search-button

Oct 8, 2021

15 Cara Mengatasi Masalah Pada WhatsApp

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara - cara mengatasi masalah koneksi pada WhatsApp, tidak ada cara mengatasi WhatsApp hang ya. Sebagai salah satu platform perpesanan yang banyak digunakan dan yang paling banyak digunakan di Indonesia, WhatsApp juga termasuk salah satu yang sering mengalami masalah. Entah itu pada di WhatsApp dalam bentuk aplikasi atau dalam bentuk WEB.


Nah! Dalam panduan ini, kami akan membahas tentang semua masalah koneksi yang terjadi pada WhatsApp. Kami akan berfokus pada masalah – masalah koneksi yang paling sering terjadi, dan akan memberikan solusi yang paling tepat untuk mengatasinya. Jika kamu punya whatsapp gangguan hari ini 2021, atasi dengan cara - Cara mengatasi masalah koneksi pada WhatsApp berikut.

Cara Mengatasi Masalah Koneksi Pada WhatsApp


1. Restart

Cara mengatasi masalah koneksi pada WhatsApp yang pertama adalah dengan memulai ulang atau me-restart perangkat yang kamu gunakan untuk mengakses WhatsApp, gunakan cara ini, jika kamu punya WhatsApp bermasalah hari ini. Dengan cara ini, apa pun itu penyebab masalah ringan pada WhatsApp kamu, akan teratasi. Restart ini juga akan mengatasi error – error kecil lainnya pada perangkat.


2. Perbarui WhatsApp

Jika kamu menggunakan aplikasi WhatsApp di perangkat kamu, ada kemungkinan masalah yang terjadi pada WhatsApp kamu terjadi karena versi aplikasi yang kamu gunakan sudah lama. Kamu bisa memperbarui aplikasi WhatsApp yang ada di perangkat kamu ke versi terbaru yang tersedia di Google Play Store atau di App Store, jika kamu menggunakan perangkat dengan operasi sistem dan Apple.


3. Mode Pesawat

Cara mengatasi masalah koneksi pada WhatsApp selanjutnya adalah dengan mengaktifkan mode pesawat, ini adalah cara mengatasi WhatsApp tidak bisa dibuka karena sinyal yang error. Untuk mengaktifkannya, kamu bisa menekan tombol dengan ikon pesawat dari quick stray. Atau Buka Pengaturan ponsel kamu, kemduian klik Jaringan & internet. Aktifkan mode Pesawat selama beberapa menit lalu nonaktifkan kembali.


4. Data Seluler

Jika sinyal terlihat baik – baik saja, tapi WhatsApp kamu tidak bisa terbuka atau memuat pesan dan status, maka mungkin data seluler pada perangkat kamu tidak diaktifkan dengan benar. Untuk ini, kamu bisa mengaktifkan ulang data seluler lewat Pengaturan. Tinggal buka Pengaturan ponsel kamu, kemudian klik Jaringan & internet. Klik pada opsi Penggunaan data,  lalu aktifkan Data seluler.


5. Data Latar Belakang


Cara Mengatasi Masalah Pada WhatsApp


Cara mengatasi masalah koneksi pada WhatsApp selanjutnya adalah dengan mengaktifkan data latar belakang, cara ini adalah cara untuk mengatasi masalah koneksi pada WhatsApp. Selain itu, cara ini juga bisa kamu gunakan  sebagai cara mengatasi katalog WhatsApp error. Untuk ini, buka Pengaturan ponsel kamu > klik Aplikasi & notifikasi > WhatsApp > Penggunaan data > aktifkan Data latar belakang.


6. Wi-Fi

Masih dengan permasalahan tidak bisa mmebuka WhatsApp karena koneksi yang buruk, karena kamu tidak dapat melakukan panggilan WhatsApp jika kamu sedang tidak memiliki sinyal baik atau kuota yang habis. Kali ini kami akan menyarankan untuk menggunakan atau mengaktifkan Wi-Fi di perangkat kamu, jika ada hotspot di sana. Untuk ini, buka Pengaturan ponsel kamu > Jaringan & internet > Wi-Fi lalu hidupkan.


7. Wi-Fi II

Cara mengatasi masalah koneksi pada WhatsApp selanjutnya masih dengan menggunakan Wi-Fi, jika kamu sudah mengaktifkan Wi-Fi di perangkat kamu dan mengambungkannya ke satu jaringan hotspot, tetapi WhatsApp masih tidak bisa terkoneksi dengan baik, coba gunakan jaringan hotspot yang lain. Jika masih tidak bisa tersambung dengan baik, mungkin ada masalah dengan Wi-Fi di perangkat kamu. Lanjut ke cara selanjutnya!


8. Wi-Fi III

WhatsApp pada desktop juga bisa mengalami masalah pada koneksi, apalagi jika PC atau laptop kamu mengaktifkan mode sleep otomatis. Cara mengatasi masalah koneksi pada WhatsApp karena ini adalah dengan memastikan Wi-Fi tetap menyala selama mode tidur, Cara untuk mengaturnya bisa berbeda – beda teragnatung perangkat yang kamu gunakan, jadi silakan carai tahu sesuai dengan perangkat yang kamu gunakan.


9. Router

Cara mengatasi masalah koneksi pada WhatsApp yang satu ini bisa kamu gunakan jika kamu menggunakan router pribadi untuk terhubung ke WhatsApp di perangkat kamu. Untuk ini, yang harus kamu otak atik bukan perangkatnya tetapi routernya. Kamu bis memulai ulang atau restart  router Wi-Fi yang kamu gunakan. Biasanya ada tombol restart pada router, tekan saja itu, untuk memulai ulang roiter.


10. APN


Cara Mengatasi Masalah Pada WhatsApp


Coba buka aplikasi lain atau browser di perangkat yang kamu gunakan untuk membuka WhatsApp, jika itu juga tidak bisa dibuka atau tidak bisa tersambung ke jaringan, maka bukan WhatsApp yang bermasalah, tetapi jaringan pada perangkat. Cara mengatasi masalah koneksi pada WhatsApp karena ini, salah satunya adalah dengan menghubungi penyedia seluler dan pastikan pengaturan APN dikonfigurasi dengan benar.


11. Perbarui OS

Cara mengatasi masalah koneksi pada WhatsApp selanjutnya adalah dengan memperbarui OS pada perangkat, karena masalah koneksi pada WhatsApp juga bisa terjadi karena OS atau sistem operasi yang perangkat kamu gunakan ketinggalan versi. Tingkatkan sistem operasi Android atau iOS kamu ke versi terbaru yang tersedia untuk perangkat kamu, itu jika memang versi baru sudah tersedia.


12. Administrator Jaringan

Jika perangkat kamu mengalami masalah saat menyambung ke WhatsApp saat berada di jaringan Wi-Fi yang biasanya tidak kamu sambungkan, siakan hubungi administrator jaringan. Cara mengatasi masalah koneksi pada WhatsApp yang satu ini bisa kamu lakukan jika tidak semua WhatsApp gangguan hari ini 2021, alias hanya WhatsApp kamu yang mengalami gangguan.


13. Jaringan Wi-Fi Terkelola

Cara mengatasi masalah koneksi pada WhatsApp selanjutnya adalah dengan memastikan koneksi perangkat kamu tidak berada di jaringan Wi-Fi terkelola, seperti di kantor atau kampus universitas kamu. Jaringan tersebut mungkin dikonfigurasi untuk memblokir atau membatasi koneksi, sehingga menyebabkan perangkat kamu tidak bisa tersambung atau connect ke WhatsApp.


14. Proxy atau VPN

WhatsApp bermasalah hari ini atau mungkin juga tidak, mungkin ada pengaturan atau sesuatu di perangkat kamu yang membuatnya tidak bisa mengakses WhatsApp. Perlu kamu tahu, WhatsApp tidak dirancang untuk digunakan dengan layanan proxy atau VPN, jadi WhatsAoo tidak dapat memberikan dukungan untuk konfigurasi tersebut. Cara mengatasi masalah koneksi pada WhatsApp karena ini adalah dengan mangatur ulang proxy atau mematikan VPN.


15. Roaming


Cara Mengatasi Masalah Pada WhatsApp


Cara mengatasi masalah koneksi pada WhatsApp yang terakhir dari daftar ini adalah dengan mematikan mode roaming pada perangkat kamu, jika memang kamu menyalakannya ketika kamu membuka WhatsApp. Ini adalah cara mengatasi WhatsApp tidak bisa dibuka yang paling mudah dan praktis. Cara untuk mematikannya bisa berbeda – beda, tergantung perangkat yang kamu gunakan.


Ok gengs! Itulah semua cara yang bisa kamu coba untuk memperbaiki masalah koneksi yang terjadi pada WhatsApp di perangkat kamu. Perlu kamu tahu, masalah koneksi pada WhatsApp ini sangat penting, karena jika tidak segera diatasi, kamu mungkin akan melewatkan banyak panggilan penting atau pesan penting yang data ke WhatsApp kamu. Sekian panduan cara mengatasi masalah koneksi pada WhatsApp ini, have a nice day!