search-button

Jul 11, 2017

4 Cara Mengembalikan IMEI Android yang Hilang

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Sebelum membahas tentang Cara Mengembalikan IMEI Android yang Hilang disini saya akan mengulas sedikit tentang pengertian dari IMEI, apa itu IMEI? IMEI adalah singkatan dari (International Mobile Equipment Identity). Setiap ponsel pasti memiliki kode IMEI yang berbeda-beda. Ini bertujuan untuk membedakan antar ponsel.

Penyebab IMEI hilang seringkali terjadi pada smartphone Android yang berchipset Mediatek atau yang lebih kita kenal dengan sebutan MTK, namun tidak menutup kemungkinan Android yang menggunakan chipset selain Mediatek pun bisa saja mengalami hal yang sama dikarenakan penggunanya yang melakukan flash, atau menggunakan Custom ROM yang tidak cocok, maka akan terjadi kehilangan IMEI atau IMEI null.

Cara Mengembalikan IMEI yang Hilang di Android

Cara Mengembalikan IMEI yang Hilang di Android

1.Menggunakan Aplikasi MTK Engineering Mode

Cara mengembalikan IMEI yang pertama kita akan menggunakan aplikasi MTK Engineering Mode. Aplikasi ini dapat Anda download secara gratis di Play Store, untuk beberapa ponsel mediatek mungkin tidak perlu mendownload aplikasi ini karena sudah disediakan dari bawaannya, tinggal masuk dengan dial up *#*#3646633#*#*.

2. Menggunakan Aplikasi Chamelephon

Cara mengembalikan imei yang tidak valid atau hilang yaitu dengan menggunakan aplikasi Chamelephon. Aplikasi chamelephon juga merupakan aplikasi yang ada di Play Store. Aplikasi dapat Anda download secara gratis di Play Store. Untuk menggunakan aplikasi ini ponsel harus dalam keadaan root, jika belum silakan Anda root terlebih dahulu. Cara penggunaan aplikasi ini tergolong cukup mudah. Anda tinggal buka aplikasi Chamelephon dan isi IMEI untuk IMEI Anda bisa lihat dibox smartphone  lalu klik Apply new IMEIs, restart ponsel maka selesai.

3. Menggunakan Aplikasi Terminal Emulator Android

Mungkin bagi sebagian orang sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini, ya aplikasi dengan ukuran kecil dan tidak memakan banyak RAM ini ternyata mempunyai banyak fungsi selain digunakan untuk command atau memasukan perintah layaknya Command Prompt di Windows atau Terminal di Linux, ternyata bisa digunakan untuk mengembalikan IMEI android yang hilang.

Cara mengembalikan imei android dengan terminal emulator pun cukup mudah, entah itu imei hilang setelah flash, atau salah menggunakan custom rom yang tidak cocok dengan smartphone atau juga menggunakan rom tapi terdapat bug rill ? Aplikasi ini bisa bisa jadi pilihan Anda untuk mengatasi IMEI Android yang hilang.

4. Menggunakan aplikasi MTK Droid Root pada PC/LAPTOP

Berikutnya cara mengembalikan IMEI Android yang hilang dengan menggunakan Aplikasi MTK Droid Root ini merupakan aplikasi komputer. Jadi jika ingin menggunakan cara ini Anda harus punya PC/LAPTOP atau jika tidak Anda bisa ke warnet. Selain untuk mengembalikan IMEI yang hilang, aplikasi ini juga bisa di gunakan untuk Root Android.
Tiga dari metode diatas bisa menjadi solusi mengembalikan imei yangg hilang tanpa pc atau imei yang tidak valid. Anda bisa mencobanya untuk diterapkan pada smartphone samsung, lenovo, oppo, xiaomi, vivo, smartfren dan yang lainnya.
Demikian penjelasan mengenai cara mengembalikan IMEI Android yang hilang, semoga artikel ini bermanfaat buat Anda. Catatan jika ingin memodifikasi system Android ada baiknya ada melakukan backup terlebih dahulu.
Baca juga: