agar maksimal di bawah ini.

tips & Trik Smartwatch Wear OS Agar Maksimal

Tips & Trik Smartwatch Wear OS


1. Sesuaikan Pengaturan untuk Memperpanjang Umur Baterai

Tips & trik smartwatch wear OS agar maksimal untuk baterai. Beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk memperpanjang usia baterai diantaranya adalah dengan mencoba tampilan jam yang lebih sederhana, nonaktifkan layar selalu aktif, mematikan tilt-to-wake, matikan layar secara manual, turunkan kecerahan layar, nonaktifkan notifikasi yang tidak perlu dan copot pemasangan aplikasi yang tidak perlu.

2. Tambahkan Watch Face Baru

Tips & trik smartwatch wear OS agar maksimal selanjutnya adalah dengan menyesuaikan tampilan jam, sehingga kamu tidak terjebak pada tampilan tertentu. Untuk mengubahnya, kamu hanya perlu mengetuk dan menahan layar smartwatch sampai arloji bergetar. Lalu geser ke kiri dan kanan untuk melihat tampilan jam yang tersedia, setelah itu klik tampilan yang terpilih untuk menggunakannya. Kamu juga dapat mengunduh lebih banyak tampilan dari Google Play.

3. Blokir Pemberitahuan Dari Aplikasi Tertentu

Jika notifikasi dari telepon di smartwatch menganggu mu, kami memiliki tips & trik smartwatch wear OS agar maksimal yang bisa membantu. Kamu dapat memblokir pemberitahuan dari aplikasi tertentu, untuk melakukannya kamu perlu membuka Wear OS di ponsel. Gulir ke bawah ke bagian Pengaturan, kemudian klik Notifikasi. Setelah itu klik Change watch notifications, lalu pilih aplikasi yang ingin kamu terima notifikasi-nya.

4. Temukan dan Instal Aplikasi Baru

Tips & trik smartwatch wear OS agar maksimal adalah dengan menambahkan aplikasi – aplikasi baru yang kamu butuhkan. Untuk mendapatkan aplikasi – aplikasi tersebut, yang perlu kamu lakukan adalah menenekan tombol samping, tombol ini tergantung pada desain smartwatch mu ya. Setelah itu klik Play Store, pilih aplikasi yang kamu inginkan, dan klik Instal. Selain itu, ada cara lain untuk menambahkan aplikasi baru yaitu dengan mengambilnya dari ponsel mu.

5. Dengarkan Musik Secara Offline

Tips & trik smartwatch wear OS agar maksimal ini akan membuat mu dapat mendengarkan musik secara offline dari Smartwatch. Caranya, buka Google Play Music di smartwatch lalu pilih Perpustakaanku. Klik Album kemudian klik ikon unduhan di sebelah album yang ingin kamu dengarkan. Setelah itu, kembali ke layar Google Play Music utama. Gulir ke bawah, dan pilih tampilkan yang diunduh saja. Sekarang kamu dapat menggunakan smartwatch untuk mendengarkan musik tanpa ponsel.

6. Pin Aplikasi Favorit Mu

Tips & trik smartwatch wear OS agar maksimal ini akan membantu mu untuk mengakses aplikasi yang akan kamu gunakan secara teratur atau sering digunakan, ya … karena memang layar smartwatch jauh lebih kecil daripada layar ponsel, yang membuatnya sulit dinavigasi. Untuk menyematkan aplikasi, klik tombol samping untuk membuka daftar aplikasi. Temukan aplikasi yang ingin kamu pin atau sematkan, lalu klik dan tahan aplikasi. Secara otomatis aplikasi akan pindah atau disematkan di bagian atas daftar.

7. Gunakan Google Pay

Tips & trik smartwatch wear OS agar maksimal selanjutnya adalah dengan menggunakan Google Pay. FYI, fitur ini hanya tersedia pada smartwatch Android yang menyertakan NFC built-in. Untuk menggunakannya, buka Google Pay di ponsel. Klik Mulai, lalu ikuti petunjuk di layar untuk menambahkan kartu. Jika sudah memiliki kartu di ponsel, kamu harus menambahkannya lagi ke smartwatch. Setelah itu, kartu akan siap digunakan untuk berbagai macam pembayaran.

8. Ubah Keyboard

Ketika mengetik pada keyboard bawaan di layar sekecil itu menyulitkan, tips & trik smartwatch wear OS agar maksimal ini akan membantu. Well, ada banyak keyboard gratis yang tersedia di Google Play. So, untuk memasang keyboard baru, dari tampilan utama, geser ke bawah. Lalu klik ikon roda ikon gear > Personalization > Input methods > Manage keyboards. Pilihlah keyboard yang ingin kamu gunakan, setelah itu, keyboard baru mu akan tersedia.

9. Kontrol Smartwatch Dengan Suara

Tips & trik smartwatch wear OS agar maksimal adalah dengan mengaktifkan kontrol suara pada smartwatch mu. Kamu dapat menggunakan smartwatch dengan Google Assistant dan mengaktifkan fitur "Oke, Google". Untuk mengakses Google Assistant di smartwatch, kamu perlu menekan dan menahan tombol samping smartwatch. Saat kamu melihat ikon mikrofon Google Assistant muncul, ucapkan perintah atau pertanyaan seperti "Apa yang bisa Saya lakukan?", “Kirim teks, Panggil” dan lainnya.
Baca juga:
10 Smartwatch Murah Berkualitas Bagus Cocok Untuk HP Android
20 Smartwatch Anak Bisa Nelpon & Video Call
10 Tips Baterai Smartwatch Boros Agar Awet

10. Tulis Pesan Tanpa Keyboard


Tips & Trik Smartwatch Wear OS Agar Maksimal

Ada tips & trik smartwatch wear OS agar maksimal ketika membuat pesan, yaitu menulisnya tanpa keyboard. Wear OS 2.0 mencakup fitur pengenalan tulisan tangan. Untuk mengaktifkan fitur ini, luncurkan aplikasi apa pun yang membutuhkan input teks.  Saat memilih metode input, klik dan tahan ikon keyboard lalu klik Bahasa Inggris Google Handwriting. Kemudian klik kembali ikon keyboard, setelah itu gunakan jari mu untuk menulis di layar sentuh.


Demikianlah daftar tips & trik smartwatch wear OS agar maksimal yang bisa kamu upayakan. Well gengs, tips dan trik daiatas bisa kamu terapkan diberbagai smartwatch dengan wear OS, dan tips juga trik yang kami sarankan diatas itu berdasarkan versi Wear OS 2.0 ya gengs. Untuk versi lainnya, silahkan lakukan sedikit penyesuaian sendiri ya … tidak akan terlalu jauh berbeda kok. Ok sekian panduan kali ini, selamat mencoba dan have a great day !