search-button

Sep 10, 2019

10 Tips Baterai Smartwatch Boros Agar Awet

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Inilah tips - tips baterai smartwatch boros agar awet yang bisa kamu ikuti. Pernahkah kamu memikirkan mengapa baterai smartwatch mu habis begitu cepat ? Perlu kamu tau, baterai di smartwatch memiliki kapasitas untuk bertahan satu hari dengan daya penuh untuk pemakaian minimal dan akan cepat habis untuk pemakaian lebih dari itu. Smartwatch juga membutuhkan waktu yang lebih lama ketika mengisi daya daripada smartphone.


Ini berarti ketika baterai smartwatch habis di tengah hari, yang bisa kamu lakukan hanyalah mengisi ulang smartwatch dan menunggu dalam waktu yang cukup lama sampai penuh. Tentu, hal tersebut membuat kegunaan dari smartwatch jadi tidak bisa kamu rasakan. Untuk itu, kamu perlu menghemat baterai smartwatch mu dan berikut adalah beberapa tips baterai smartwatch boros agar awet yang bisa kamu ikuti. Cekidot !

Tips Baterai Smartwatch Boros Agar Awet

Tips Baterai Smartwatch Boros Agar Awet


1. Blokir Notifikasi Yang Tidak Perlu

Tips baterai smartwatch boros agar awet yang pertama adalah dengan memblokir notifikasi yang tidak perlu dari smartwatch. Selain meningkatkan masa pakai baterai, tip ini akan membantu masalah penyimpanan juga. FYI, setiap pemberitahuan yang diterima smartwatch dapat menghabiskan daya dan membuat layar hidup kapan saja. Meskipun beberapa notifikasi penting, ini tetap membebani smartwatch. Selain itu, jika kamu tidak memblokir atau memfilter aplikasi, itu bisa sangat mengganggu.

2. Sesuaikan Tingkat Kecerahan

Perlu kamu tau kecerahan rendah dapat menghemat daya baterai dan bahkan melindungi mata dari layar. Tips baterai smartwatch boros agar awet ini akan membawa perubahan nyata dalam usia baterai dan memastikan kinerja yang optimal. Temukan keseimbangan sempurna dan sesuaikan tingkat kecerahan jika kamu akan keluar, agar kamu masih bisa menggunakannya lebih lama dan menghindari pemborosan baterai.

3. Matikan Sinkronisasi Wi-Fi

Jika kamu memiliki smartwatch yang dilengkapi dengan WiFi, NFC, atau layanan lokasi, kamu dapat membatasi konektivitas tersebut untuk memperpanjang masa pakai baterai. Namun demikian, dengan menonaktifkannya, notifikasi akan diterima di smartwatch meskipun tidak terhubung melalui Bluetooth. Jika smartwatch tidak menggunakan konektivitas, baterai-nya pun tidak akan terlalu panas dan cepat habis. Untuk menonaktifkannya buka menu smartwatch > Settings > Wi-Fi > Turn Off.

4. Nonaktifkan Fitur Wrist

Tips baterai smartwatch boros agar awet selanjutnya adalah dengan mematikan fitru Wrist. Menonaktifkan fitur gerakan pergelangan tangan adalah alternatif tips terbaik terbaik. Memang, fitur ini dibuat oleh Google sebagai fitur yang secara otomatis menyalakan layar ketika kamu mengangkat lengan dan memutar layar ke arah mu. Jika kmau menonaktifkan fitur ini, itu akan meningkatkan masa pakai baterai smartwatch.

5. Gunakan Mode Teater


Tips Baterai Smartwatch Boros Agar Awet

Jika kamu memiliki rapat mendesak atau makan malam pribadi misalnya, mode teater akan sesuai dengan perangkat mu. Dengan ini, smartwatch akan masuk ke mode semi hibernasi yang mematikan layar dan hanya bisa dihidupkan lagi dengan menggunakan tombol daya. Fitur ini akan membantu smartwatch untuk meningkatkan masa pakainya. Selain itu, ini akan mengurangi konsumsi daya dan menghindari pemborosan baterai.

6. Gunakan Mode Snooze

Jika kamu ingin memperpanjang baterai, menggunakan mode snooze adalah cara yang baik untuk itu. Smarwatch akan secara otomatis berdengung untuk setiap notifikasi yang diterima. Memang, kamu dapat mematikan notifikasi dengan menarik ke bawah layar utama. Layar tidak akan menyala dan motor getaran kecil tidak akan bekerja, sehingga kamu akan menghemat daya baterai dan tidak akan mendapat gangguan.

7. Monitor Penggunaan Baterai

Solusi atau tips baterai smartwatch boros agar awet selanjutnya adalah dengan memantau penggunaan baterai smartwatch mu. Smartwatch memiliki alat bawaan yang memberi tahu pengguna aplikasi apa yang paling menguras baterai. Dengan memonitor penggunaan baterai smartwatch, ini akan memungkinkan mu untuk melihat berapa lama smartwatch sejak dicabut dari pengisi daya, dan memberi mu perkiraan berapa banyak waktu sampai baterai habis.

8. Matikan fitur Always On atau Ambient Display

Banyak yang menyukai fitur layar Always On, tetapi jika kamu termasuk yang tidak keberatan melihat layar hitam di smartwatch mu ketika tidak digunakan, maka kamu bisa mematikan fitur tersebut. Ini dapat dengan mudah menggandakan usia baterai smartwatch mu. Matikan fitur tersebut dengan mengetuk layar smartwatch untuk membangunkannya, lalu geser ke bawah, diikuti dengan gesek ke kiri hingga kamu melihat Settings > Always On Screen > Turn Off.

9. Gunakan Aplikasi Penghemat Daya

tips baterai smartwatch boros agar awet selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi penghemat daya. Menghidupkan penghemat baterai akan menonaktifkan atau memengaruhi tampilan selalu aktif, getaran, layanan lokasi, Wi-Fi dan data seluler, tampilan panggilan SIM dan SMS, dan pembaruan aplikasi. Cara untuk menghidupkan penghemat baterai mudah, tinggal geser ke bawah pengaturan cepat lalu klik ikon baterai.
Baca juga:
10 Smartwatch Murah Berkualitas Bagus Cocok Untuk HP Android
20 Smartwatch Anak Bisa Nelpon & Video Call
10 Smartwatch Murah terbaik Dibawah 500 Ribu

10. Hidupkan Mode Pesawat


Tips Baterai Smartwatch Boros Agar Awet

Katakanlah kamu telah melakukan semua tips baterai smartwatch boros agar awet di atas, tetapi kamu masih ingin menambah masa pakai baterai smartwatch mu. Well ! dalam hal ini, kamu dapat mencoba opsi untuk menghidupkan atau mengaktifkan mode pesawat. Tapi ingat, melakukan tip ini akan sangat membatasi kemampuan smartwatch mu. Kami sarankan untuk mengaktifkan mode ini ketika sekiranya, kamu tidak akan melakukan aktifitas apapun dengan smartwath mu.


Meningkatkan dan memperpanjang usia baterai pada smartwatch membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Dengan menggunakan tips - tips baterai smartwatch boros agar awet diatas, kamu dapat memaksimalkan masa pakai baterai smartwatch mu dan melindungi baterai dari kerusakan. Tergantung pada lingkungan atau situasi mu juga, keseimbangan yang sempurna adalah kunci untuk mengoptimalkan baterai. Ok, selamat mencoba !