search-button

Sep 6, 2018

8 Cara mengatasi Face Unlock Error

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM - Posting ini berisi tentang cara mengatasi face unlock error di perangkat kamu. disini saya menggunakan perangkat dari merk Samsung sebagai model kasus perangkat yang mengalami error pada fitur keamanan face unlock. Masalah ini memang akan sangat menyulitkan kita sebagai pengguna, ketika perangkat terkunci tentu kita tidak bisa menggunakan perangkat itu.


Jika tidak segera diperbaiki akan ada banyak hal yang mungkin penting, yang akan kamu lewatkan dari Perangkat kamu. karena itu saya membuat panduan cara mengatasi face unlock error untuk membantu kamu yang mengalami masalah yang sama dengan Samsung saya, jika kamu menggunkan perangkat dari merk lain, silahkan sesuaikan saja karena tidak akan terlalu jauh perbedaannya.

cara mengatasi face unlock error

Cara mengatasi Face Unlock Error


1. Cahaya yang Cukup

Pastikan ketika kamu menggunakan Face Unlock, kamu berada di tempat di mana cahayanya cukup. Ingat, kamera samrtphone kamu tidak akan dapat mengidentifikasi wajah jika cahaya di sekitarnya terlalu terang atau terlalu redup.

2. Bersihkan Kamera

Periksa dan pastikan tidak ada penghalang di depan kamera perangkat kamu dan pastikan juga lensa kamera bersih bebas dari debu. Jika kamu menggunakan casing atau cover, sebaiknya lepaskan agar tidak mengganggu proses identifikasi.

3. Benarkan Posisi Kamera

Pastikan bahwa kamu memegang ponsel setinggi mata dan pastikan juga kamu menatap perangkat secara lurus ke lensa. Sejajarkan wajah kamu dengan benar dan jangan memposisikan perangkat terlalu dekat ke wajah kamu. Karena itu mungkin menyebabkan kamera gagal mendeteksi wajah kamu untuk membuka kunci samrtphone. Terus pegang perangkat sampai wajah kamu benar – benar selesai dipindai dan diverifikasi oleh perangkat dan tentu sampai perangkat terbuka.

4. PIN Pemulihan


cara mengatasi face unlock error

Jika face unlock kamu masih error, kamu perlu menggunakn PIN pemulihan sebagai pembuka kunci alternatif untuk membuka kunci smartphone kamu. Setelah perangkat dapat diakses, kamu akan dapat mengatur ulang fitur keamanan yang akan kamu gunakan.

5. Matikan / Hidupkan Face Unlock

Solusi selanjutnya yang saya sarankan untuk kamu coba adalah mematikan / mengaktifkan ID Wajah. Buka saja Pengaturan > Face Unlock & Kode Sandi > Gunakan Face Unlock > Nonaktifkan.
Sekarang, matikan lalu hidupkan kembali perangkat kamu untuk mengaktifkan kembali face unlock.

6. Setel Ulang Face Unlock

Jika solusi sebelumnya belum memperbaiki masalah, coba atur ulang face unlock. Ini akan menghapus semua representasi matematika wajah kamu yang tersimpan di perangkat. Buka Pengaturan> Face Unlock & Kode Sandi> Setel Ulang Face Unlock. Kemudian, restart perangkat kamu.

7. Perbarui OS

Periksa apakah ada pembaruan yang tersedia untuk perangkat kamu. Jika ya, pastikan untuk memperbaruinya ke versi OS terbaru. Karena kemungkinan masalah ini ditimbulkan karena versi OS yang tertinggal.

8. Hard Reset


cara mengatasi face unlock error


Baca Juga :
3 Cara Gunakan Face Unlock di Semua HP Android
Aplikasi Android Ini Bisa Memfoto Wajah Pencuri
Cara Mengunci Layar Android Dengan Suara

Ini adalah jalan terakhir, yups reset ke pengaturan pabrik atau factory reset. Satu hal yang perlu kamu ketahui bahwa reset factory akan membersihkan semua data yang ada pada perangkat kamu, dari mulai nomor – nomor yang tersimpan sampai aplikasi – aplikasi yang kamu download.


Saya yakin cara - cara mengatasi face unlock error di atas akan menyelesaikan masalah face unlock di perangkat kamu. Cara – cara diatas terdiri dari cara untuk mengatsi face unlock error dengan kondisi perangkat terbuka dan terkunci gengs. Tetapi jika masih gagal, sebaiknya hubungi call center vendor perangkat yang kamu pakai, atau kamu bisa langsung ke toko revarasi atau toko tempat kamu membeli perangkat itu.