search-button

Sep 20, 2016

7 Cara Mengatasi Musik Tidak Muncul di Status BBM Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Solusi jitu Cara Mengatasi Musik Tidak Muncul di Status BBM Android agar bisa kembali terlihat di tampilan update bbm feeds teman Anda. Pada aplikasi BBM di smartphone Android, umpan bbm tak hanya bisa menampilkan update status dan update dp bbm saja, melainkan kita pun bisa melihat musik apa yang sedang didengarkan oleh orang lain dengan cara mengaktifkan fitur didalam setelan.

Pada dasarnya, semua pengguna aplikasi bbm Android bisa menampilkan musik yang sedang didengarkan agar muncul sebagai status. Setiap musik yang sedang kita putar di smartphone, maka otomatis akan ditampilkan pula di umpan bbm teman Anda. Tetapi, terkadang pengguna mengalami masalah yakni musik tidak muncul di bbm padahal sebelumnya hal ini berjalan dengan baik. Lalu kenapa status musik tidak muncul di bbm ini bisa terjadi?
Cara Mengatasi Musik Tidak Muncul di Status BBM Android

Penyebab Musik Tidak Muncul di BBM

Memang fitur ini sudah ada sejak lama terutama di Blackberry OS. Tetapi kalau saya tidak salah, di sistem operasi Android sendri fitur tersebut baru mendukung pada hampir semua smartphone di tahun 2014 atau versi Android KitKat ke atas. Penyebab musik yang sedang kita putar tidak muncul sebagai update status bbm pada umumnya terjadi karena ada kesalahan. Misalnya, Anda sedang mendengarkan lagu di aplikasi pemutar musik yang tidak mendukung.

Cara Mengatasi Musik Tidak Muncul di BBM Android

Terdapat dua fitur musik didalam pengaturan bbm Android. Pertama adalah fitur “Tampilkan Yang Didengar Orang lain” atau “Show What Others Listening To” dan kedua adalah fitur "Tampilkan Yang Sedang Saya Dengarkan" atau “Show What I’m Listening To”. Ini adalah dua fitur yang berbeda. Jadi pada tutorial ini, saya akan membahas cara mengatasi musik yang tidak muncul di status bbm dari fitur yang sedang kita dengarkan. Bukan memperbaiki apa yang sedang didengarkan oleh orang lain.

Musik Tidak Muncul di BBM Android

1. Bersihkan Cache dan Riwayat.
Langkah umum yang harus Ada lakukan adalah membersihkan history dan cache yang ada didalam smartphone. Nonaktifkan dulu koneksi internet kemudian gunakan aplikasi clean master untuk membersihkan file sampah yang ada didalam smartphone.
2.Update Aplikasi BBM.
Perbaruilah aplikasi bbm ke versi terbaru untuk meningkatkan kinerja dan memperbaiki bugs yang mungkin menjadi penyebab lagu yang sedang Anda putar tidak terlihat sebagai status di bbm feeds teman Anda. Pada saat tutorial ini dibuat saya menggunakan versi terbaru yakni versi 3.0.1.25. Caranya buka aplikasi Play store » BBM » tap tombol Update.
3. Pastikan Fitur Update Status Musik Aktif.
Jika fitur ini tidak Anda aktifkan, maka sampai kapan pun orang lain tidak akan bisa melihat status musik dari akun Anda. Caranya buka aplikasi BBM » Setelan » Akun » centang “Tampilkan Yang Sedang Saya Dengarkan “.
4. Gunakan Aplikasi yang Mendukung Fitur Status Musik BBM.
Jika Anda sebelumnya belum pernah mengaktifkan fitur musik di aplikasi bbm dan saat ini ingin mengaktifkannya tetapi tidak muncul, maka jangan gunakan aplikasi pemutar musik bawaan. Putarlah lagu mp3 menggunakan aplikasi music player yang mendukung seperti aplikasi Google Play Music.
Baca juga:
5. Update Aplikasi Musik.
Jika masalah musik tidak muncul di status bbm secara tiba-tiba, perbarui aplikasi pemutar musik yang biasa Anda gunakan untuk menampilkan fitur musik tersebut. Hal ini bisa terjadi karena Anda masih menggunakan music player versi lama sementara aplikasi bbm sudah Anda perbarui ke versi baru.
6. Paksa Berhenti dan Clear Data Aplikasi Musik.
Yang harus Anda lakukan disini adalah memaksa aplikasi pemutar musik berhenti dan menghapus data yang tersimpan. Seperti pengaturan equalizer, daftar putar atau lagu favorit yang telah Anda atur. Tujuan dari cara ini adalah untuk mereset kembali aplikasi musik yang biasa Anda gunakan agar kembali ke pengaturan awal. Contohnya saya menggunakan aplikasi Google Play Musik. Maka cara membersihkan datanya adalah dengan masuk ke Pengaturan » Manajer aplikasi » Google Play Musik kemudian tap tombol “Paksa Berhenti" dan tombol “Hapus Data”.
7. Matikan Smartphone dan Reboot.
Setelah Anda melakukan cara ke-enam diatas sekarang matikan perangkat Android kemudian lepaskan baterai sim card dan microSD. Biarkan saja terlepas selama beberapa detik kemudian pasangkan dan hidupkan kembali. Tujuan dari ini adalah untuk memuat ulang sistem Android pada saat reboot agar aplikasi musik player kembali berjalan dengan baik untuk menampilkan musik di status bbm.

Kesimpulannya, Cara Mengatasi Musik Tidak Muncul di Status BBM Android bisa dilakukan dengan beberapa solusi diatas.  Dan hal terpenting dari fitur tersebut ialah untuk selalu menggunakan aplikasi yang mendukung seperti Google Play Musik
Baca juga: