search-button

Jan 26, 2019

Cara Memperbaiki Tombol HP Cina Tidak Berfungsi (4 Tahap)

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Begini cara memperbaiki tombol HP cina tidak berfungsi. Prilaku pengguna HP sebagian besar cenderung menurun dari waktu ke waktu, dengan kata lain semakin kesini pengguna tidak terlalu memperhatikan cara mereka menggunakan ponsel bahkan mungkin jadi menggunakannya dengan “kasar”. Dan pada akhirnya menyebabkan HP jadi mengalami kerusakan pada bagian – bagian tertentu. Biasanya selain mesin, bagian yang terkena dampak dari kerusakan ini adalah tombol HP.

Ketika tombol HP tidak berfungsi dengan benar, penyebabnya bisa karena berbagai hal. Contoh penyebabnya adalah sirkuit rusak yang disebabkan oleh air atau suhu panas, atau membran keypad ponsel rusak atau penyok. Nah, disini kita akan memperbaiki tombol HP cinta tidak berfungsi karena membran keypad ponsel rusak atau penyok. Selengkapnya tentang cara memperbaiki tombol HP cina tidak berfungsi ada dibawah ini.

Cara Memperbaiki Tombol HP Cina Tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Tombol HP Cina Tidak Berfungsi


Perlu diingat, membran keypad dan keypad itu sendiri adalah dua komponen yang berbeda. Pada sebagian besar model HP cina, keypad terdiri dari tombol yang kamu tekan dan membran keypad adalah apa yang memungkinkan keypad untuk meneruskan sentuhan ke papan sirkuit. Sekarang, ikutilah langkah - langkah berikut ini,

1. Bongkar HP


Cara Memperbaiki Tombol HP Cina Tidak Berfungsi

Langkah Pertama tentu saja adalah menyiapkan HP cina yang akan kamu perbaiki tombolnya, dan jangan lupa untuk menyediakan peralatan yang dibutuhkan. Setelah semuanya siap, matikan HP lalu balikkan ponsel, lepaskan penutup belakang kemudian balikkan lagi menghadap depan. Sekarang raba di sekitar sisi HP, temukan celah untuk membongkar pelat muka HP. Jangan paksa jika sulit untuk terbuka, periksalah kembali dan pastikan tidak ada sekrup yang terpasang.

2. Pisahkan Bagian – Bagian HP


Cara Memperbaiki Tombol HP Cina Tidak Berfungsi

Setelah kamu berhasil membuka bagian depannya, copot keypad dan letakkan case depan, case belakang dan keypad tersebut di tempat yang aman. Berhati – hatilah ketika meletakan bagian – bagian tersebut, karena ada beberapa bagian yang sangat rapuh. Jangan lupa untuk menutupnya dengan plastik supaya tidak ada debu yang menempel. Langkah selanjutnya adalah melepasakan semua sekrup yang nampak. Tindakan ini bertujuan untuk melepaskan housing speaker logam, screen housing plastik, membran keypad dan papan sirkuit jika perlu.

3. Perbaikan


Cara Memperbaiki Tombol HP Cina Tidak Berfungsi

Untuk memperbaikinya kamu bisa membentuk kembali pog sehingga menonjol kembali setiap kali ditekan, gunakan obeng logam kecil atau sesuatu yang keras. Untuk melihat apakah dengan pembentukan kembali berhasil membuat tombol kembali bekerja, kamu bisa menempatkannya di HP dan cobalah untuk menekannya. Jika dengan memperbaiki pogs tidak berhasil, mungkin ini masalah membran-nya. Kamu harus membeli membran baru dan memasangnya di HP mu.

4. Pemasangan Kembali


Cara Memperbaiki Tombol HP Cina Tidak Berfungsi

Baca Juga:
10 Cara Mengatasi Ngecas HP Lama Biar Cepat
2 Cara Menambah HP Monster Pokemon Go
15 Lensa Kamera HP Tambahan Terbaik 2019

Pertama, bersihkan membran keypad tapi jangan menggosoknya terlalu keras. Kembalikan semua komponen ke papan sirkuit seperti screen housing, screen, dan speaker housing. Pasang kembali semua sekrup lalu letakkan papan tombol, kemudian pelat muka, juga pasang baterai di bagian belakang. Selesai !!


Jika kamu mengikuti setiap tahap dari panduan cara memperbaiki tombol HP cina tidak berfungsi diatas dengan benar, maka kemungkinan besar itu akan memperbaiki papan tombol HP mu. Dan jika bongkar membongkar HP ini adalah yang pertama bagi mu, mungkin prosesnya akan terasa sulit. Well ! supaya lebih mudah, kenapa tidak menyuruh orang lain yang lebih expert untuk memperbaikinya. Oh, dan meski disini kami menggunkan HP Nokia, tapi cara ini bisa digunakan untuk banyak merk HP Cina. Good luck !