search-button

Sep 8, 2018

14 Cara Mengatasi “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti” Di Vivo

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Begini cara mengatasi “sayangnya aplikasi telah berhenti” di Vivo. Ada satu masalah yang mengganggu para pemilik Vivo entah itu pengguna baru maupun lama, tapi kebanyakan masalah ini muncul pada para pengguna Vivo lama. Masalah itu adalah seringnya muncul pesan error “sayangnya aplikasi telah berhenti” ketika kamu membuka salah satu aplikasi di Vivo kamu.


Ya, aplikasi seperti Whatsapp, Instagram, Facebook dan lainnya tiba – tiba menutup sendiri ketika kamu menggunakannya dan diikuti oleh pesan error tersebut. Tentu masalah ini sangat mengganggu, tapi jangan khawatir karena kami telah mengumpulkan cara - cara mengatasi “sayangnya aplikasi telah berhenti” di Vivo di bawah ini.

cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti di vivo

Cara Mengatasi “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti” Di Vivo


1. Hapus Cache Aplikasi

Masalah ini sering terjadi pada aplikasi kontak, galeri, dan peluncur. Cara mengatasi “sayangnya aplikasi telah berhenti” di Vivo umumnya selalu sama, pertama buka Pengaturan > Aplikasi > Manajer aplikasi > Semua > Klik aplikasi bermasalah > Hapus Cache, selesai.

2. Hapus Data Aplikasi

Cara ini akan menyingkirkan data yang disimpan oleh aplikasi, dan dengan menghapusnya akan membuat aplikasi terbuka sedikit lebih lambat, tetapi masalah utama kamu mungkin akan terpecahkan. Data yang terhapus termasuk file, pengaturan, dan juga akun. Caranya hampir sama dengan cara menghapus cache, hanya disini opsi yang harus kamu pilih adalah hapus data.

3. Hapus Instalasi Dan Instal Ulang Aplikasi

Kamu juga dapat mencoba cara mengatasi “sayangnya aplikasi telah berhenti” di Vivo ini dengan mencopot pemasangan aplikasi bermasalah lalu menginstalnya kembali dari Google Play Store. Cukup buka aplikasi Play Store, buka menu di sisi kiri dan klik Aplikasi saya. Temukan aplikasi yang bermasalah dan klik Uninstall, setelah aplikasi berhasil dicopot kamu dapat menginstalnya lagi.

4. Matikan Dan Hidupkan Lagi Vivo

Kamu juga dapat mencoba melakukan soft reset, yang berarti memulai ulang perangkat Vivo kamu. Cara ini sangat sederhana dan cukup efektif jika ponsel kamu sudah lama aktif. Sebaiknya matikan ponsel setiap beberapa hari selama beberapa menit, ini akan membantu ponsel yang lamban dengan berbagai masalah, baik terkait dengan aplikasi, jaringan, audio, ataupun email.

5. Ganti Aplikasi Dengan Yang Serupa

Terkadang beberapa aplikasi tidak kompatible dengan software atau hardware perangkat Vivo dan itu membuat pesan error muncul. So cara mengatasi “sayangnya aplikasi telah berhenti” di Vivo karena ini adalah dengan menghapus aplikasi itu dan mengganti dengan yang lebih kompatible dengan software maupun hardware Vivo.

6. Hapus Cache Perangkat

Boot perangkat Vivo kamu ke Recovery Mode, cara untuk melakukannya bervariasi dari satu tipe ke tipe lainnya, tinggal sesuaikan saja. Ketika kamu berhasil masuk ke Recovery Mode klik opsi partisi cache wipe dengan tombol daya untuk memilihnya, setelah selesai pilihlah sistem reboot.

7. Copot Pemasangan Pembaruan Aplikasi


cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti di vivo

Bukalah pengaturan lalu pilih Manajer Aplikasi perangkat, kemudian cari dan klik aplikasi yang bermasalah, klik Copot pemasangan pembaruan. Setelah itu silahkan coba jalankan aplikasinya, jika masih error, coba cara mengatasi “sayangnya aplikasi telah berhenti” di Vivo berikutnya.

8. Perbarui Aplikasi Ke Versi Terbaru

Jika sebelumnya kami sarankan untuk mencopot pembaruan, kali ini kami sarankan untuk memperbarui aplikasi. Karena jika sebelum error aplikasi tidak mengalami pembaruan, maka kamu harus mengecek kesediaan pembaruan di Play Store, jika ada silahkan perbarui. Buka Google Play Store, cari dan buka entri untuk aplikasi yang bermasalah, klik perbarui dan tunggu sampai aplikasi berhasil diperbarui.

9. Instal Pembaruan Software Vivo

Ketika software Vivo kamu sudah usang, itu akan membuat kesalahan kerja lebih sering terjadi. Periksalah apakah ada pembaruan untuk perangkat lunak Vivo kamu. Tanpa kami jelaskan, seharusnya kamu sudah tau cara mengatasi “sayangnya aplikasi telah berhenti” di Vivo yang perlu dilakukan.

10. Hapus RAM

 Membersihkan RAM adalah hal yang harus kamu lakukan ketika kamu menghadapi kesalahan "Sayangnya, aplikasi telah berhenti" di Vivo. Aplikasi – aplikasi yang berjalan di latar belakang menggunakan banyak RAM dan dengan demikian RAM akan berkurang, dan membuat aplikasi yang akan kamu jalankan menjadi error. Tinggal buka Pengelola Tugas > RAM > Kosongkan Memori.

11. Setel Ulang Semua Preferensi Aplikasi

Jika masalahnya masih belum bisa diselesaikan dengan cara mengatasi “sayangnya aplikasi telah berhenti” di Vivo sebelumnya, maka ikuti langkah – langkah berikut ini. Buka Pengaturan > Manajer Aplikasi > Semua > Menu > Atur Ulang Preferensi Aplikasi, setelah itu tinggal restart Vivo kamu.

12. Hapus Launcher Pihak Ketiga

Terkadang kesalahan semacam ini disebabkan karena adanya banyak launcher / peluncur pada Vivo kamu. Jika perangkat Vivo kamu termasuk yang memiliki banyak peluncur maka kami sarankan untuk menghapusnya, dan gunakan peluncur bawaan saja. Buka Pengaturan > Manajer Aplikasi (Aplikasi) > Semua > peluncur > Copot pemasangan. Setelah itu reboot perangkat Vivo kamu.

13. Periksa Kartu SD

Kesalahan ini juga dapat terjadi karena kartu memori yang rusak. Jika kartu memori rusak, maka aplikasi apa pun yang datanya masuk ke kartu memori akan mengalami kesalahan semacam ini. Untuk memeriksanya, cukup keluarkan kartu memori dan buka aplikasi yang bermasalah. Jika cara mengatasi “sayangnya aplikasi telah berhenti” di Vivo ini berhasil, maka kamu mungkin akan memerlukan kartu memori baru, untuk menyimpan file – file kamu di Vivo.

14. Pengaturan Ulang Pabrik


cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti di vivo

Baca Juga:
Cara Mengaktifkan Jaringan 4G Vivo V5
3 Aplikasi Penghemat Baterai Vivo Paling Ampuh
Cara Mudah Unmirror Kamera Depan Vivo (3 Langkah)

Ketika cara - cara di atas gagal, kamu dapat melakukan pengaturan ulang pabrik pada ponsel Vivo kamu. Saat menggunakan tindakan ini, pastikan kamu telah mencadangkan semua data sebelumnya. Penyetelan ulang pabrik akan menghapus semua data perangkat dan menyetelnya kembali ke pengaturan pabrik atau ke kondisi awalnya.


Kami sarankan untuk mencoba cara - cara mengatasi “sayangnya aplikasi telah berhenti” di Vivo secara berurutan dari menghapus cache sebagai langkah pertama sampai ke nomor terakhir, itu pun jika cara sebelumnya tidak berhasil. Tapi semoga kamu tidak harus menggunakan cara yang dapat menghapus data – data kamu ya. Sekian, good luck with that !