search-button

Jun 15, 2023

3 Langkah Cara Menghapus File Sampah Laptop Windows

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara menghapus file sampah laptop Windows, lebih mudah dari cara membersihkan sampah di laptop menggunakan windows + r. Ruang yang tidak terorganisir dan tidak bersih cenderung menumpuk di perangkat dengan OS Windows yang kamu gunakan, dan ini biasanya membuat kekacauan. Ini tidak berbeda di perangkat mana pun, PC laptop atau apa pun. Semakin sering kamu menggunakan komputer, semakin banyak sampah yang menumpuk.

Pada drive yang lebih lambat seperti hard disk konvesional, file sampah dapat memperlambat sistem operasi perangkat hingga operasinya merangkak. Jadi, sering membersihkannya dapat membantu meningkatkan kinerja perangkat. Di Windows 10, OS ini menampilkan alat bawaan untuk menghapus sebagian besar file sampah, dan jika ada yang tersisa, kamu dapat membersihkannya secara manual. Kami akan menunjukkan caranya, simak cara menghapus file sampah laptop Windows berikut ini yang bisa kamu gunakan sebagai cara membersihkan sampah laptop agar tidak lemot.

Cara Menghapus File Sampah Laptop Windows

Cara Membersihkan File Sampah di Laptop Windows Dengan Alat Pembersihan Disk

Alat Disk Cleanup di Windows adalah solusi satu atap untuk membersihkan file sampah dari komputer kamu. Alat ini memindai dan menghitung berapa banyak ruang yang dapat kamu kosongkan pada drive yang dipilih. Dengan menggunakan Disk Cleanup, kamu dapat membuang file sampah seperti unduhan, file instalasi Windows sementara, file internet sementara, file pengoptimalan pengiriman, Recycle Bin, dan banyak lagi.

  1. Pertama, di bilah pencarian Windows, ketik Disk Cleanup dan tekan enter untuk meluncurkan utilitas. Pilih drive yang ingin kamu bersihkan dan klik OK. Ini akan memindai drive yang dipilih untuk file sampah dari berbagai sumber biasa.
  2. Selanjutnya, alat tersebut akan mengisi layar dengan berapa banyak ruang yang dapat kamu kosongkan dengan menghapus berbagai file sampah. Centang kotak untuk memilih jenis file yang ingin kamu bersihkan, dan untuk melihat file mana yang akan dihapus, klik Lihat File.
  3. Klik Bersihkan file sistem untuk melihat file instalasi Windows Sementara dan paket driver perangkat. Klik OK untuk menghapus file sampah. Pilih Hapus file untuk mengonfirmasi tindakan yang kamu pilih tadi.


Gengs! Ketika memilih mana saja yang akan dihapus, biarkan kotak Thumbnail tidak dicentang. Menghapus cache thumbnail dapat mengosongkan beberapa megabyte penyimpanan. Namun, sistem harus membuat ulang semuanya saat kamu mencari file, yang akan memperlambat PC kamu. Ok, sekian panduan cara menghapus file sampah laptop Windows ini, yang juga boisa kamu gunakan sebagai cara membersihkan file sampah di laptop Windows 7. Have a nice day!