search-button

Nov 6, 2016

7 Cara Mengatasi “Sayangnya Kamera Telah Berhenti” di Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Inilah tips jitu Cara Mengatasi “Sayangnya Kamera Telah Berhenti” di Android yang menyebabkannya error dan tidak bisa dibuka. Sebagai pengguna, pastinya kita akan merasa kesal jika mendapati kamera smartphone tiba-tiba tidak bisa digunakan. Terlebih saat ingin mengabadikan momen penting dalam waktu yang singkat. Entah itu saat ingin mengambil foto atau merekam video.

Permasalahan yang muncul ketika kamera Android tidak bisa dibuka, biasanya akan menunjukan pesan dan pemberitahuan tertentu. Misalnya pemberitahuan tersebut adalah “Sayangnya, Kamera Telah Berhenti”, “Can’t Connect to Camera”, "Unfortunately, Camera Has Stopped”, atau “Tidak Dapat Terhubung ke Kamera”. Dari keterangan yang muncul tersebut, maka aplikasi kamera akan menutup sendiri atau terjadinya Force Close. Lalu bagaimana cara mengatasi kamera telah berhenti di Android ini?

Cara Mengatasi Sayangnya Kamera Telah Berhenti di Android

Penyebab Sayangnya Kamera Telah Berhenti

Setiap smartphone dan tablet Android, akan dibekali dengan aplikasi kamera bawaan atau default. Aplikasi kamera ini biasanya memiliki fungsi dan fitur tersediri untuk meningkatkan kinerja serta hasil jepretan. Tetapi kenapa aplikasi kamera Android terhenti jika memang ia adalah aplikasi bawaan? Penyebab kamera telah berhenti pada umumnya adalah karena Anda sedang menggunakan banyak aplikasi lain sehingga permintaan RAM semakin tinggi. Hal lain yang dapat menyabkan hal ini terjadi adalah karena cache atau file sementara didalam aplikasi kamera itu sendiri.

Cara Mengatasi “Sayangnya Kamera Telah Berhenti” di Android

Tidak menutup kemungkinan, kamera Android tidak bisa dibuka bisa terjadi pada setiap merk smartphone seperti Samsung Galaxy, Sony Xperia, Xiaomi, Oppo, Smarfren Andromax, Lenovo, LG, Advan, Vivo, Lenovo dan yang lainnya. Untuk mengatasi aplikasi kamera terhenti dan tidak bisa dibuka, ikuti beberapa tips mudah berikut ini.

Mengatasi Sayangnya Kamera Telah Berhenti dan Tidak Bisa Dibuka

1. Tutup Aplikasi Lain yang Sedang Dijalankan.
Setiap kali Anda ingin menggunakan kamera, sebaiknya tutup aplikasi lain agar tidak berjalan pada background. Tujuannya untuk meringankan permintaan beban RAM yang penuh sehingga bisa diberikan kepada aplikasi kamera. Caranya bisa ditutup melalui tombol Recent App / Task Manager.
2. Bersihkan Riwayat dan Cache Android.
Rutinlah untuk selalu menghapus file sampah yang menyimpan history serta cache di smartphone Android Anda. Tujuannya untuk menjaga agar smartphone tetap berkinerja dengan baik. Caranya, gunakan fitur Clean Junk dan Phone Boost menggunakan aplikasi Clean Master.
Baca juga: 2 Cara Membersihkan Cache di Android Sampai Bersih
3. Paksa Berhenti dan Hapus Data Aplikasi Kamera.
Jika selalu terjadi kesalahan kamera tidak merespon atau camera not responding, sebaiknya tutuplah secara paksa dan bersihkan data yang tersimpan. Caranya, tap Settings > Application manager > All. Cari aplikasi Camera kemudian tap tombol Force Stop dan Clear Data. 
4. Hapus Aplikasi Kamera Lain yang Terpasang.
Untuk mengatasi kamera Android yang selalu blank atau berwarna hitam, hal ini bisa terjadi karena aplikasi kamera pihak ketiga yang telah Anda pasang. Aplikasi tersebut kompatibel dengan sitem operasi Android kita tetapi tidak stabil dengan hardware kamera. Misalnya aplikasi Google Camera, hapuslah aplikasi tersebut. 
5. Update OS Android.
Salah satu Cara Mengatasi “Sayangnya Kamera Telah Berhenti adalah dengan memperbarui OS Android yang terpasang. Ketika kita menggunakan OS Android versi terbaru tentu saja akan berpengaruh karena biasanya sudah memberikan perbaikan atau bug fixing. Caranya tap Settings > About Phone > System Update.
Baca juga: Cara Upgrade/Update OS Android Versi Terbaru Tanpa PC
6. Matikan Smartphone Kemudian Reboot.
Smartphone Android yang jarang dimuat ulang, akan lebih mudah terjadinya error termasuk pada aplikasi kamera tidak bisa dibuka. Caranya, matikan smartphone kemudian lepaskan baterai, microSD dan kartu SIM. Biarkanlah terlepas selama beberapa detik kemudian pasangkan kembali dan hidupkan.
7. Factory Reset Android.
Mengembalikan Android kembali ke pengaturan pabrik merupakan cara terakhir untuk mengatasi sayangnya kamera telah berhenti pada Android. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki kembali sistem yang error yang menyebabkan kamera tidak bisa dibuka. Caraya tap Settings > Backup and reset > Factory data reset.

Kesimpulannya, tips Cara Mengatasi “Sayangnya Kamera Telah Berhenti” di Android yang saya jelaskan diatas bisa Anda lakukan dengan mudah untuk memperbaiki aplikasi kamera yang selalu menutup sendiri. Jika Anda memiliki kendala lain, silahkan berkomentar.
Baca juga: