search-button

Feb 22, 2021

11 Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara mengatasi laptop cepat panas, cara mengatasi overheat laptop. Overheating pada laptop cukup umum terjadi dan banyak pemilik laptop pernah mengalaminya. Kadang-kadang laptop yang sudah tua mungkin terlalu panas karena masalah perangkat keras internal yang mungkin tidak dapat diperbaiki oleh kebanyakan orang. Namun, ada penyebab umumnya menyebabkan ini.

 

Jenis panas berlebih yang paling umum disebabkan oleh kurangnya aliran udara yang memadai di dalam mesin, itu juga mungkin karena kipas yang tidak berfungsi dengan baik karena kotor. Jika begitu, kamu harus tahu cara membersihkan kipas laptop. Panas berlebih tidak berarti mesin mengalami masalah serius karena ada beberapa cara untuk mendinginkannya. Mari kita lihat cara - cara mengatasi laptop cepat panas sederhana berikut ini.

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

 

1. Periksa Kipas

Cara mengatasi laptop cepat panas pertama adalah dengan memeriksa kipas. Laptop bisa jadi cepat rusak akibat laptop panas, karena itu kamu harus tahu apakah laptop kamu itu termasuk laptop yang cepat panas atau tidak. Setiap kali kamu merasa laptop kamu semakin panas, letakkan tangan kamu tepat di samping ventilasi kipas angin. Kamu akan tahu apakah kipas laptop berfungsi dengan baik jika kamu merasakan udara panas bertiup keluar dari ventilasi.

 

2. Bersihkan Kipas

Cara mengatasi laptop cepat panas selanjutnya adalah dengan membersihkan kipas, ini bisa menghindarkan dari laptop cepat panas dan lemot. Jika udara dari kipas terasa sangat sedikit atau tidak ada udara, mungkin debu telah menumpuk di kipas atau itu rusak. Kamu dapat membuka mesin dan meniup debu dengan udara bertekanan relatif. Jika kipas rusak, cari pengganti yang baru. Oh, kamu bisa meminta bantuan profesional untuk membukanya.

 

3. Gunakan Meja Laptop

Cara mengatasi laptop cepat panas ketiga adalah dengan memberikan ventilasi yang cukup dengan penggunaan meja laptop, kurangnya ventilasi bisa jadi alasan kenapa laptop cepat panas dan berisik. Kaki karet kecil di bagian bawah meja laptop memberikan ketinggian standar untuk meningkatkan aliran udara di bawah laptop. Meja laptop atau lap desk membantu menjaga aliran udara konstan, menjaga laptop kamu tetap dingin.

 

4. Mengontrol Kecepatan Kipas

Cara mengatasi laptop cepat panas lainnya adalah dengan mengontrol kecepatam kipas, aliran udara yang konstan di dalam laptop kamu mencegah kipas kamu berjalan dengan kecepatan penuh. Saat kipas berjalan dengan kecepatan tinggi, ini menandakan bahwa CPU bekerja keras dan mungkin menjadi lebih panas. Kamu dapat mengontrol kecepatan kipas dengan menginstal program seperti SpeedFan untuk Windows.

 

5. Hindari Menggunakan Proses yang Intens

Cara mengatasi laptop cepat panas yang kelima adalah dengan menghindari proses yang intens pada laptop, proses yang intents juga bisa menyebabkan laptop panas saat di charge. Kamu dapat menjaga laptop tetap dingin dengan menghindari proses seperti itu. Misalnya, browser dengan video Flash itu akan membuat CPU menjadi lebih panas. Karena itu, disarankan untuk menggunakan FlashBlock di browser sehingga video flash hanya dihidupkan saat diperlukan.

 

6. Jauhkan Laptop Dari Panas

Cara mengatasi laptop cepat panas selanjutnya adalah dengan menjauhkan laptop dari sumber panas, laptop panas saat main game dapat terjadi karena paparan sinar matahari langsung yang ekstrim, terutama selama musim panas. Temperatur tinggi dapat menyebabkan komputer menjadi terlalu panas akibat ekspansi hard drive dan kerusakan baterai. Oleh karena itu, kamu harus menyimpan laptop di tempat teduh setiap kali suhu tinggi.

 

7. Perbaiki Pendinginan Internal

Cara mengatasi laptop cepat panas yang ketujuh adalah dengan mempebaiki pendingin internal laptop kamu, jika memang rusak atau bermasalah. Seiring waktu, kipas akan menumpukan lapisan debu dan kotoran yang memperlambatnya dan menghalangi aliran udara. Lama kelamaan itu mungkin bisa merusak sistem pendingin laptop, untuk mengatasinya, kamu bisa memperbaikinya sendiri atau gunakan tenaga profesional.

 

8. Jaga Laptop pada Permukaan yang Keras dan Datar

Cara mengatasi laptop cepat panas selanjutnya adalah dengan meletakan laptop di permukaan yang datar, permukaan yang tidak rata, seperti selimut, bantal, atau pangkuan kaki kamu, akan menghalangi aliran udaranya. Karena itu, pendinginan terganggu, panas menumpuk dan permukaan laptop kamu akan menjadi panas, suhu internal meningkat, dan akhirnya, laptop akan menjadi terlalu panas. Jadi, letakkanlah laptop di permukaan yang keras dan rata.

 

9. Beli Laptop Cooler atau Cooling Pad

Cara mengatasi laptop cepat panas ke sembilan di daftar ini adalah dengan membeli atau menggunakan laptop cooler atau cooling pad, pendingin laptop dimaksudkan untuk memberikan pendinginan tambahan pada laptop. Sebelum kamu membeli pendingin, kamu perlu memahami aliran udara masuk dan keluar dari laptop kamu terlebih dahulu untuk mendapatkan pendingin yang pas.

 

10. Perbaikan Perangkat Lunak

Cara mengatasi laptop cepat panas selanjutnya adalah dengan memperbaiki software laptop kamu, kamu bisa menggunakan cara ini jika tidak ada perbaikan perangkat keras yang menghasilkan peningkatan yang bertahan lama. Namun, mengatasi panas berlebih dengan perbaikan perangkat lunak berarti kamu mungkin akan mengorbankan kinerja demi menjaga perangkat keras. Untuk ini, kamu dapat mengurangi kecerahan layar atau kecepatan jam CPU.

 

11. Bawa ke Service Center

Cara mengatasi laptop cepat panas yang terakhir adalah dengan membawa laptop kamu ke profesional, kamu bisa datang ke service center terdekat. Namun, jika laptop kamu itu baru dan masih memiliki garansi, kami sarankan untuk memperbaiki laptop kamu di service center terdekat. Dengan begitu, kemungkinan kamu tidak harus membayar jika memang ada perbaikan untuk laptop kamu yang cepat panas itu.

 

Ok gengs, itulah kesebelas cara mengatasi laptop cepat panas yang bisa kamu usahakan. Kamu mencoba satu per satu cara diatas untuk menemukan cara yang paling tepat, berhati – hatilah jika itu melibatkan pembongkaran. Perlu kamu ketahui juga gengs, bahwa selain faktor karena kerusakan atau tidak adanya pendingin, laptop juga bisa cepat panas karena penggunaan yang berlebih. Sekian, have a nice day!