search-button

Sep 29, 2023

Cara Melihat Aplikasi Boros Baterai di HP

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara melihat aplikasi boros baterai di HP, cara mengatasi aplikasi boros baterai. Ponsel, tablet, atau laptop yang super canggih, bisa tiba-tiba menjadi kurang kinerjanya ketika baterainya habis, itulah sebabnya masa pakai baterai sangat penting bagi gadget. Dan salah satu cara untuk memastikan masa pakai baterai perangkat kamu awet, adalah dengan mengidentifikasi aplikasi yang paling banyak menyedot daya.

Jika sudah diketahui, kamu kemudian dapat menggunakannya lebih sedikit, mengubah pengaturannya agar tidak terlalu memakan daya, atau mencopot pemasangannya sama sekali. Hal ini biasanya tidak sulit untuk dilakukan, tapi jika bingung, tinggal ikuti saja langkah-langkah dari cara melihat aplikasi boros baterai di HP berikut ini, yang bisa kamu gunakan sebagai cara mengetahui aplikasi yang boros baterai Samsung dan di perangkat lainnya.

Cara Melihat Aplikasi Boros Baterai di HP

Cara Mengetahui Baterai Hp Boros Atau Tidak Dari Aplikasi Android

Di perangkat Android kamu, buka aplikasi Pengaturan atau Settings lalu pilih opsi Baterai atau Battery. Setelah itu, klik pada opsi Penggunaan baterai atau Baterry usage. Layar berikutnya akan menunjukkan seberapa cepat tingkat baterai turun sejak terakhir kali kabel daya tersambung, dan kamu akan melihat daftar aplikasi yang paling ‘patut disalahkan’ bersama dengan persentase penggunaan baterai yang digunakan setiap aplikasi.

Kamu juga bisa menggulir ke bawah layar untuk melihat aplikasi lainnya, yang menggunakan daya. Selain itu, di bawah setiap entri aplikasi, kamu dapat melihat statistik berapa lama total waktu aplikasi telah aktif sejak pengisian ulang baterai terakhir dan berapa banyak waktu yang dihabiskan aplikasi untuk berjalan di latar belakang. Jika kedua angka tersebut berdekatan, penggunaan aplikasi lebih sedikit tidak akan mengurangi masa pakai baterai.


Gengs! Setelah tahu aplikasi mana yang menghabiskan banyak baterai, kamu bisa membatasi penggunaan aplikasi tersebut, atau memberhentikannya berkerja dengan menekan tombol Force Close untuk aplikasi tersebut. Selain itu, kamu juga bisa mengatur aplikasi sebagai Dibatasi atau tidak diperbolehkan melakukan banyak hal di latar belakang, sebagai Dioptimalkan, atau sebagai Tidak Dibatasi, jika perangkat yang kamu gunakan memang punya fiturnya. Setelah membaca cara melihat aplikasi boros baterai di HP ini, sekarang kamu sudah tahu kan kenapa baterai hp cepat habis. Ok, have a blast!