search-button

Sep 19, 2016

10 Cara Mengatasi GPS Signal Not Found di Pokémon Go

   
Advertisements
Advertisements
Heyriad.com – Berhasil, cara mengatasi gps signal not found saat bermain pokémon go di Android. Salah satu kendala yang dihadapi saat bermain Pokemon Go adalah munculnya keterangan gps signal not found. Padahal, kita sebagai pemain sudah mengaktifkan fitur gps atau lokasi ini. Memang, salah satu bagian dari gameplay pokemon go ini memerlukan fitur untuk melacak lokasi para pemainnya yang diambil melalui fitur GPS smartphone. Dengan begitu, kita akan tahu harus berjalan ke arah mana pada saat berburu pokemon.

Penyabab gps signal not found di Android bisa terjadi akibat beberapa faktor. Seperti, koneksi internet lambat atau karena aplikasi lain yang berjalan pada background dan belum Anda tutup. Meskipun demikian, setiap smartphone yang digunakan oleh para pemain akan berbeda dan penyebabnya pun akan berbeda pula. Lalu bagaimana cara mengatasi GPS signal not found di tampilan pokemon ini? Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba.

Cara Mengatasi GPS Signal Not Found di Pokemon Go Android

Cara Mengatasi GPS Signal Not Found di Pokémon Go Android

Fitur GPS yang telah Anda aktifkan, akan mencatat setiap lokasi atau track yang telah Anda kunjungi. Catatan ini pun biasanya akan tersimpan di setiap aplikasi atau game yang tersimpan dalam bentuk cache atau file sementara. Tujuannya, untuk mempercepat pemuatan lokasi itu sendiri. Itulah kenapa saat bermain pokemon go, avatar kita akan berjalan sendiri meskipun kita sedang diam disuatu tempat atau bahkan menunjukkan lokasi yang tidak akurat. 
  1. Ijinkan Akun Google Untuk Melacak Keberadaan Anda.
    GPS Signal Not Found di Pokemon Go Android
    Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda bisa langsung mengaktifkannya dengan menggulirkan Quick Settings kemudian tap ikon Lokasi hingga berwarna hijau yang artinya sedang aktif. Atau bisa melalui pengaturan Lokasi.
  2. Aktifkan Mode Tingkat Akurasi Tinggi Dari Lokasi Anda.
    Cara Mengatasi Failed to Detect Location di Pokemon Go
    Salah satu cara untuk memperkuat sinyal GPS saat bermain Pokemon Go adalah dengan menggunakan mode tingkat akurasi tinggi. Caranya, tap Settings » Location » Location method » pilih High acuracy.
  3. Matikan Fitur Mock Locations (Contoh Lokasi).
    Mengatasi GPS Signal Not Found Pokemon Go di Android
    Fitur mock locations bisa diatur jika kita sudah mengaktifkan Developers Options di dalam pengaturan smartphone. Caranya, tap Setting » About Device » tap 7 kali Bulid Number. Setelah Developers Options aktif, masuk kesana kemudian gulirkan kebawah dan jangan centang Allow mock loctions.
  4. Update Aplikasi Google Play Service.
    Fungsi yang dimiliki oleh Google Play Service salah satunya adalah untuk mempermudah dalam menemukan lokasi Anda dan menambah pengalaman ketika bermain game. Caranya, Buka aplikasi Play store kemudian cari Google Play Service dan tap tombol update. Tapi, tidak semua smartphone bisa memperbarui aplikasi ini dari Play store.
  5. Jalankan Aplikasi Google Map.
    Salah satu cara mengatasi Failed to detect location di Pokemon Go adalah dengan membuka aplikasi Google Map. Tunggu sampai ia menemukan Lokasi Anda saat ini dan biarkan Google Map berjalan pada background, jangan menutupnya. Selanjutnya buka game dan mainkan pokemon go.
  6. Ijinkan Pokemon Go Menggunakan Lokasi Anda.
    Pada smartphone dengan Android Marshmallow, pengguna bisa mengatur ijin akses terhadap game atau aplikasi secara individu termasuk fitur lokasi. Caranya tap Setting » Apps » Apps permission.
  7. Gunakan Koneksi 4G atau Wifi.
    Secara langsung, koneksi internet yang lambat akan menampilkan lokasi yang tidak akurat dan memunculkan eror gps signal not found saat bermain pokemon go. Untuk itu sebaiknya Anda gunakan layanan yang sudah mendukung terhadap koneksi 4G atau melalui Wifi.
  8. Bersihkan Cache Yang Tersimpan di Smartphone.
    Gunakan aplikasi eperti Clean Master untuk membersihkan cache dan jangan lupa untuk menutup aplikasi yang tidak ada kaitannya dengan Pokemon Go. Kecuali aplikasi google map seperti yang telah dijelaskan di nomor enam.
  9. Cek Ikon GPS/Lokasi Menyala dan Muncul di Notifikasi.
    Setelah Anda mengaktifkan GPS atau lokasi seperti di nomor satu, pastikan ikon Lokasi muncul di notification bar.
  10. Update game Pokémon Go.
    Jika Anda memasang Pokemon Go dari play store dan tidak mengaturnya untuk di update secara otomatis, masuk ke Play store » My Apps » Pokemon Go, kemudian tap tombol update jika tersedia. Atau Anda bisa memperbaruinya melalui file APK.

Itulah beberapa cara mengatasi gps signal not found atau muncul error failed to detect location saat bermain pokemon go. Jangan lupa untuk berkomentar dan menyebutkan nomor mana yang berhasil memperbaiki masalah tersebut di smartphone Anda. Agar pemain lain pun bisa ikut terbantu.
Baca juga: