search-button

Jan 27, 2020

10 Tips Beli Laptop Bekas Murah Yang Bagus

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Inilah panduan tips - tips beli laptop bekas murah yang bagus. Tidak semua orang dapat membeli laptop baru, itu disebabkan karena banyak hal. Salah satunya adalah karena budget yang terbatas atau karena hal yang lainnya. Ada kalanya membeli laptop yang sudah pernah digunakan atau bekas adalah satu-satunya pilihan realistis yang dimiliki dengan budget terbatas, kamu masih bisa membeli laptop keperluanmu tapi dengan harga yang lebih murah.


Namun, membeli laptop bekas itu perlu ketelitian dan pertimbangan ekstra dibanding ketika kamu membeli laptop baru. Jangan sampai kamu tertipu dengan membeli laptop bekas yang rusak atau tidak bisa digunakan dengan maksimal. Nah! Untuk mengurangi risiko tersebut, berikut adalah beberapa kiat atau tips beli laptop bekas murah yang bagus. Tips – tips ini akan memberitahu mu  hal-hal yang harus kamu periksa sebelum menghabiskan uang pada laptop bekas.

Tips Beli Laptop Bekas Murah Yang Bagus

Tips Beli Laptop Bekas Murah Yang Bagus


1. Ketahui Kebutuhan Mu

Tips beli laptop bekas murah yang bagus pertama adalah dengan mempertimbangkan kebutuhan mu. Tips ini merupakan tips membeli laptop bekas online maupun offline. Kamu perlu mengetahui untuk apa kamu akan menggunakan laptop itu dan apa saja yang kamu perlukan, seberapa portabel laptop yang diinginkan, masa pakai baterai, RAM, dan penyimpanannya. Catatlah kebutuhan mu berdasarkan tadi, lalu coba cari tau di internet tentang beberapa laptop yang sesuai dengan kebutuhan mu.

2. Periksa Body Laptop

Di panduan tips beli laptop bekas murah yang bagus ini, ada juga tips membeli laptop second dan standar pengecekkannya. Jadi, jika memungkinkan lakukanlah pemeriksaan body laptop secara menyeluruh. Kamu  harus memastikan bingkai laptop bebas dari retak dan tanda-tanda dari bekas benturan. Kamu juga harus periksa sekrup – sekrup pada laptop, pastikan tidak ada yang hilang, juga engsel-nya tidak longgar.

3. Periksa Kondisi Layar

Tips beli laptop bekas murah yang bagus berikutnya adalah memastikan layar dalam kondisi kerja yang baik. Periksa apakah ada kerlipan, perubahan warna, kecerahan, atau piksel yang buruk. Tips ini bisa menjadi cara cek laptop acer bekas atau cara cek laptop bekas dari merek lainnya. Coba juga buka video dan lihat apakah sudut pandangnya cukup lebar. Bandingkan dengan laptop lain sebelum melakukan pembelian.

4. Uji Keyboard dan Trackpad

Tips beli laptop bekas murah yang bagus selanjutnya adalah dengan menguji keyboard dan trackpadnya.  Keyboard dan trackpad adalah bagian laptop yang paling banyak digunakan, jadi penting untuk memastikan kedua bagian bekerja dengan memuaskan. Periksalah jika ada tombol yang mungkin rusak, rasakan juga ketika kamu menggunakan keyboard, apakah itu nyaman atau tidak. Periksa gerakan apa yang didukung oleh trackpad dan cobalah seperti pinch to to zoom, scroll dua jari, dan lainnya. Jika ada tombol mouse, pastikan itu mudah ditekan.

5. Uji Ports dan Drive CD / DVD

Tips beli laptop bekas murah yang bagus selanjutnya adalah dengan menguji ports dan drive CD / DVD jika ada. Cobalah semua port USB, jack headphone, port ethernet, HDMI, slot kartu SD, drive CD / DVD dan input lain yang tersedia. Apapun  merk laptop bekas yang bagus kata orang – orang, jika salah satu hal yang harus di cek tadi tidak berfungsi dengan baik, meningan cari yang lain saja. karena banyak dari itu terpasang langsung ke motherboard yang mahal untuk diganti.

6. Periksa Konektivitas Nirkabel

Tips beli laptop bekas murah yang bagus yang satu ini sangatlah penting, karena kami kira tidak ada yang menginginkan sebuah laptop yang tidak dapat terhubung ke WiFi kan. Jadi pastikan kamu dapat melihat dan terhubung ke jaringan WiFi tanpa kesulitan. Periksa juga untuk melihat bagaimana kinerja Bluetoothnya. Cara ini bisa kamu gunakan sebagai cara cek laptop bekas lenovo dan cara cek laptop bekas merk lainnya.

7. Uji Webcam dan Speaker

Tips beli laptop bekas murah yang bagus selanjutnya adalah dengan menguji webcam juga speakernya, meski mungkin sebagian besar orang tidak terlalu sering menggunakan webcam laptop. Namun, lebih baik memiliki webcam yang berfungsi dengan baik kan, daripada tidak sama sekali. Pun dengan speaker-nya ya gengs. Ini merupakan salah satu cara mengecek laptop bekas masih bagus atau tidak yang harus kamu terapkan.

8. Periksa Kesehatan Baterai

Kamu mungkin tidak selalu dapat melakukan pemeriksaan baterai secara menyeluruh dalam banyak kasus. Namun, kamu dapat memperoleh gambaran kasar tentang berapa lama baterai bertahan dengan masuk ke pengaturan manajemen daya OS yang diinstal untuk melihat berapa banyak daya baterai yang dapat ditahan dan status kesehatan baterai. Selain itu, pastikan baterai terisi dengan benar dan tidak terkuras terlalu cepat. Jika tidak, mintalah diskon sehingga uang diskon itu bisa dipaki untuk membeli baterai penggantinya.

9. Pemeriksaan Perangkat Lunak

Tips beli laptop bekas murah yang bagus selanjutnya adalah dengan memeriksa fungsi software. Pastikan sistem operasi yang dimuat pada laptop itu adalah asli, periksalah lisensi perangkat lunak yang disertakan dengan laptop dan pastikan semuanya dapat digunakan. Jika bisa, mintalah CD perangkat lunak asli, CD pemulihan, driver, dan media cadangan yang menyertai laptop. Cek juga spesifikasinya, cara cek spesifikasi laptop akan mudah jika masih ada dusnya, jika tidak coba cek di google.
Baca juga:
Harga Laptop MSI Terbaru Bagi Para Pecinta Game
Tertarik Beli Laptop Dell? Cermati Review Spesifikasi dan Daftar Harga Laptop Dell Ini
Pengalaman Belanja di JD.ID, Promo HARBOLNAS Laptop Cuma 99K!

10. Pastikan Untuk Mendapatkan Harga yang Baik

Tips beli laptop bekas murah yang bagus selanjutnya adalah memastikan harganya sesuai dengan budget dan kondisi laptop. Sebelum memutuskan untuk membelinya, ada hal yang perlu diperhatikan saat membeli laptop bekas, yaitu harga. Bandingkanlah harga yang ditawarkan dengan harga laptop itu dalam kondisi baru dan jika kamu berencana melakukan upgrade perangkat keras, teliti harga dengan benar sehingga kamu dapat membuat keputusan berdasarkan informasi apakah kamu akan lebih baik membeli yang baru atau yang bekas.


Membeli laptop bekas memang membutuhkan ketelitian ektra, dengan melakukan cek sederhana ini yang di rangkum di panduan tips beli laptop bekas murah yang bagus ini, kami berharap kamu terhindar dari potensi melakukan pembelian yang akan kamu sesali nantinya. Harap perhatikan bahwa cek ini tidak menjamin bahwa tidak akan ada yang salah di masa mendatang, jadi berhati-hatilah saat berbelanja, dan jangan takut untuk mengembalikan produk jika kamu menemukan kerusakan besar. Happy shopping!