search-button

Sep 9, 2016

5 Cara Mengatasi Proses com.google.process.gapps Telah Berhenti

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Solusi jitu Cara Mengatasi Sayangnya Proses com.google.process.gapps Telah Berhenti di smartphone Android dan tablet bisa dilakukan dengan langkah berikut ini. Salah satu kendala yang muncul pada saat pengguna sedang melakukan tasking adalah munculnya kesalah seperti “Unfortunately the process com.google.process.gapps has stopped”, “proses com.google.process.gapps terhenti”, hingga “force close”.

Kesalahan tersebut biasanya akan mengakibatkan kita keluar dari apikasi yang sedang digunakan. Aplikas-aplikasi yang mendapatkan error proses com.google.process.gapps telah berhenti ini hanya terjadi terhadap aplikasi bawaan dari google. Misalnya, Google Maps, Play Store, Gmail, YouTube Chrome, Penelusuran suara dan lain-lain. Lalu apa sebebanrnya yang menyebabkan error ini sering muncul di smartphone Android Anda?
Sayangnya Proses com.google.process.gapps Terhenti

Penyebab Proses com.google.process.gapps Terhenti

Pada dasarnya kesalahan atau error ini muncul pada sebuah pop-up di tampilan layar Android secara acak. Meskipun kita sedang tidak membuka aplikasi apapun, masalah ini tetap saja ada. Penyebab dari sayangnya proses com.google.process.gapps telah berhenti ini diakibatkan oleh rusaknya file yang ada didalam aplikasi-aplikasi google atau pada layanan tertentu. Cara memperbaiki unfortunately the process com.google.process.gapps has stopped pun bisa dilakukan dengan beberapa langkah berikut ini.

Cara Mengatasi Proses com.google.process.gapps Telah Berhenti

Error ini akan muncul bukan disebabkan oleh spec smartphone. Melainkan oleh sistem Andoid itu sendiri. Jadi kesalah ini bisa muncul pada merk smartphone apapun termasuk ASUS, Xiaomi, LG, Oppo, Samsung Galaxy, Lenovo, Smartfren Andromax, Nexus, Advan, Sony Xperia dan yang lainnya.
Cara Mengatasi Proses com.google.process.gapps Telah Berhenti

1. Hapus Data Google Play Services.
Sumber utama yang biasanya menjadi penyebab error ini muncul biasanya terletak pada layanan google play service. Untuk itu, bersihkan aplikasi ini melalui Pengaturan » Manajer Aplikasi » Layanan Google Play. Tap “Paksa berhenti” dan tap “Kelola Ruang”. Selanjutny tap “Hapus Semua Data”.
2. Hapus Data Android System WebView.
Aplikasi Android System WebView yang sudah diperbarui, biasanya akan mengakibatkan kesalahan ini juga sering muncul. Bersihkan aplikasi tersebut dengan cara tap Pengaturan » Manajer Aplikasi » Android System Webview. Tap tombol “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.
3. Uninstall Update dan Hapus Data Google Play Store.
Aplikasi Google Play store adalah aplikasi bawaan yang terpasang secara default. Ia pun bisa kita perbarui agar versinya semakin meningkat. Tetapi setelah diperbarui, beberapa pengguna justru sering mengalami error tesebut. Cara memperbaiki unfortunately the process com.google.process.gapps has stopped salah satunya adalah dengan mengembalikan aplikasi ini ke versi awal. Yakni dengan cara tap Pengaturan » Manajer Aplikasi » Google Play Store, tap tombol “Paksa Berhenti”, "Hapus Instalan Pembaruan” dan “Hapus Data”.
Baca juga:
4. Matikan Smartphone dan Reboot.
Setelah Anda melakukan cara-cara diatas, mastikan perangkat kemudian lepaskan baterai, kartu memori dan kartu SIM dari slot. Selanjutnya biarkan terlepas selama beberapa detik. Kemudian pasangkan dan hidupkan kembali.
5. Factory Reset.
Cara terakhir untuk mengatasi error sayangnya proses com.google.process.gapps telah berhenti adalah dengan melakukan factory reset. Tujuannya untuk memperbaiki kembali system Android yang rusak agar kemabli ke pangaturan awal. Pastikan Anda melakukan backup sebelum melakukannya.

Kesimpulannya, ketika kesalahan dan error tersebut muncul, pengguna akan mengalami kesulitan dalam menggunakan aplikasi dari Google apps. Seperti ketika ingin mengirim email melalui gmail atau mendownload aplikasi dari play store. Dengan mengikuti langkah tersebut , maka smartphone Anda akan kembali berjalan dengan normal.
Baca juga: