search-button

Sep 10, 2019

7 Cara Mengatasi Tidak Bisa Memutar Video YouTube di Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Solusi jitu Cara Mengatasi Tidak Bisa Memutar Video YouTube di Android karena terjadi kesalahan coba lagi nanti bisa dilakukan dengan trik ini. Sebagai salah satu layanan penyedia konten video, YouTube menjadi yang paling banyak dikunjungi orang dari seluruh dunia. Dimana saat ini untuk mengakses layanan tersebut sangat mudah dilakukan melalui smartphone dan tablet Android.

Namun tak sedikit pengguna yang ingin menonton video di YouTube ini mengalami masalah. Misalnya mucul beberapa error seperti “Periksa sambungan jaringan youtube", “Terjadi kesalahan, sentuh untuk coba lagi” atau “an error occurred please try again later”. Lalu kenapa hal ini bisa terjadi? Dan bagaimana Cara Mengatasi Tidak Bisa Memutar Video YouTube di Android ini?

Cara Mengatasi Tidak Bisa Memutar Video Youtube di Android

Penyebab Video Youtube Tidak Bisa Diputar

Beberapa pengguna mungkin akan mengalami masalah yang lebih parah lagi. Seperti aplikasi youtube tidak bisa dibuka yang menampilkan keterangan “force close” hingga “unfortunately youtube has stopped”. Penyebab aplikasi youtube tidak bisa memutar video pun bisa diakibatkan oleh beberapa alasan. Misalnya penyebab secara umum dari “terjadi kesalahan coba lagi nanti” adalah karena koneksi internet yang lambat. Namun bisa juga karena banyaknya penggunaan RAM oleh aplikasi lain sehingga memberatkan smartphone dan akhirnya membuat youtube keluar sendiri

Mengatasi Tidak Bisa Memutar Video YouTube di Android

Kesalahan tersebut bisa terjadi pada semua merk smartphone Android seperti Samsung galaxy, Lenovo, LG, Smartfren Andromax, Xiaomi, oppo, Nexus, Advan, Asus Zenfone, Sony Xperia dan yang lainnya. Cara memperbaiki youtube yang tidak bisa memutar video ini pun bisa Anda lakukan pada merk-merk smartphone tersebut asalkan ber-sistem operasi Android.

1. Matikan Smartphone Untuk Memulai Jaringan/Koneksi Internet Dari Awal.
Ketika aplikasi YouTube error dan tidak bisa memutar video, hal pertama yang harus Anda curigai adalah koneksi internet. Sinyal dari layanan kartu SIM yang terkadang turun dapat mempengaruhi kecepatan koneki internet kita. Untuk itu, matikan smartphone kemudian cabut baterai dan kartu SIM. Biarkan selama beberapa detik kemudian pasangkan kembali dan reboot.
2. Paksa Berhenti dan Hapus Data.
Salah satu trik cara membuka youtube yang tidak bisa dibuka apalagi memutar video adalah dengan menghapus data yang tersimpan. Jika aplikasi youtube Anda sering terhenti dan keluar sendiri, lakukanlah langkah ini. Tapi, semua data akan terhapus termasuk video youtube offline. Caranya tap Pengaturan » Manajer aplikasi » YouTube kemudian tap tombol “Paksa Berhenti” dan "Hapus Data”.
3. Update Aplikasi YouTube.
Aplikasi YouTube versi terbaru biasanya akan lebih baik dari versi lama baik dari sisi kecepatan streaming maupun keamanan. Untuk itu perbaruilah aplikasi youtube yang memungkinkan kita mendapatkan bug fixing penyebab terjadi kesalahan saat memutar video.
4. Jangan Melakukan Multi-Tasking.
Bagi para pengguna smartphone low-end yang ingin streaming di youtube, biasakanlah untuk menutup terlebih dahulu aplikasi lain yang baru saja Anda gunakan. Misalnya aplikasi facebook atau line. Kedua aplikasi ini mengambil banyak ram yang bisa menjadi penyebab streaming video di youtube lemot atau lambat.
Baca juga:
5. Reconnect Jaringan Wifi.
Khusus bagi Anda yang menggunakan koneksi melalui wifi. Salah satu cara mengatasi youtube error di Android dan selalu terjadi kesalahan adalah dengan menghapus jaringan wifi yang saat ini terhubung. Tujuannya untuk menyambungkan kembali jaringan wifi tersebut dari awal. Caranya, tap Pengaturan » Wifi » pilih nama jaringan wifi kemudian tap “Forgot” atau “Lupa”.
6. Hapus Data Google Play Service.
Cara mengatasi tidak bisa memutar video youbube di android selanjutnya adalah dengan menghapus data google play service. Hal ini bisa Anda lakukan jika telah melakukan root atau upgrade Android OS ke versi terbaru. Caranya tap Pengaturan » Manajer aplikasi » Layanan Google Play » Atur Penyimpanan » Hapus Semua Data.
7. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga.
Free music for YouTube: Stream adalah aplikasi yang sering saya gunakan untuk memutar lagu-lagu dari youtube dengan cepat. Tak hanya itu, aplikasi alternatif youtube ini juga memiliki banyak fitur dan dapat memutar video streaming dengan tampilan layar penuh layakya aplikasi youtube official.

Kesimpulannya, Cara Mengatasi Tidak Bisa Memutar Video YouTube di Android bisa dilakukan dengan mengikuti beberap solusi diatas. Tetapi yang terpenting saat kita akan nonton video youtube di aplikasi Android adalah koneksi internet yang cepat. Karena bagaiamana pun ini adalah faktor utama agar tidak kembali muncul kesalahan atau error lainnya.
Baca juga: