search-button

Mar 4, 2021

16 Cara Mempercepat Kinerja Windows 7

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara mempercepat kinerja Windows 7. Dengan Windows 7, Microsoft melakukan pekerjaan yang sangat baik dengan membuat sistem bekerja dengan baik. Namun, seiring waktu, sistem Windows 7 dapat melambat, membuat produktivitas jadi berkurang, Tentu, ini membutuhkan perawatan dan pemberian “makan” untuk membuat windows 7 super ringan dan mendapatkan kembali kejayaannya dalam kinerja.

 

Lebih lanjut, beberapa fitur Windows 7 dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja sistem secara keseluruhan. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan 10 langkah yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kinerja sistem Windows 7 di perangkatmu. Berikut cara mempercepat kinerja Windows 7 dasar yang akan mengoptimalkan kinerja sistem, kamu bisa menggunan ini sebagai cara mengatasi laptop lemot pada Windows 7 ultimate juga.

Cara Mempercepat Kinerja Windows 7

Cara Mempercepat Windows 7

 

1. Nonaktifkan Layanan Yang Tidak Perlu

Cara mempercepat kinerja Windows 7 pertama adalah dengan menonaktifkan layanan yang tidak perlu, cara ini lebih sederhana dari cara mempercepat kinerja Windows 7 dengan regedit. Tidak setiap layanan sistem yang berjalan pada mesin Windows 7 stok diperlukan. Sejumlah layanan dapat dinonaktifkan atau dimodifikasi untuk dijalankan hanya jika diperlukan. Setelah kamu membuat perubahan ini, layanan tidak lagi harus menggunakan sumber daya sistem dan sistem tidak lagi menghabiskan waktu untuk memulai layanan.

 

2. Kurangi Jumlah Item Startup

Cara mempercepat kinerja Windows 7 selanjutnya adalah dengan mengurangi jumlah startup item, cara ini juga bisa kamu gunakan sebagai cara mempercepat Windows 10. Sistem Windows 7 akhirnya akan mulai terbebani perangkat lunak yang diinstal, banyak perangkat lunak menginstal lebih dari yang diperlukan dan menyertakan aplikasi pembantu yang dirancang semata-mata untuk membuat perangkat lunak memulai lebih cepat atau memfasilitasi komunikasi lain. Inilah yang akan memperlambat kinerja Windows 7.

 

3. Cegah Aplikasi Helper

Cara mempercepat kinerja Windows 7 ketiga adalah dengan mencegah terlalu banyak aplikasi helper untuk berbagai software berjalan, cara ini adapat mempercepat booting Windows 7. Kamu dapat menggunakan alat sistem yang ada seperti MSconfig, dengan alat itu kamu bisa menghapus perangkat lunak yang mengganggu atau kamu bisa hanya mencegah helper dari software tesebut memuat.

 

4. Hapus Bloatware Yang Diinstal Oleh Vendor

Cara mempercepat kinerja Windows 7 selanjutnya adalah dengan menghapus bloatware dari vendor, cara ini dapat mempercepat shutdown Windows 7. PC hemat anggaran memiliki margin keuntungan yang didukung oleh OEM melalui penyertaan sebagian besar perangkat lunak yang kadang – kadang malah membebani dan membuat kinerja merayap. Jadi, silahkan hapus.

 

5. Jauhkan Virus Dan Spyware Dari Sistem

Cara mempercepat kinerja Windows 7 selanjutnya adalah dengan mencegah virus ataupun spyware masuk ke sistem, cara ini juga bisa kamu gunakan sebagai cara mengatasi laptop lemot Windows 10. Jika kamu menjalankan Windows, kamu harus menjalankan program anti-malware untuk mencegah virus dan spyware masuk sistem. Karena sekumpulan spyware atau virus itulah yang akan merusak kinerja.

 

6. Periksa Memori

Cara mempercepat kinerja Windows 7 selanjutnya adalah dengan menjaga kapasitas memori tetap aman, cara ini lebih mudah dari cara mempercepat kinerja windows 7 dengan regedit. Berapa banyak RAM yang perangkatmu miliki? Apakah sistem menghabiskan semua atau sebagian besar RAM yang ada? Jika demikian, perangkat akan mengalami penurunan kinerja, ini dapat diatasi dengan menambahkan lebih banyak memori ke perangkatmu.

 

7. Go Solid State

Cara mempercepat kinerja Windows 7 selanjutnya adalah dengan menggunakan SSD, dengan menggunakan SSD ini akan membuat Windows 7 super ringan. Solid State Disk atau SSD jadi populer akhir-akhir ini, karena memang itu cepat! Semakin banyak laptop dan bahkan desktop yang beralih ke teknologi ini karena keunggulan kinerjanya. Disk solid state menggunakan sel memori tempat data dapat dibaca dengan sangat cepat, berlawanan dengan sifat penyimpanan rotasi yang relatif lambat.

 

8. Pastikan Pengaturan Daya Mendukung Kinerja

Cara mempercepat kinerja Windows 7 selanjutnya adalah dengan memastikan daya perangkat mendukung, cara ini juga bisa kamu gunakan sebagai cara mempercepat Windows 10. Saat perangkat tersambung, konfigurasikan rencana daya Windows 7 untuk mengutamakan kinerja daripada penghematan daya. Saat kamu memilih untuk menggunakan rencana daya kinerja tinggi Windows 7, kamu dapat meningkatkan kinerja perangkat dalam beberapa keadaan.

 

9. Biarkan Sistem Perangkat Defragmentasi

Cara mempercepat kinerja Windows 7 selanjutnya adalah dengan membiarkan sistem perangkat defragmentasi, cara ini dapat mempercepat booting Windows 7. Jika kamu menggunakan spinning disk biasa di sistem Windows 7, kamu dapat menjaga sistem beroperasi pada efisiensi puncak dengan mendefragmentasi hard drive secara berkala. Namun, jika kamu memilih untuk menggunakan penyimpanan berbasis SSD, jangan lakukan ini.

 

10. Nonaktifkan Pengindeksan Penelusuran/Browser

Cara mempercepat kinerja Windows 7 selanjutnya adalah dengan menonaktifkan pengindeksan penelusuran, cara ini dapat mempercepat shutdown Windows 7. Browser di Windows 7 bagus, tetapi juga dapat memengaruhi kinerja sistem. Jika kamu benar-benar perlu menjalankan alat dengan kinerja penuh, kamu dapat menonaktifkan pengindeksan sama sekali agar sistem bekerja dengan kinerja penuh.

 

11. Set Up Pengindeksan Penelusuran/Browser

Cara mempercepat kinerja Windows 7 selanjutnya adalah dengan menyetel atau set up pengindeksan penelusuran, cara ini bisa kamu gunakan juga sebagai cara mengatasi laptop lemot Windows 10. Jika kamu tidak bisa menonktifkannya, kamu dapat menyetel pengindeks untuk memenuhi kebutuhan spesifik kamu, mungkin mengurangi dampak keseluruhannya pada kinerja sistem.

 

12. Gunakan ReadyBoost

Cara mempercepat kinerja Windows 7 selanjutnya adalah dengan menggunakan ReadyBoost, cara ini bisa kamu gunakan sebagai cara mengatasi laptop lemot pada Windows 7 Ultimate. Mungkin kamu tidak ingin langsung terjun ke permainan SSD tetapi menginginkan beberapa keuntungan yang bisa didapat dari penyimpanan berbasis flash. Menggunakan tidak lebih dari stik USB, kamu dapat melakukannya melalui fitur Windows 7 yang dikenal sebagai ReadyBoost.

 

13. Coba Performance Troubleshooter

Cara mempercepat kinerja Windows 7 selanjutnya adalah dengan menggunakan Performance Troubleshooter, cara ini lebih mudah dari cara mempercepat kinerja Windows 7 dengan regedit. Kamu dapat coba menjalankan Performance Troubleshooter, yang secara otomatis dapat menemukan dan memperbaiki masalah. Performance Troubleshooter akan memeriksa masalah yang mungkin memperlambat kinerja perangkat mu.

 

14. Bersihkan Hard Disk

Cara mempercepat kinerja Windows 7 selanjutnya adalah dengan membersihkan  hard disk perangkat, dengan membersihkanny akan membuat Windows 7 super ringan. File yang tidak perlu di hard disk perangkatmuakan menghabiskan ruang disk dan dapat memperlambat perangkat. Kamu bisa menggunakan Disk Cleanup untuk menghapus file sementara, mengosongkan Recycle Bin, dan menghapus berbagai file sistem dan item lain yang tidak lagi diperlukan.

 

15. Jalankan Lebih Sedikit Program Pada Saat Bersamaan

Cara mempercepat kinerja Windows 7 selanjutnya adalah dengan menjalankan lebih sedikit program di saat yang bersamaan, cara ini juga bisa kamu pakai sebagai cara mempercepat Windows 10. Terkadang mengubah perilaku komputasi kamu dapat berdampak besar pada kinerja perangkat, jika kamu adalah tipe pengguna multi- multitasking, jangan kaget jika perangkat jadi macet. So, silahkkan kurangi program yang berjalan dalam waktu bersamaan ya.

 

16. Matikan Efek Visual

Cara mempercepat kinerja Windows 7 selanjutnya adalah dengan mematikan efek visual pada perangkat, cara ini dapat mempercepat booting Windows 7. Jika Windows berjalan lambat, kamu dapat mempercepatnya dengan menonaktifkan beberapa efek visualnya. Itu tergantung pada penampilan versus kinerja. Apakah Anda lebih suka Windows berjalan lebih cepat atau terlihat lebih cantik? Jika kinerja adalah jawabannya, akan berguna untuk mengurangi visualnya.

 

Ok gengs! Itulah cara – cara mempercepat kinerja Windows 7 yang bisa kamu coba. Sebenarnya, masih ada banyak cara untuk mempercepat kinerja Windows 7 di perangkat kamu. Tapi kami kira, cara – cara yang kami cantumkan diatas sudah cukup untuk membuat kinerja Windows 7 di perangkat kamu lebih baik. Sekian panduan cara mempercepat kinerja Windows 7 ini, have a nice day!