search-button

Sep 3, 2019

10 Cara Mengatasi Smartfren Lemot Agar Internet Cepat

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Beginiloh cara - cara mengatasi Smartfren lemot agar internet cepat. Pernah gak sih kamu berpikir positif ketika terkadang internet Smartfren menjadi lemot atau lambat, itu adalah cara alam semesta untuk menyuruh mu melepaskan gadget mu sejenak dan pergi ke luar menikmati dunia. Ya, seandainya kamu berpikir seperti itu, tidak mungkin kamu ada disini untuk melihat panduan cara mengatasi Smartfren lemot agar internet cepat ini.


Ok, kami asumsikan saja bahwa kamu sedang dalam keadaan membutuhkan jaringan kuat dari Smartfren dan harus segera mengatasi keadaan lemot Smartfren demi kelancaran produktivitas mu itu. Dibawah ini kami telah mempersiapkan berbagai cara mengatasi Smartfren lemot agar internet cepat, kamu bisa mencoba satu persatu atau memilih salah satu cara yang sekiranya akan berhasil dari cara – cara yang kami sarankan berikut ini.

Cara Mengatasi Smartfren Lemot Agar Internet Cepat

Cara Mengatasi Smartfren Lemot Agar Internet Cepat


1. Kurangi Perangkat Terkoneksi

Cara mengatasi smartfren unlimited lemot pertama adalah dengan mengurangi atau menghentikan perangkat – perangkat yang mungkin terkoneksi ke modem atau hotspot perangkat mu. Satu koneksi Internet digunakan untuk menjalankan beberapa perangkat, jadi ada kemungkinan beberapa perangkat memperlambat koneksi tersebut. Jadi, jika hal itu terjadi, selain dengan memutuskan koneksi perangkat – perangkat lain, kamu juga bisa meningkatkan paket Internet yang kamu pakai.

2. Atur Ulang APN

Cara mengatasi Smartfren lemot agar internet cepat pertama yang bisa kamu coba adalah dengan mengatur ulang APN Smartfren di ponsel mu. Cara mengatur ulangnya gampang, kamu hanya perlu membuka Pengaturan > Jaringan & internet > Smartfren > Nama Titik Akses lalu klik ikon +. Setelah itu isi Name dengan smart1, Number dengan *98#, Username dengan CDMA atau WAP, Password dengan CDMA atau WAP, terakhir Klik Simpan.

3. Waspadai Virus dan Malware

Perlu kamu tau ! ketika virus atau malware lain memasuki perangkat mu, itu menciptakan lalu lintas jaringan yang berat secara spontan dan memperlambat kecepatan Internet mu. Jadi cara mempercepat koneksi Smartfren 4G unlimited dan provider lainnya adalah dengan memasang antivirus di perangkat mu. Pasanglah anti virus yang sudah dipercaya yang sering diperbarui dan dapat memindai juga menghapus virus atau malware Internet dari perangkat mu.

4. Pilih 4G Only

Cara mengatasi Smartfren lemot agar internet cepat selanjutnya adalah dengan memilih jaringan pada 4G. Yup ! Jika Smartfren unlimited lemot, maka kamu harus mengganti agar jaringan selalu 4G. Cara ini bisa dilakukan hanya jika ponsel mu telah menyediakan jaringan 4G ya gengs. Ok, sekarang ke langkah – langkah melakukannya. Pertama kamu harus membuka  Pengaturan > Jaringan & internet > Jaringan seluler > Tipe jaringan prioritas > 4G.

5. Optimalkan Web


Cara Mengatasi Smartfren Lemot Agar Internet Cepat


Ini bukan hanya cara mempercepat koneksi internet Smartfren unlimited android saja, tetapi juga untuk provider lainnya. Jadi, caranya adalah dengan mengoptimalkan Web, cobalah browser bertema penghematan data seperti Opera Mini, atau cari fitur seperti Opera Turbo atau Mode Lite Chrome (khusus Android). Kamu juga dapat mencoba mengubah agen pengguna peramban sehingga dapat menarik versi situs web yang dioptimalkan untuk seluler alih-alih tampilan desktop.

6. Reset DNS

Selanjutnya di panduan cara mengatasi Smartfren lemot agar internet cepat ini, kita akan membahas tentang cara mempercepat koneksi internet Smartfren unlimited di modem. Jadi, caranya adalah dengan me-reset DNS-nya. Untuk ini, kamu perlu membuka number dial di laptop mu, lalu ketik #777 atau *99#, lalu klik call. Setelah itu isi datanya seperti ini, Name: CDMA, Password: CDMA, Primary DNS: 8.8.8.8, dan Secondary DNS: 8.8.4.4

7. Matikan atau Batasi Jumlah Aplikasi Berjalan

Sebenarnya ini tidak melulu karena jaringan Smartfren unlimited lemot, kadang kala kelemotan ini juga disebabkan oleh perangkat mu sendiri. Salah satunya adalah karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan di background. Nah, cara mengatasi Smartfren lemot agar internet cepat karena ini adalah dengan mematiakn aplikasi atau membatasi jumlah aplikasi yang berjalan di Background, apalagi jika aplikai – aplikasi tersebut adalah yang paling menguras kuota.

8. Restart Ponsel

Ketika Internet Smartfren lemot cara mengatasi Smartfren lemot agar internet cepat paling simple adalah dengan merestart ponsel atau perangkat yang kamu gunakan. Cara ini juga bisa mengatasi error – error kecil pada perangkat mu, yup ! bukan hanya mengatasi Smartfren lemot saja. Jadi, silahkan restart atau mulai perangkat mu segera. Lalu cobalah menggunakannya lagi, jika Smartfren masih tetap lemot, mungkin kamu harus mencoba cara selanjutnya.

9. KPN Tunnel Revolution

Cara mempercepat koneksi internet Smartfren unlimited selanjutnya adalah dengan menggunakan VPN. Kami rekomendasikan VPN KPN Tunnel Rev, ini adalah VPN populer yang selain untuk meningkatkan kecepatan internet hingga 100Mbps dengan akun SSH support SSL, aplikasi ini juga bisa mengubah berbagi jenis kuota dari menjadi kuota reguler 24 Jam. Jadi, langsung saja unduh aplikasi tersebut dan segera pasang di perangkat mu.

Baca juga:
5 Cara Melihat Nomor Smartfren yang Lupa
Tukar Poin Smartfren Melalui SMS Apakah Bisa ?
Cara Mengatasi Modem Mifi Smartfren 4G Yang Lemot

10. DNS Cahnger 1.1.1.1 Cloudflare


Cara Mengatasi Smartfren Lemot Agar Internet Cepat

Cara mempercepat koneksi internet Smartfren 4G selanjutnya adalah dengan Cloudflare, FYI gengs ! Cloudflare ini terbukti bisa menaikan PING internet hingga 14.6ms loh. Langsung saja unduh DNSChanger di Google Play, lalu di halaman awal ubsh DNS default dari Google kolom pertama jadi 1.1.1.1 dan kolom kedua jadi 1.0.0.1. Kemudian klik START untuk menghubungkannya ke server dan ketika ikon kunci muncul di statusbar, itu artinya koneksi internet sudah terhubung ke DNS tersebut.


Kami harap artikel cara mengatasi Smartfren lemot agar internet cepat ini bermanfaat dan kamu sekarang dapat dengan mudah memperbaiki koneksi internet yang lambat atau mempercepat koneksi internet mu. Oh iya, selain APN diatas sebenarnya masih ada banyak APN smartfren 4G GSM tercepat diluar sana, kamu hanya perlu mencari tau mana APN smartfren tercepat yang pas untuk kamu terapkan. Ok, have a great day !