search-button

Oct 5, 2023

18 Cara Mengatasi Laptop Hang Atau Freeze

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – inilah panduan cara mengatasi laptop hang atau freeze, cara mengatasi laptop freeze Windows 10 dan di seri lainnya. Baik itu perangkat pribadi atau laptop kantor, layar komputer yang membeku atau yang biada kita sebut hang atau freeze, sepertinya selalu muncul pada saat yang paling genting. Untungnya, ada sejumlah solusi yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah ini.

Solusi-solusi ini, bisa kamu gunakan untuk membantu kamu meminimalkan waktu henti dan kembali bekerja secepat mungkin saat komputer atau laptop kamu macet. Dalam panduan kali ini, ada banyak sekali solusi yang bisa kamu coba satu per satu untuk menyelesaikan masalah tersebut. Karena memang setiap solusi ditujukan untuk penyebab masalah hang yang berbeda-beda. Ok, langsung saja simak cara mengatasi laptop hang atau freeze berikut, yang juga bisa kamu guankan sebagai cara mengatasi laptop hang tidak bisa di klik.

Cara Mengatasi Laptop Hang Atau Freeze

Cara Mengatasi Laptop Freeze Windows 11 dan Seri Lainnya

1. Tunggu: Berikan Waktu Sesaat untuk Mengejar

Jika kamu melakukan tugas yang sangat intensif CPU, terkadang ada yang terhenti sejenak, membuat kamu mengira laptop macet meskipun sebenarnya tidak. Jika tampaknya komputer benar-benar terkunci, beri waktu beberapa menit untuk komputer menyelesaikan proses.

2. Perhatikan Suhu yang Terlalu Panas

Panas berlebih sering kali dapat menyebabkan komputer beku, jadi jika kamu melihat masalah ini muncul berulang kali, mungkin pendinginan di perangkat yang menjadi penyebabnya. Instal monitor suhu seperti Core Temp, untuk memantau suhu perangkat.

3. Restart Komputer yang Hang

Opsi pertama dan termudah adalah mencoba me-restart komputer kamu yang beku, cara ini bisa kamu gunakan sebagai cara mengatasi laptop freeze Windows 7 dan seri lainnya. Pada perangkat Windows, proses ini biasanya berbeda-beda.

4. Periksa Pembaruan

Cara mengatasi laptop ngefreeze selanjutnya, adalah dengan pembaruan. Biasanya ini mungkin disebabkan oleh perangkat lunak yang ketinggalan jaman. Buka pengaturan di komputer dan instal pembaruan apa pun yang tersedia, lalu mulai ulang komputer.

5. Pindai Malware dan Virus

Cara ini mungkin bukan cara mengatasi laptop freeze di lock screen terbaik. Jadi, potensi penyebab komputer beku lainnya adalah adanya malware atau virus. Jalankan pemindaian di komputer kamu untuk memeriksa infeksi apa pun yang mungkin menyebabkan masalah.

6. Uji RAM

Memori yang buruk juga bisa menjadi penyebab mesin terkunci atau hang, jadi jika perangkat mungkin memiliki RAM yang rusak, kamu bisa menjalankan beberapa tes pada RAM. Buka menu Start dan cari "Alat Diagnostik Memori Windows", untuk memeriksanya.

7. Periksa Hard Drive

Hard drive yang rusak dapat menyebabkan hang-up dan masalah serupa lainnya, jadi saat kamu menjalankan pemindaian virus, periksa juga kesehatan hard drive. Kamu dapat melakukan ini dengan menjalankan wmic diskdrive get model,status di Command Prompt.

8. Matikan Program yang Membebani

Jika Windows tidak pulih atau mulai membeku lagi setelah pulih, saatnya untuk menghapus versi lama: Ctrl + Alt + Delete. Tekan kombo ini pada keyboard kamu dan pilih opsi Task Manager dari layar yang dihasilkan untuk melihat daftar program yang sedang berjalan.

9. Periksa Pengelola Tugas Browser

Terkadang, komputer berjalan dengan baik, tetapi browsernya saja yang macet di halaman tertentu. Dan itu biasanya karena sebagian besar aktivitas yang kamu lakukan di komputer hanya terbatas pada browser, untuk ini, coba cek dan kurangi pengelola tugas di browser.

10. Copot Program yang Tidak Digunakan

Jika komputer sering membeku atau laptop ngefreeze ctrl, hal ini mungkin disebabkan oleh kurangnya ruang penyimpanan yang tersedia. Salah satu cara untuk mengurangi tekanan pada perangkat kamu adalah dengan mencopot pemasangan program apa pun yang tidak digunakan.

11. Hapus Cache dan File Sementara

Ini adalah cara mengatasi laptop lenovo ngefreeze, juga seri laptop lainnya. Cache dan file sementara dapat terakumulasi seiring waktu dan menghabiskan ruang di komputer. Menghapus file ini dapat mengurangi kemungkinan layar komputer macet.

12. Boot Perangkat ke Safe Mode

Jika laptop masih hang atau membeku, kamu bisa mencoba untuk mem-boot perangkat kamu ke safe mode. Mode ini akan membuat Windows hanya menampilkan dan menjalankan drivers dan layanan bawaan aja, dengan begitu, kamu bisa mengetahui jika ada program bermasalah.

13. Periksa Reliability Monitor

Jika kamu masih tidak dapat menentukan penyebab kemacetan, kamu harus melakukan beberapa pemecahan masalah tambahan. Dalam situasi ini, kamu sarankan untuk memeriksa Reliability Monitor Windows.

14. Instal Ulang Semua Driver Terbaru

Jika komputer baru-baru ini mulai membeku terus-menerus setelah memperbarui kartu grafis, mungkin hal ini menjadi penyebab beberapa komponen sisa dari driver lama mengalami konflik, untuk itu, kamu bisa menjalankan Display Driver Uninstaller (DDU) dalam mode aman.

15. Periksa Perangkat Keras

Periksa kembali apakah semua perangkat keras terhubung dengan benar jika mungkin ada masalah dengan periferal yang menyebabkan komputer macet. Jika kamu menggunakan solusi MDM, kamu juga dapat melihat wawasan kesehatan perangkat secara umum dari jarak jauh.

16. Pelajari Lebih Lanjut Tentang Blue Screen

Jika komputer kamu membeku pada akhirnya diikuti dengan crash dan Blue Screen of Death, kamu mungkin dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang penyebab masalahnya di kode QR dan “Stop Code” di layar biru yang muncul.

17. Install Ulang Sistem Operasi

Jika masalah hang atau pembekuan pada laptop ini terus terjadi, setelah mencoba beberapa cara tadi. Kamu bisa mencoba untuk menginstal ulang sistem operasi. Opsi ini bisa jadi opsi terakhir ya, karena ini akan menghapus data-data di perangkat kamu.

18. Hubungi Profesional

Jika tidak ada cara lain yang dapat menyelesaikan masalah hang ini, perangkat mungkin mengalami masalah perangkat keras yang tidak mudah diperbaiki sendiri. Jika laptop masih dalam garansi, hubungi produsennya untuk mendapatkan servis dari profesional.


Gengs! Layar komputer yang macet mungkin tampak seperti ketidaknyamanan kecil, namun kerusakan yang berulang dapat berdampak serius pada produktivitas kamu. Karena itu, sebelum masalah ini semakin besar, lebih baik kamu selesaikan ketika masalah muncul pertama kali. Dan kamu bisa mencoba solusi dari yang paling mudah ya. Ok, sekian panduan cara mengatasi laptop hang atau freeze ini, have a blast!