search-button

Sep 10, 2019

Mengatasi Kenapa Youtube Tidak Bisa Dibuka di Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com - Cara mengatasi dan memperbaiki aplikasi youtube yang tidak bisa dibuka di Smartphone dan Tablet Android sehingga jelas tidak bisa memutar video apapun. Jika hal ini terjadi akan membuat anda jengkel bukan? Terlebih lagi jika kita sudah berlangganan ke salah satu channel favorit dan mendapatkan email bahwa telah keluar video terbaru untuk segera ditonton. Jika aplikasi youtube di Android tidak bisa dibuka, terpaksa anda melihat dan menontonnya melalui browser di PC komputer. Yang dirasakan akan lebih repot karena kita tidak bisa melihatnya langsung digenggaman tangan.

Penyebab apliaksi youtube error, tidak bisa memutar video, tidak bisa mengomentari atau bahkan tidak bisa dibuka sama sekali. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa masalah. Namun yang harus anda perhatikan, setiap penyebab yang timbul pasti berbeda-beda diantara pengguna android satu dengan yang lainnya. Mulai dari Android OS yang terpasang hingga spesifikasi dari Smartphone dan Tablet Android itu Sendiri. Dan berikut adalah beberapa penyebab yang mungkin saja termasuk yang anda alami.
  1. Aplikasi youtube belum pernah dibersihkan. Dalam hal ini adalah cache. Semua history tentang pencarian, komentar, share, like dan upload video yang dilakukan di aplikasi youtube menumpuk. Sehingga pada saat kita melakukan tap pada drawer, ia tidak mau terbuka dan timbul pesan error ”Force Close” atau "Unfortunately, YouTube has stopped".
  2. Anda baru saja menginstall aplikasi client youtube. Memang ada banyak client youtube yang bisa membuat streaming video menjadi lebih cepat untuk diputar. Namun hal ini juga tidak menutup kemungkinan untuk terjadinya terjadinya error antar aplikasi yang menyebabkan apliaksi youtube berwarna hitam dan tidak mau terbuka.
  3. Aplikasi youtube telah diperbaharui atau telah diupdate secara manual. Jika anda mengaktifkan fitur auto update, maka youtube anda tersebut telah dioperbaharui yang berjalan pada background. Tetapi perhatikan juga, bisa saja sebelumnya anda telah melakukannya secara manual. Setiap Android OS dan spesifikasi dari Android itu sendiri selalu dibaca oleh aplikasi. Bisa saja, aplikasi youtube yang baru lebih canggih tetapi Android OS anda masih jadul yang mengakibatkan error atau tidak bisa dibuka sama sekali.
  4. Anda telah melakukan update terhadap Android OS yang terpasang di Smartphone. Biasanya kita menyebutnya sebagai upgrade. Contohnya, anda telah memperbaharui OS dari versi 4.1 (Jelly Bean) ke versi 4.4 (KitKat) tetapi belum disadari bahwa aplikasi youtube pun seharusnya di update.
Kenapa Youtube Tidak Bisa Dibuka di Android

Cara Mengatasi Aplikasi Youtube Tidak Bisa Dibuka dan Memutar Video Di Android

Beberapa penyebab diatas dapat diatasi dengan mencoba dan mengikuti 5 langkah dibawah ini satu persatu.
  1. Bersihkan Cache. Penting, sebelum anda melakukan hal lain, bersihkan cache dari apliasi youtube. Caranya, tap Setting > Apps > All, kemudian cari dan buka aplikasi youtube dan tap tombol Clear Chache.
  2. Bisa saja RAM Android anda sedang bekerja sangat sibuk untuk menjalankan banyaknya aplikasi. Untuk itu bersihkan memory RAM yang sedang berjalan. Caranya, tap Task Manager > RAM > tap Clear memory.
  3. Hapus aplikasi pemutar video youtube yang telah dipasang dari pengembang pihak ketiga.
  4. Hapus aplikasi Youtube itu sendiri kemudian install ulang dengan yang baru. Biasanya hal ini akan mudah dilakukan untuk android yang telah di root.
  5. Jika anda telah menghapus aplikasi youtube kemudian mengunduh dan menginstall ulang dari Play Store tetapi tetap tidak berjalan. Sebaiknya anda mencari versi youtube berupa file .apk dibawah versi yang saat ini ada di Play Store.
Penyebab atau keterang error yang ditampilkan pada saat membuka aplikasi youtube akan berbeda-beda. Untuk itu lakukan cara diatas untuk mengatasi aplikasi youtube yang tidak bisa dibuka di Android.