search-button

Sep 28, 2019

10 Cara Mengatasi Internet XL Lemot Agar Cepat

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Inilah bagaimana cara mengatasi internet XL lemot agar cepat. Ada beberapa alasan kenapa mungkin koneksi internet mu lambat, bahkan jika kamu membeli paket internet berkecepatan tinggi seperti DSL atau kabel, itu tidak menutup kemungkinan. Internet dibangun di atas ratusan teknologi yang berbeda, yang berkomunikasi satu sama lain, dan itu berarti data dapat melambat sebelum sampai ke perangkat mu.


Seperti yang kami katakan, ada beberapa alasan satau penyebab internet XL menjadi lambat. Bisa jadi itu disebabkan karena XL sendiri sebagai penyedia layanan internet atau karena perangkat atau server DNS yang kamu gunakan atau terapkan mungkin salah. Tetapi apapun itu penyebab Internet Xl mu jadi lambat atau lemot, kami memiliki solusinya. Jika ingin tau, silahkan pelajari cara - cara mengatasi internet XL lemot agar cepat berikut ini.

Cara Mengatasi Internet XL Lemot Agar Cepat

Cara Mengatasi Internet XL Lemot Agar Cepat


1. Troubleshoot Perangkat

Cara mengatasi internet XL lemot agar cepat yang pertama adalah dengan melakukan troubleshoot-ing pada perangkat yang kamu gunakan. Kenapa jaringan XL lemot hari ini? mungkin itu bukan dari XL –nya melainkan ada masalah pada perangkatnya. Jika memang benar ada masalah pada perangkat yang menyebabkan internet XL mu jadi lemot, silahkan ikuti langkah – langakh perbaikan yang disarankan. Jika masih lemot, silahkan coba cara berikutnya.

2. Atur Ulang Modem/Router

Ketika sinyal XL lemot, coba  periksa modem dan router yang kamu gunakan terlebih dahulu. Jika modem dan router tersebut perlu diatur ulang, lakukan, dan lihat apakah itu membantu. Perlu kamu tau gengs, jaringan yang kedaluwarsa atau peralatan yang rusak dapat memengaruhi koneksi internet. Atur ulang dan konfigurasi ulang, jika perlu. Buka router, tukar kabelnya dan uji dengan beberapa perangkat sebelum berpikir untuk mengganti dengan router yang baru.

3. Tutup Aplikasi di Latar Belakang

Cara mengatasi internet XL lemot agar cepat selajutnya adalah dengan . Perangkat yang kamu gunakan mungkin berfungsi dengan baik, tetapi program atau aplikasi lain yang dapat memperlamabat koneksi. Ketika internet XL lemot, coba periksa jika mungkin ada proses lain yang berjalan di latar belakang yang diperkecil ke baki sistem dan menggunakan jaringan. Jika memang ada, segera tutup aplikasi atau program tersebut.

4. Optimalkan WEB yang digunakan

Ini bukan hanya sebagai cara mengatasi internet XL lemot agar cepat tetapi juga bisa sebagai cara mempercepat internet telkomsel lemot, sebenarnya ini lebih ke menangani situasi dimana XL atau Telkomsel atau provider lain yang kamu gunakan jadi lemot. Caranya adalah dengan mengoptimalkan situs WEB atau aplikasi yang akan kamu buka dan gunakan. Silahkan gunakan versi lite, seluler atau HTML dari situs atau apliaksi yang akan kamu buka, nonaktifkan gambarnya juga ya.

5. Setting APN


Cara Mengatasi Internet XL Lemot Agar Cepat

Cara mengatasi internet XL lemot agar cepat  selanjutnya adalah dengan menyetel APN. Apabila sinyal XL hilang dan membuat internetan jadi lemot, maka kamu harus segera mengecek pengaturan APN di perangkat mu. Untuk mengecek APN (Access Point Names) ditiap OS itu hampir sama, tinggal buka Setting > Mobile Network > Access Point Names/ APN. Jika memang belum diatur, tinggal atur saja dengan nama "internet", kosongkan kolom username dan password, save, lalu restart perangkat.

6. Gunakan Aplikasi Bantuan Speedify

Cara mengatasi internet XL lemot agar cepat  selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Speedify, aplikasi ini punya teknologi ajaib yang disebut channel bonding. Speedify memungkinkan nu untuk menggunakan beberapa koneksi Internet secara bersamaan dan membuat unggahan, unduhan, penelusuran web, permainan, dan streaming video jadi lebih cepat. Speedify juga memantau kualitas koneksi dan menggunakan protokol failover otomatis untuk membuat perangkat selalu terhubung.

7. Hidupkan Mode Pesawat Sebentar

Ketika sinyal XL lemot 2019 atau ketika kuota ada tapi tidak bisa internet XL, kamu bisa mencoba untuk menghidupkan Mode Pesawat selama 1 menitan lalu matikan lagi. Cara mengatasi internet XL lemot agar cepat yang satu ini akan menyegarkan koneksi internet pada perangkat, dan membuat jaringan menjadi lebih baik daripada sebelumnya.  Untuk menyempurnakan trik ini, kamu juga bisa memulai ulang perangkat setelah mematikan dan menghidupkan mode pesawat.

8. Matikan Power Saving

Selanjutnya di panduan cara mengatasi internet XL lemot agar cepat ini, ada cara memperkuat sinyal XL 4G LTE yaitu dengan mematikan Power Saving atau Penghemat Daya/Baterai. Kenapa ? karena katanya salah satu penyebab koneksi internet terganggu dan tidak stabil itu adalah aktifnya mode Power Saving. Ya memang jika kamu mematikannya, daya perangkat akan lebih cepat terkuras tapi jika kamu benar – benar ingin kecepatan internet meningkat, matikan Power Saving.

9. Instal Antivirus

Sangat mungkin penyebab XL tidak bisa koneksi internet itu adalah virus, ya mungkin saja kamu tidak sengaja mengunduh sesuatu dan berakhir dengan malware di perangkat mu. Biasanya, malware ini membajak bandwidth dan memperlambat koneksi internet. Jika kamu belum menggunakan antivirus, malware tersebut juga akan dapat merusak file dan hal lainnya pad perangkat. So, silahkan download dan pasang antivirus di perangkat mu.
Baca juga:
5 Cara Menggunakan VPN di Samsung Cepat dan Gratis
10 Cara Mengatasi Smartfren Lemot Agar Internet Cepat
10 Cara Menghemat Kuota Internet di HP Samsung

10. Hubungi Pihak XL



Ketika jaringan XL bermasalah hari ini atau paket internet XL tidak bisa digunakan, maka kamu harus segera menghubungi pihak prpvider dan dalam kasus ini adalah XL. Bisa jadi XL mungkin mengalami masalah, jadi silahkan hubungi mereka dan cari tau apakah masalahnya ada di pihak mereka. XL mungkin telah mengubah konfigurasi jaringan mereka atau memasang filter dan kontrol yang menyebabkan koneksi internet lambat.


Segera lakukan tindakan atau cara - cara mengatasi internet XL lemot agar cepat diatas, dengan begitu kuota besar mu tidak akan terbuang percuma karena masa aktif yang habis. Sedikit info tambahan gengs, bahwa lemotnya internet XL itu juga bisa disebabkan karena faktor geografis tempat dimana kamu menggunaknnya. Dan satu – satunya cara untuk mengatasi itu adalah dengan beranjak dari tempat tersebut dan mencari tempat dengan sinyal yang lebih baik. Ok, have a great weekend !