search-button

Sep 10, 2019

10 Cara Mengembalikan Foto, File, Video Terhapus di Android (🔥UPDATED)

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIADCOM – Berhasil! Trik ampuh Cara Mengembalikan File, Foto dan Video yang Terhapus di Android sangat mudah. Ponsel Android memang menjadi salah satu yang banyak digunakkan pada saat ini, selain digunakkan untuk mengirim sms, telpon, internet, dan sebagainya. Ponsel Android juga digunakkan untuk kebutuhan multi media misalnya, mengambil foto, video, dan untuk menyimpan file-file penting Anda. Tapi masalahnya bagaimana jika file penting Anda terhapus secara tidak sengaja? Tentu akan membuat Anda bingung bukan.

Dalam artikel kalii ini saya akan coba menjelaskan beberapa solusi cara mengembalikkan file yang terhapus di HP Android. Dalam masalah perangkat dan teknologi, ketika file yang kita hapus tidak sengaja maupun disengaja tidak akan langsung hilang begitu saja. Seperti halnya pada OS Windows, jika Anda menghapus file apa saja tentu akan masuk dulu ke Recycle Bin terlebih dahulu. Tak jauh berbeda di sitem operasi Android, Anda pun sebenarnya bisa merestore file yang sudah terhapus.

Cara Mengembalikan Foto, File, Video Terhapus di Android

Cara Mengembalikan Foto dan File Terhapus Menggunakan Aplikasi Android

1. Gunakan Aplikasi DiskDigger Photo Recovery

Solusi yang pertama untuk mengembalikkan file terutama foto yang terhapus adalah dengan menggunakan aplikasi DiskDigger. Aplikasi ini merupakan salah satu yang digunakkan untuk memulihkan data yang terhapus. Anda bisa memulihkan foto yang hilang dari kartu memori atau internal. Tetapi ketika foto direcovery tidak akan 100% kembali, pasti ada saja foto yang rusak tergantung dari masa lamanya foto tersebut telah terhapus dari smartphone Anda. Cara menggunakan diskdigger untuk mengembalikan foto yang terhapus pun sangat mudah, Anda hanya perlu melakukan scanning melalui aplikasi ini. Bahkan Anda bisa cara mengembalikan file yang terhapus di android tanpa root. Download di Play store.

2. Gunakan Aplikasi GT Recovery

Cara Mengembalikan Foto Terhapus di HP Android

Cara mengembalikan file yang terhapus di Android yang kedua adalah dengan menggunakan aplikasi GT Recovery. Namun sebelum Anda menggunakannya pastikan ponsel sudah di root karena aplikasi ini membutuhkan akses root. Kelebihan aplikasi ini yaitu bisa memulihkan beberapa jenis file diantaranya, foto, video, gambar dan sebagainya. Selain itu aplikasi ini bisa memulihkan sms, password wifi, kontak yang terhapus di Android. Jadi, ketika mengalami masalah tersebut Anda bisa menggunakannya. Download di Play store.

3. Gunakan Aplikasi DigDeep Image Recovery

Cara Mengembalikan File Terhapus di HP Android

DipDepp merupakan salah satu aplikasi Android untuk mengembalikan data yang telah terhapus. Aplikasi ini dirancang untuk mengembalikkan foto atau gambar yang terhapus. Aplikasi ini mempunyai kelebihan yaitu mudah digunakkan dan tampilannya sangat simple. Adapun cara menggunakan aplikasi DigDeep untuk mengembalikan file yang terhapus sebagai berikut:
  • Download aplikasinya di Play Store
  • Jika sudah silakan buka aplikasinya
  • Selanjutnya lakukan pemindaian sampai terpindai semua folder dan file yang terhapus
  • Kemudian silakan untuk memeriksa satu persatu foto yang hilang
  • Periksa foto yang anggap penting dan beri centang kemudian tap tombol restore untuk mengembalikkannya.

4. Gunakan Aplikasi Dr.Fone - Recover deleted data

Ada begitu banyak aplikasi yang dirancang untuk mengembalikkan file yang terhapus salah satunya adalah Dr.Fone ini. Selain untuk Android OS, aplikasi ini pun tersedia untuk Windows. Bahkan terdapat fitur yang lebih advanced apabila smartphone kamu telah di root. Salah satunya adalah mengembalikan sms yang terhapus. Download di Play store.

5. Gunakan Aplikasi Dumpster Photo & Video Restore

Salah satu aplikasi untuk mengembalikan foto yang terhapus terbaik favorit saya adalah Dumpster. Dumster memberikan kemudahan bagi Anda jika terjadi masalah seperti foto yang terhapus secara tidak sengaja maupun dokumen lainnya. Aplikasi ini lebih tepatnya berperan sebagai recycle bin-nya smartphone. Jadi sebelum foto Anda dihapus secara permanen maka akan ditampung terlebih dahulu didalam aplikasi ini. Bahkan ia pun bisa mengembalikan video dan mp3. Download di Play Store.
Baca juga:

6. Gunakan Aplikasi Undeleter Recover Files & Data

Cara Mengembalikan Video Terhapus di HP Android

Untuk memulihkan data Anda yang terhapus lewat Android salah satu caranya adalah dengan menggunakan aplikasi Undeleter Recover Files & Data. Aplikasi buatan Fahrbot PRI ini memang cukup bagus dan mempunyai antar muka yang mudah digunakkan. Jika Anda bingung dengan menggunakkan aplikasi lain, tentu aplikasi ini bisa menjadi solusinya. Namun, ketika Anda ingin menggunakannya, perangkat harus sudah di root, karena kalau tidak maka aplikasi ini tidak bisa digunakkan. Kemudian kelebihan dari aplikasi ini adalah Anda bisa langsung meng-uploadnya ke Google Drive atau Dropbox untuk di backup secara online. Download di Play store.

7. Gunakan Aplikasi Restore Image (Super Easy)

Cara selanjutnya yang bisa Anda coba untuk mengembalikan foto yang terhapus adalah menggunakan aplikasi Restore Image (Super Easy). Ia memiliki UI yang sederhana dan cara penggunaanya pun cukup mudah. Anda hanya perlu memilih folder, memindai kemudian memilih foto yang berhasil di pindai untuk dikembalikan lagi. Download di Play store.

8. Gunakan Aplikasi 4EXT Recovery Control

4EXT Recovery Control merupakan aplikasi yang terbilang cukup baik untuk merecovery data yang terhapus, terlebih untuk Anda yang data atau filenya terhapus secara tidak sengaja. Aplikasi ini tidak tersedia di Play store. Beberapa fitur dan kemampuan yang dimilikyna diantaranya melakukan restore, memasang file flashable zip hingga menyipan log.

9. Gunakan Software FonePaw Android Data Recovery

Cara mengembalikan file yang terhapus di memori internal atau eksternal Android tanpa root Anda bisa mencobanya dengan cara ini yaitu dengan menggunakan aplikasi FonePaw Android Data Recovery yang telah dipasang di PC atau laptop. Cara menggunakan FonePaw untuk mengembalikan data-data yang sudah terhapus di Android cukup mudah. Pastikan Anda telah memasangnya terlebih dahulu ya.
  • Buka FonPaw di PC atau Laptop
  • Hubungkan smartphone Android ke PC jangan lupa aktifkan USB Debugging-nya.
  • Selanjutnya akan ada banyak opsi, centang opsi jenis file yang ingin Anda pulihkan.
  • Kemudian klik Next.
  • Setelah itu, Anda akan melihat data-data yang sudah terhapus tersebut.
  • Kemudian Anda pilih file yang ingin Anda kembalikkan.
  • Terakhir klik Recover.

10. Gunakan Software MobiKin Doctor for Android

Jika kontak Anda terhapus untuk memuilihkannya adalah dengan menggunakan aplikasi MobiKin Doctor for Android yaitu sama seperti solusi sebelumnya, cara ini harus menggunakanlaptop atau PC.
  • Download lalu install software-nya di PC.
  • Hubungkan perangkat dengan PC menggunakan USB, jangan lupa aktifkan USB Debugging smartphone Anda.
  • Buka aplikasinya, maka otomatis aplikasi ini akan memindai perangkat yang terhubung dengan PC.
  • Setelah berhasil menemukan dan memindai, maka ikan ditampilkan file kontak Anda dan data lain yang terhapus.
  • Pilih file yang ingin kamu recovery, selanjutnya klik saja Recover.

Itulah beberap solusi cara mengembalikan foto atau file yang terhapus di android tanpa root dan untuk yang sudah di root. Semoga bermafaat.
Baca juga: