search-button

Aug 18, 2016

10 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comCara jitu mengatasi google play store tidak bisa dibuka di Android bisa dilakukan dengan trik yang mudah ini. Aplikasi google play store merupakan salah satu aplikasi yang sangat essential didalam smartphone Android karena dari sanalah kita bisa memasang dan memperbarui aplikasi. Namun tak sedikit para pengguna yang menghadapi kendala yakni kenapa play store tidak bisa dibuka? Padahal sebelumnya aplikasi ini berjalan dengan lancar.

Penyebab Play Store Tidak Bisa Dibuka di Android

Penyebab play store tidak bisa dibuka akan berbeda antara Anda dan pengguna lainnya. Hal ini juga berkaitan dengan tingkatan versi Android OS yang Anda gunakan. Beberapa keterangan akan muncul saat hal ini terjadi misalnya “sayangnya, google play store telah berhenti” atau “unfortunately, google play store has stopped” namun juga tidak terbatas. Yang pada akhirnya, aplikasi tersebut akan force close dan menutup sendiri. Berikut ini adalah beberapa pemberitahuan yang sering muncul saat play store tidak bisa dibuka:
  • Play store force close
  • Play store server error
  • Kesalahan saat mengambil informasi pada server
  • Play store diperlukan autentikasi
  • Play store no connections
  • Layanan google play telah berhenti
  • Play store can’t be installed
  • Play store can’t be download app

Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di Android

Bagi Anda para pengguna smartphone yang bersistem operasi Android seperti dari Samsung Galaxy, Xiaomi, ASUS Zenfone, Oppo, Advan, Andromax dan merk lainnya sudah tentu harus mengetahui solusi play store tidak bisa dibuka ini. Trik yang akan saya jelaskan ini pun bisa mengatasi play store tidak bisa download dan beberapa error lainnya.
1. Matikan Android Kemudian Lepaskan Baterai dan Micro SD.
Sebelum Anda melakukan tindakan lain, cara memperbaiki play store tidak bisa dibuka yang pertama adalah dengan mematikan smartphone Android kemudian lepaskan baterai & Micro SD. Biarkan selama 10 detik agar chipset tidak menerima daya dari baterai kemudian hidupkan dan pasangkan kembali.
2. Bersihkan Cache Aplikasi Play Store.
Cara mengatasi play store tidak bisa dibuka yang kedua adalah dengan menghapus riwayat dan cache yang tersimpan di aplikasi Play store dan smartphone itu sendiri. Anda bisa menggunakan aplikasi Clean Master atau membersihkannya secara manual melalui Pengaturan » Manajer Aplikasi » Play store kemudian tap tombol Clear Cache.
Play Store Tidak Bisa Dibuka
3. Paksa Berhenti dan Hapus Data Aplikasi Play Store.
Aplikasi play store akan terus berjalan pada background untuk memonitor tasking yang sedang kita lakukan termasuk ketika ada update aplikasi yang tersedia. Dengan memaksanya berhenti dan menghapus data yang tersimpan, maka kita mereset aplikasi google play store kembali ke awal. Caranya tap Pengaturan » Manajer Aplikasi » Play store lalu tap tombol Force stop dan Clear Data. Hal ini pun akan membuat akun google Anda log out dan harus log in kembali.
4. Update Aplikasi Play Store.
Sangat penting untuk selalu menggunakan aplikasi yang selalu up to date terutama aplikasi default atau bawaan dari Google. Pastikan aplikas gogle play store selalu pada versi terkahir untuk mendapatakan performa dan kinerja yang lebih baik. Termasuk dari sisi keamana dan bug fixing. Anda dapat memperbarui aplikasi play store secara manual dengan mengikuti tutorial berikut ini Cara Install Ulang Google Play Store Yang Terhapus.
5. Uninstall Update Aplikasi Play Store.
Jika ternyata masalah google play store tidak bisa dibuka setelah Anda melakukan update, maka sudah tentu harus mengembalikannya ke versi sebelumnya. Hal ini bisa terjadi karena aplikasi play store tidak kompatibel denga versi Android yang terpasang di smartphone Anda. Caranya Settings » Application Manager » Play store kemudian tap Force Stop dan Uninstall Udates.
6. Log out dan Log in akun Gogle.
Memperbaiki Play Store Tidak Bisa Dibuka

Untuk mereset kembali preferensi akun yang sedang digunakan pada aplikasi play store, Anda bisa melakukan log out dan log in akun google dari smartphone tersebut. Caranya tap Settings » Accounts » Google kemudian pilih akun yang digunakan. Pada tampilan Sync settings, tap menu disudut atas kemudian tap Remove account. Matikan smartphone kemudian log in kembali dari pengaturan tersebut dengan cara tap Add account.
7. Gunakan akun Google Baru.
Salah satu cara memperbaiki play store tidak bisa digunakan berikutnya adalah dengan menggunakan akun google baru di smarthphone Android tersebut. Caranya bisa melalui Pengaturan » Akun » Tambahkan akun. Setelah berhasil membuat akun baru, sekarang buka aplikasi play store dan pilih akun yang baru saja digunakan untuk memasang aplikasi.
8. Gunakan Koneksi Internet Berbeda (Paket Data/Wifi).
Jaingan atau koneksi internet yang lambat juga berpengaruh terhadap play store tidak berfungsi yang biasanya muncul keterangan play store no connection atau tidak ada sambungan. Anda bisa melakukan On-Off terhadap paket data atau gunakan koneksi internet melalui WiFi. Sebagai tambahan, Anda bisa membaca tutorial 6 Cara Mengatasi Play Store Tidak Ada Sambungan.
9. Tutup Aplikasi Lain.
Salah satu penyebab google play store tidak bisa dibuka adalah RAM penuh karena digunakan oleh banyak aplikasi lain yang berjalan pada background. Yang akhirnya, aplikasi play store sendiri kekurangan jatah saat kita ingin menggunakannya. Tutup aplikasilain melalui task manager atau recent app.
10. Factory Reset Android.
Pilihan terakhir cara memperbaiki play store yang rusak adalah dengan mengembalikan smartphone kembali ke pengaturan pabrik. Salah satu fungsi dari factory reset adalah untuk memperbaiki berbagai error yang terjadi di smartphone termasuk aplikasi play store tidak bisa dibuka. Caranya, tap Settings » Backup and reset » Factory data reset kemudian tap tombol Reset Device.

Kesimpulannya, cara diatas adalah langkah yang biasa saya lakukan untuk mengatasi play store tidak bisa dibuka. Jika Anda masih mengalami kendala atau muncul pemberitahuan aplikasi play store error lainnya, silahkan berkomentar.
Baca juga: