search-button

Nov 6, 2016

4 Cara Mengembalikan Data Setelah Factory Reset

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Berhasil! Cara mengembalikan data Android setelah factory reset bisa dilakukan dengan tiga pilihan mudah yang akan saya jelaskan berikut ini. Saya adalah salah satu pengguna Android yang sering melakukan factory reset Android secara terjadwal. Hal ini dilakukan agar smartphone saya tetap negbut meski sudah berumur. Well, kalo boleh jujur smartphone ini saya gunakan untuk praktek terhadap tips dan trik Android yang ada diblog ini.

Tanpa factory reset secara berkala, saya rasa samartphone tidak akan selalu berkinerja cepat alias gampang lemot. Namun untuk sebagian pengguna baru, mereset akan menimbulkan kekhawatiran karena belum mengetahui cara mengembalikan data factory reset. Tetapi sebenarnya, setiap merk smartphone dengan Android OS apapun baik itu dari Samsung galaxy, Oppo, Lenovo, Xiaomi, ASUS Zenfone, Sony Xperia, Google Pixel, Nexus, Andromax dan merk lainnya sudah dibekali dengan fitur backup. Yaitu sebuah fungsi untuk mengembalikan data Android yang di reset. Lalu bagaimana cara melakukannya?

Cara Mengembalikan Data Android Setelah Factory Reset

Cara Mengembalikan Data Hilang Setelah Factory Reset

Hanya sedikit kejadian yang mungkin bisa menimpa Anda ketika factory reset Android tanpa disadari. Sebenarnya, kejadian factory reset Android secara tidak sengaja dapat ditangani jika kita telah mengaktifkan fitur backup. Fitur ini sudah disediakan oleh Google atau Samsung backup yang mana data dari akun yang telah disinkronisasi akan disimpan ke server secara online dan aman. Dan backup yang kedia bisa dilakukan secara offline yaitu menggunakan aplikasi Helium.

Fitur backup my data yang ada didalam smartphoe pada dasarnya akan menyimpan berbagai data dan pengaturan dari akun yang tertaut dengan smartphone yang Anda gunakan. Misalnya kontak, password wifi, foto dan video yang sudah diupload ke aplikasi google photo, data aplikasi dan lain sebagainya dengan aman. Sehingga Anda tidak perlu repot untuk menyalin dan memindahkannya terlebih dulu ke prangkat lain. Dan kunci utama untuk mengembalikan data android yang di reset adalah dengan menggunakan akun yang sama.

Cara Mengembalikan Data Setelah di Reset Menggunakan Fitur Backup

Sebelum saya menjelaskan secara rinci, ada baiknya saya memberikan sedikit langkah bagi Anda yang belum mengetahui fitur backup my data ini. Caranya Anda bisa masuk ke dalam Settings kemudian centang atau aktifkan Backup and restore. Pastikan pada menu “Backup account” adalah alamat email dari akun google (Gmail) Anda. Anda bisa membaca panduan secara lengkapnya melalui tutorial yang pernah saya buat ini Cara Backup Data Android Sebelum Factory Reset.
1. Mengembalikan Data Setelah Factory Reset Dari Google
Mengembalikan Data Setelah Factory Reset Dari Google

Setelah Anda mengembalikan perangkat ke pengaturan awal. Kini smartphone akan kembali seperti baru. Pastikan Anda terkoneksi ke internet melalui wifi atau koneksi cepat seperti 4G. Hidupkan smartphone dan set up perangkat tersebut dengan akun google yang telah menerima data backup. Selama proses set up akun google ini, Anda akan diberi pilihan untuk me-restore semua data yang telah disinkronisasikan. Termasuk akan menginstall ulang semua aplikasi yang baru saja terpasang di smartphone tersebut dan mengembalikan pengaturannya.

2. Cara Restore Data Setelah Factory Reset Dari Pengatuan
Jika Anda memutuskan tidak ingin melakukan set up awal menggunakan akun yang telah menerima backup data. Boleh saja, misalnya Anda membuat akun google baru yang bernama B sementara akun yang menerima backup adalah A. tetapi setelah proses set up awal selesai menggunakan akun B tersebut, sekarang masuk Settings » Account » +Add account pilih Google kemudian log in kan lagi ke akun A. Selanjutnya, sinkronisasikan akun google A tersebut dengan smartphone yang baru saja di factory reset agar kontak dan data dikembalikan. Untuk mengembalikan foto seperti di aplikasi Google Photos pastikan Anda memilih akun A.
Baca juga:

3. Cara Restore Data Setelah Factory Reset Menggunakan Akun Samsung
Cara Restore Data Setelah Factory Reset Menggunakan Akun Samsung
Untuk cara yang ketiga ini khusus bagi Anda para pengguna Samsung. Didalam pengaturan, kita bisa menambahkan samsung account yang juga berfungsi untuk memback up data dari smartphone yang Anda gunakan. Pertama kita harus mengaktifkan fitur backup terlebih dahulu. Kemudain setelah perangkat tersebut di factory reset selanjutanya restorelah data melalui Settings » Accounts » Samsung Account » Restore.

4. Cara Mengembalikan Data Setelah Factory Reset Menggunakan Software/Program
Well, jika Anda tidak bisa mengambalikan data setelah smartphone dikembalikan ke pengaturan pabrik karena tidak pernah mengaktifkan fitur backup. Maka solusi selanjutnya adalah dengan cara menggunakan program komputer seperti Dr.Fone Android Recover, Gihosoft Android Recovery atau Jihosoft Mobile Recovery. Install programnya di PC kemudian sambungkan melalui kabel USB. Dan jangan lupa untuk Cara Mengaktifkan USB Debugging Di Android. Software tersebut akan cara mengembalikan file terhapus di Android akibat Anda tidak sengaja melakukan factory reset.

Kesimpulannya, Fitur factory reset memang sangat membantu kita untuk membersihkan Android agar bisa kembali beekinerja dengan baik. Dan agar Anda tidak kehilangan data, bisa mengikuti langkah dari Cara Mengembalikan Data Android Setelah Factory Reset diatas. Jika Anda memiliki kendala, silahkan bertanya dikolom komentar.
Baca juga: