search-button

Mar 17, 2023

11 Solusi Laptop Sering Not Responding

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan solusi laptop sering not responding, cara mengatasi laptop not responding Windows 10 dan versi lainnya. Jika PC Windows kamu terus membeku atau tidak merespons dan terus-terusan menunjukan pesan error ‘Not Responding’, mungkin itu akan membuat kamu sebal, dan lenih parah lagi, itu dapat mengakibatkan hilangnya data, waktu, dan produktivitas.

Setiap sistem operasi memiliki bug dan masalah yang rata-rata sama, dan Windows 10 juga sistem operasi lainnya juga masih termasuk dalam kategori itu. Karena itu, ada banyak orang juga yang mengalami masalah. Situasi ini adalah kejadian umum dan yang harus segera kamu perbaiki. Alih-alih membiarkan komputer kamu terus membeku, lebih baik coba solusi laptop sering not responding berikut ini. yang dapat mengatasi laptop lemot dan not responding.

Solusi Laptop Sering Not Responding

Cara Menghentikan Not Responding

1. Atur Ulang Driver Video

Jika laptop kamu tiba-tiba membeku, kamu harus mencoba mengatur ulang driver video. Untuk melakukannya, kamu mungkin perlu atau tidak perlu melakukan boot ulang. Either way, tekan "Win + Ctrl + Shift + B." Layar laptop akan menjadi hitam selama beberapa detik, dan kamu akan mendengar bunyi bip yang menunjukkan bahwa driver video telah disetel ulang. Cara ini bisa kamu jadikan cara mengatasi laptop not responding Windows 11.

2. Buka Pengelola Tugas

Menggunakan kombinasi keyboard "CTRL + ALT + Delete," buka pengelola tugas laptop kamu dan tutup paksa semua aplikasi terbuka yang dibekukan. Jika satu aplikasi mengalami kesalahan serius, ini dapat menyebabkan pelambatan pada seluruh sistem kamu. Cara ini bisa kamu gunakan ketika laptop tidak merespon saat di klik, tapi risikonya, kamu mungkin akan kehilangan data yang sedang kamu buat.

3. Paksa Restart Laptop

Tahan tombol Daya selama beberapa detik hingga mati dengan paksa. Perhatikan bahwa dengan ini, not responding laptop akan melakukan apa pun yang kamu atur di pengaturan daya (tidur, hibernasi, atau matikan), sehingga tidak akan berfungsi. Tunggu sekitar 30 detik sebelum mem-boot ulang. Proses ini akan membuat laptop kembali aktif dan berjalan untuk sebagian besar masalah dengan cepat.

4. Periksa Perubahan di Windows

Ketika komputer Windows berhenti merespons tanpa alasan, biasanya terjadi karena ada sesuatu yang berubah. Sebelum masuk ke fase pemecahan masalah, apakah kamu baru-baru ini membuat perubahan, menambahkan program baru, menginstal antivirus atau membuat perubahan signifikan lainnya? Jika demikian, kamu bisa memeriksa apa yang baru kamu pasang itu. Cara ini bisa kamu gunakan pada laptop sering not responding windows 7 dan versi lainnya.

5. Gunakan Troubleshooter Windows

Pertama, periksa semua opsi yang ditampilkan untuk memecahkan masalah kesalahan yang terdeteksi. Jika tidak ada opsi yang muncul dengan kesalahan, arahkan ke menu Pengaturan komputer dan klik Troubleshoot. Dengan menjalankan troubleshooter dapat, laptop dapat mempercepat untuk solusi kamu dengan mengarahkan langsung ke masalahnya. Cara ini bisa kamu gunakan sebagai cara mengatasi laptop sering not responding di semua seri.

6. Coba Mode Aman

Jika cara-cara sebelumnya gagal, coba jalankan perangkat Windows kamu dalam Mode Aman atau Safe Mode untuk menemukan masalahnya. Buka "Start Menu -> Power," lalu tahan tombol "Shift" dan pilih "Restart." Safe Mode pada dasarnya hanya menjalankan proses asli pada perangkat. Jika komputer berhenti membeku, itu artinya ada perangkat lunak pihak ketiga yang menyebabkan masalah.

7. Cari File yang Hilang

Jika komputer kamu membeku saat melakukan tugas tertentu, seperti pengolah kata, pengeditan video, atau menjelajahi internet, mungkin program tersebut menyebabkan pembekuan. File yang diperlukan mungkin rusak atau tertimpa secara tidak sengaja. Untuk mengatasinya, kamu bisa melepas atau uninstall pemasangan dan instal ulang program atau aplikasi tersebut.

8. Gunakan System File Checker (SFC)

Solusi yang ini, bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah yang dijelaskan pada poin sebelumnya atau di poin tujuh, ketika file yang diperlukan untuk menjalankan suatu program atay tuga hilang dari perangkat. SFC ini akan mencari file sistem yang rusak atau hilang. Buka "Powershell" atau "Command Prompt" sebagai administrator, lalu ketik "sfc / scannow" dan tekan "Enter."

9. Gunakan Deployment Image Servicing and Management (DISM)

DISM ini akan memeriksa Windows Store dan Pembaruan Windows untuk kesalahan yang mungkin terjadi, termasuk kesalahan tidak merespon ini. Tekan "Windows + R", salin/tempel "runas / profil / pengguna: [nama pengguna admin kamu] cmd", lalu tekan "Enter". Ketik kata sandi admin kamu dan tekan "Enter" lagi, lalu ketik "dism /online /cleanup-image /restorehealth" dan tekan "Enter" sekali lagi.

10. Perbarui/Perbaiki Driver

Untuk ini, kamu hanya perlu mengklik kanan pada menu Start dan pilih Device Manager. Klik kanan pada setiap perangkat dan pilih Uninstall device atau Update driver yang tertera di sana. Jika kamu menghapus driver apa pun, pilih nama komputer atau laptop kamu di bagian atas, lalu klik "Tindakan -> Pindai perubahan perangkat keras." Setelah itu, kamu hanya perlu menunggu hingga proses selesai.

11. Instal ulang atau Pulihkan Windows 10

Jika tidak satu pun dari langkah-langkah di atas menyelesaikan masalah, satu-satunya pilihan adalah menginstal ulang Windows atau melakukan pemulihan sistem. Pilih Titik Pemulihan sebelum pembekuan terjadi atau boot dari media instalasi Windows dan pilih untuk menginstal ulang sambil menyimpan file dan pengaturan. Atau opsi tidak akan menyimpan aplikasi dan program non-Microsoft Store.


Sayangnya, masih ada beberapa alasan mengapa PC atau laptop yang menjalankan Windows dapat membeku atau tidak merespon, yang semuanya bermuara pada masalah perangkat keras atau perangkat lunak. Mulailah dengan pendekatan sederhana, seperti mulai ulang, paksa jika perlu, lalu pindai file dan driver yang hilang jika mulai ulang tidak berhasil, dan seterusnya. Ok, sekian panduan solusi laptop sering not responding ini, have a nice day!