search-button

Sep 12, 2022

6 Cara Mengatasi Perangkat Tidak Kompatibel di Play Store

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara mengatasi perangkat tidak kompatibel di Play Store, cara membuat aplikasi menjadi kompatibel. Saat mengunduh aplikasi tertentu di perangkat Android , kadang kamu mungkin menemukan bahwa Play Store menampilkan pesan kesalahan "Perangkat Anda tidak kompatibel dengan versi ini", dan pesan ini menyiratkan bahwa perangkat Android yang kamu gunakan tidak kompatibel dengan aplikasi tersebut.


Pesan kesalahan ini juga akan menyebabkan tombol Instal menghilang, pada aplikasi yang ingin kamu unduh dari Play Store. Dan dengan menghilangnya tombol instal tersebut, akan membuatnya tidak mungkin untuk mengunduh aplikasi. Nah, Di artikel kali ini, kamu akan menemukan beberapa cara, bagaimana cara mengatasi perangkat anda tidak kompatibel dengan versi ini. Langsung saja simak, cara mengatasi perangkat tidak kompatibel di Play Store berikut ini.

Cara Mengatasi Perangkat Tidak Kompatibel di Play Store

Cara Mengatasi Perangkat Tidak Kompatibel di Samsung Dan di Perangkat Lain


1. Perbarui Versi Android

Salah satu cara mengatasi aplikasi yang tidak kompatibel tanpa root, adalah dengan memperbarui versi Android yang kamu gunakan. Karena ini idealnya, kamu harus selalu menjalankan sistem operasi versi terbaru agar tidak ada error yang terjadi.

2. Hapus Cache dan Data Google Play Store

Kemungkinan penyebab aplikasi tidak kompatibel di PlayStore adalah karena Google Play Store mengalami error kecil di dalamnya. Untuk mengatasi masalah ini, kamu dapat mencoba membersihkan cache dan file data Play Store.

3. Sideload Aplikasi "Tidak Kompatibel"

Tidak seperti iOS, Android memungkinkan kamu untuk menginstal aplikasi dari luar Play Store resmi. Oleh karena itu, jika perangkat anda tidak kompatibel dengan versi ini, kamu bisa mendapatkan aplikasi dari situs pihak ketiga. Proses ini disebut sebagai sideloading.

4. Copot Pembaruan Google Play Store

Kesalahan "Perangkat Anda tidak kompatibel dengan versi ini" mungkin disebabkan oleh pembaruan Play Store. Jadi, cara membuat aplikasi menjadi kompatibel di Android karena ini, adalah dengan melepas pembaruan ini dan gunakan versi sebelumnya.

5. Instal ROM Kustom di Perangkat Android

Jika kamu lebih suka menginstal aplikasi dari Play Store, kamu bisa root perangkat yang kamubgunakan dan kemudian instal ROM khusus di dalamnya. ROM khusus adalah versi sistem operasi yang disesuaikan, untuk memungkinkan kamu mengakses keseluruhan perangkat.

6. Hapus Cache dan Data Framework Layanan Google

Jika masalah belum teratasi, dan perangkat anda tidak kompatibel dengan versi ini pada Android, coba bersihkan cache dan data Framework Layanan Google. Ingat ya, ini tidak menghapus aplikasi atau data yang tersimpan di perangkat kamu.


Gengs! Jika kamu akan mengunduh aplikasi dari situs luar, pastikan kamu memilih situs yang aman ya. Jangan sampai kamu mengunduh dari situs, yang menyisipkan aplikasi lain yang mungkin membahayakan perangkat, atau bahkan virus dan alat hack. Unduh juga versi aplikasi yang sesuai dengan perangkat kamu, Ok, sekian panduan cara mengatasi perangkat tidak kompatibel di Play Store ini, have a nice day!