search-button

Sep 11, 2022

Cara Membuka Handphone Android yang Lupa Sandi (1 Menit)

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara membuka handphone Android yang lupa sandi, bukan cara membuka HP yang lupa kata sandi menggunakan panggilan darurat ya. Android biasanya menggunakan PIN, pola atau kata sandi untuk mengamankan perangkat dari pengguna lain selain pemiliknya. Tentu saja, sistem pengaman ini sangat bagus, tapi malah akan jadi boomerang jika kamu lupa PIN, pola atau kata sandi perangkat kamu.


Jika kamu lupa sandi, kamu tidak akan bisa menggunakan ponsel. Apalagi sekarang, Google telah memperketat keamanannya, dan sitem ini menjadi lebih sulit pada versi Android modern. Tetapi selalu ada cara untuk membuat ponsel kamu dapat digunakan kembali, selama kamu mengingat nama pengguna dan kata sandi akun Google kamu. Selain itu, ada cara membuka handphone Android yang lupa sandi yang lebih mudah loh, yang bisa kamu coba sebagai cara membuka kunci HP yang tidak bisa dibuka.

Cara Membuka Handphone Android yang Lupa Sandi

Cara Mengatasi Hp Lupa Kata Sandi Tanpa Reset dengan Smart Lock


Untuk menggunakan fitur ini ketika membuka ponsel kamu yang terkunci karena lupa kata sandi, kamu hanya perlu menyambungkannya ke WiFi rumah, smartwatch, atau peramban Chrome. Dan ponsel yang terkunci tersebut, harus tersambung ke perangkat atau jaringan tertentu. Tapi gengs, kamu harus sudah mengaktifkan fitur ini sebelumnya yah, agar bisa digunakan ketika keadaan darurat.

Smart Lock adalah fitur Android yang memungkinkan kamu menentukan kondisi tertentu yang akan membuat ponsel mengabaikan keamanan layar kuncinya. Untuk mengakses ini, kamu perlu membuka Pengaturan > Keamanan > Kunci pintar di sebagian besar ponsel, atau Pengaturan > Layar Kunci > Jenis Kunci Cerdas di perangkat Samsung. Lalu silakan, masukkan kata sandi kunci saat ini untuk membuat perubahan pada fitur tersebut.

Kemudian kamu dapat memilih lima opsi yang memungkinkan untuk membuka kunci ponsel cerdas kamu tanpa kata sandi, opsi-opsi tersebut diantaranya adalah:

  • Deteksi pada tubuh: Ponsel akan mendeteksi bahwa kamu sedang membawanya dan secara otomatis tetap tidak terkunci saat berada di tangan atau saku kamu.
  • Tempat tepercaya: Menggunakan lokasi kamu untuk membuka kunci ponsel saat kamu berada di dekat alamat yang telah kamu pilih.
  • Perangkat tepercaya: Membuat perangkat kamu tidak terkunci saat terhubung ke perangkat Bluetooth tepercaya, seperti smartwatch atau mobil kamu.
  • Wajah tepercaya: Menggunakan pengenalan wajah untuk membuka kunci ponsel kamu.
  • Pencocokan suara: Saat mengenali suara tepercaya kamu, itu akan membuka kunci ponsel.


Gengs! Jika kamu menggunakan ponsel dengan OS versi Android 8 Oreo, kamu mungkin tidak akan bisa menggunakan opsi yang terakhir. Karena memang, opsi ini dihentikan di Android 8 Oreo dan seterusnya, tapu masih berfungsi pada perangkat dengan versi OS sebelumnya. Jika kamu telah menyiapkan satu atau beberapa opsi ini sebelum kamu lupa kata sandi, kamu dapat menggunakannya untuk membuka kembali ponsel kamu. Ok, sekian panduan cara membuka handphone Android yang lupa sandi ini, have a nice day!