search-button

Jul 18, 2019

10 Cara Menghemat Kuota Internet di HP Samsung

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Inilah cara - cara menghemat kuota internet di HP Samsung. Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan data seluler telah meroket. Aplikasi semakin lapar data dan terus-menerus mendorong versi baru untuk pembaruan. Sebelumnya, web surfing sebagian besar ditampilkan dalam bentuk teks. Tetapi sekarang, layanan streaming video telah mendapatkan popularitas luas, dan platform media sosial seperti Facebook dan Instagram juga telah mengintegrasikan layanan video sebagai daya tarik utama.

Hal itu membuat pengguna semakin sulit untuk mengurangi penggunaan data di Android, jika tidak pandai untuk mengendalikan keinginan untuk selalu online, dompet pasti jebol gara – gara kuota. Karena itu untuk kamu yang ingin terus online tapi tidak ingin dompetnya jebol, kamu harus mempelajari cara - cara menghemat kuota internet di HP Samsung yang telah kami kumpulkan di panduan berikut ini.

Cara Menghemat Kuota Internet di HP Samsung

Cara Menghemat Kuota Internet di HP Samsung


1. Aplikasi My Data Manager

Cara menghemat kuota internet di HP Samsung yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi My Data Manager. Ini adalah aplikasi yang memungkinkan mu mengawasi semua aspek penggunaan data ponsel mu. My Data Manager ini memungkinkan mu untuk mendapatkan pilihan antara pemberitahuan terus-menerus atau widget di layar beranda. Ini akan membantu mu agar tidak terkena biaya berlebih, terutama dengan bantuan alarm yang dapat dikonfigurasi yang tidak hanya akan memperingatkan mu ketika mendekati batas, tetapi juga akan memberi peringatan jika pola penggunaan cenderung boros.

2. Batasi penggunaan data di Pengaturan

Cara menghemat kuota internet di HP Samsung ini adalah cara menghemat kuota Instagram juga. Menetapkan batas penggunaan data bulanan mu adalah hal termudah yang dapat kamu lakukan untuk menghindari menggunakan jumlah data yang berlebihan tanpa sadar, seperti ketika menggunakan Instagram. Kamu dapat membatasi penggunaan data seluler di Samsung mu melalui Pengaturan. Buka Pengaturan dan klik Penggunaan Data > Siklus Penagihan > Batas data dan siklus tagihan. Di sana kamu dapat mengatur jumlah maksimum data yang ingin kamu gunakan dalam sebulan.

3. Aplikasi Facebook Lite

Cara menghemat kuota internet di HP Samsung selanjutnya adalah dengan menggunakan Facebook Lite. Kebanyakan orang menggunakan aplikasi Facebook resmi. Aplikasi facebook itu akan terus terhubung di latar belakang, membombardir mu dengan pemberitahuan dan itu tentu mengonsumsi data. Untungnya, ada aplikasi Facebook alternatif untuk Samsung mu yaitu Facebook Lite. Ini adalah aplikasi resmi yang dirancang untuk ponsel dengan spesifikasi lebih rendah dan paket data yang sangat terbatas. Facebook Lite akan mengurangi penggunaan data, dan juga berkinerja lebih baik pada perangkat yang kurang kuat.

4. Batasi Data Latar Belakang Aplikasi

Beberapa aplikasi mengonsumsi data latar belakang, ini memungkinkan untuk menjaga aplikasi tetap berjalan bahkan saat layar mati. Tetapi setiap aplikasi tidak perlu menggunakan data latar belakang setiap saat kan. Jadi, silahkan buka Pengaturan > Penggunaan Data dan lihatlah statistik aplikasi mana yang menghabiskan banyak data latar belakang. Pilih aplikasi tersebut, dan klik pada "Batasi data latar belakang aplikasi". Cara menghemat kuota internet di HP Samsung ini memastikan bahwa aplikasi akan menggunakan data hanya ketika dibuka saja. Oh, kamu juga bisa menggunakan cara ini sebagai cara menghemat kuota di Xiaomi.

5. Optimalkan Pengaturan Sinkronisasi Akun


Cara Menghemat Kuota Internet di HP Samsung


Cara menghemat kuota internet di HP Samsung selanjutnya adalah dengan mengoptimalkan pengaturan sinkronisasi akun. Nonaktifkan sinkronisasi otomatis aplikasi yang haus data seperti Facebook dan Google+. Google secara konstan menyinkronkan data mu saat perubahan dilakukan. Sayangnya, sebagian besar layanan sinkronisasi ini mungkin tidak diperlukan, dan hanya memengaruhi konsumsi data juga masa pakai baterai. Untuk menyesuaikan pengaturan sinkronisasi, buka Pengaturan >  Akun, di sana kamu dapat menyempurnakan pengaturan sinkronisasi untuk berbagai aplikasi. Kamu juga bisa menggunakan mode ultra hemat data untuk lebih menghemat baterai.

6. Gunakan Kompresi Data di Chrome

Cara menghemat data seluler selanjutnya di panduan cara menghemat kuota internet di HP Samsung ini adalah dengan mengonpresi data di Chrome. Google Chrome adalah salah satu browser Android paling populer. Ini memiliki fitur bawaan yang dapat secara signifikan mengurangi konsumsi data di Samsung mu. Saat kompresi data dihidupkan, semua aktifitas di Chrome akan melalui proxy yang dijalankan oleh Google. Data akan dikompresi dan dioptimalkan sebelum dirilis, dengan begitu ini akan menghasilkan konsumsi data yang lebih rendah dan juga mempercepat pemuatan halaman tanpa ada perubahan signifikan dalam konten web.

7. Gunakan Google Maps Secara Offline

Cara menghemat kuota internet di HP Samsung selanjutnya adalah dengan menggunakan Google Maps secara offline. Jangan bilang kalau kamu tidak tahu bahwa kamu dapat menyimpan peta di aplikasi Google Maps. Yup! kamu bisa caching peta Google untuk penggunaan offline, dengan ini kamu dapat menghemat waktu dan data. Setelah peta diunduh, kamu bahkan dapat bernavigasi saat ponsel offline hanya dengan menggunakan GPS. Jadi, lain kali ketika menggunakan Wi-Fi, buka Google Maps, buka Menu dan pilih "Offline Maps". Di sana klik "Pilih peta Anda sendiri" lalu pilih area setelah itu tekan "Unduh".

8. Perbarui Aplikasi Melalui Wi-Fi Saja

Salah satu cara menghemat kuota internet di HP Samsung paling efektif adalah dengan menonaktifkan pembaruan aplikasi otomatis di Play Store. Buka Play Store dan klik pada Menu > Pengaturan > Perbarui aplikasi secara otomatis. Pastikan kamu memilih "Perbarui aplikasi secara otomatis hanya melalui Wi-Fi." Atau, kamu dapat memilih "Jangan perbarui aplikasi secara otomatis" tetapi opsi itu tidak disarankan karena kamu harus mengingat dari waktu ke waktu untuk memperbarui aplikasi. secara manual. Cara ini juga bisa menjadi cara menghemat kuota internet Axis.

9. Awasi Aplikasi – Aplikasi

Cara menghemat kuota internet di HP Samsung selanjutnya adalah dengan mengawasi aplikasi – aplikasi yang kamu gunakan. Penggunaan aplikasi yang haus data dapat secara serius mempengaruhi konsumsi data mu saat berada di jaringan seluler. Kamu mungkin tidak menyadari bahwa aplikasi Foto Google mungkin menyinkronkan foto mu di latar belakang setiap kali kamu mengklik. Aplikasi perpesanan seperti WhatsApp juga mengkonsumsi banyak data, cobalah untuk menghindari menonton video dan GIF di aplikasi tersebut sebagai cara menghemat kuota WhatsApp.

Baca juga :
15 Kelemahan dan Kelebihan HP Samsung yang Wajib Diketahui
15 Cara Mengembalikan File Terhapus di Samsung
10 Cara Menghemat Baterai Samsung Galaxy Tanpa Aplikasi Tambahan

10. Batasi Penggunaan Layanan Streaming


Cara Menghemat Kuota Internet di HP Samsung

Cara menghemat kuota internet di HP Samsung yang terakhir ini adalah cara menghemat kuota Youtube. Streaming musik dan video adalah konten yang paling haus data, apalagi yang berkualitas tinggi. Coba hindari ini ketika kamu menggunakan data seluler. Kamu dapat menyimpan musik dan video secara lokal di penyimpanan atau mengunduhnya ketika terhubung ke WiFi saja. Atau saat harus streaming di Youtube menggunakan data seluler, kamu dapat mengurangi kualitas untuk menurunkan penggunaan data.


Demikianlah cara - cara menghemat kuota internet di HP Samsung yang juga bisa kamu jadikan sebagai cara menghemat kuota internet Telkomsel. Selain cara – cara diatas, masih ada kiat dan trik lain untuk mengurangi penggunaan data seluler di Samsung mu seperti dengan mematikan data seluler saat tidak diperlukan, mematikan pemberitahuan untuk aplikasi yang tidak perlu dan lainnya. Tapi itu saja dulu ya, see you soon !