search-button

Apr 28, 2023

4 Langkah Cara Membuat Absensi Online di WhatsApp

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara membuat absensi online di WhatsApp, no bot absen WhatsApp. Semenjak pandemi melanda, banyak kegiatan termasuk pembelajaran harus dilakukan secara daring. Hal ini membuat para guru, meminta siswanya untuk menggunakan perangkat online untuk belajar, misalnya menggunakan WhatsApp, aplikasi yang paling umum digunakan oleh semua.

Menyadari penggunaan yang lebih aktif oleh para guru dan siswanya, WhatsApp masih belum juga berinovasi dan menyediakan fitur yang membantu penggunannya dalam kegiatan belajar ini, misalnya adanya fitur absensi. Tapi tidak perlu khawatir, karena masih ada banyak cara agar kamu bisa membuat absensi online di WhatsApp. Ikuti cara membuat absensi online di WhatsApp berikut ini, tepatnya adalah cara membuat absensi online di google form.

Cara Membuat Absensi Online di WhatsApp

Cara Membuat Absensi Online di Hp Android WA

  1. Untuk ini, kita akan gunakan Google Form. Langsung saja masuk ke alamat email Google di perangkat yang kamu gunakan.
  2. Di sini, klik pada opsi Google Form dan klik opsi Blank atau Template form undangan. Setelah ini, edit form sesuai kebutuhan kamu.
  3. Jika kamu telah selesai mengedit, langsung klik tombol Send di pojok kanan atas layar perangkat dan pilih file dalam bentuk link.
  4. Sekarang, salin tautan atau link tersebut dan paste di grup WhatsApp yang memerlukan absensi tersebut, atau kamu juga bisa mengirimnya secara personal.


Gengs! Selain menggunakan Google Form, kamu juga bisa menggunakan fitur broadcast pada WhatsApp untuk mengabsen, atau kamu juga bisa menggunakan trik menggunakan fitur grup pada WhatsApp. Tapi menurut kami, menggunakan Google Form ini lebih mudah dan menyenangkan, karena kamu bisa ‘menghias’ laman absensi dari Google Form itu sendiri. Ok, sekian cara membuat absensi online di WhatsApp ini, have a nice day!