search-button

Sep 10, 2022

13 Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – inilah panduan cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul, cara mengatasi notifikasi WA tidak muncul. Aplikasi perpesanan WhatsApp adalah aplikasi populer dan gratis untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga, dan kolega di ponsel pintar Android, iPhone, dan perangkat Windows. Meski begitu, aplikasi ini masih punya kekurangan dan mengalami masalah-masalah seperti aplikasi lainnnya.


Masalah tersebut salah satunya terajadi pada notifikasi, terkadang notifikasi aplikasi berhenti berfungsi dengan benar. Karena masalah itu, notif WA tidak muncul jika tidak dibuka, dan pengguna terpaksa harus membuka aplikasi untuk memeriksa secara manual ada atau tidaknya pesan baru, dan ini tentu menyusakhkan pengguna. Jika masalah ini juga yang sedang kamu alami, segera perbaiki dengan cara-cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul ini.

Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul


Cara Memperbaiki Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul


  1. Matikan Mode Pesawat. Semua platform memiliki semacam Mode Pesawat yang mematikan semua konektivitas internet dan mencegah pesan WhatsApp baru masuk dan mengirimi pemberitahuan.
  2. Periksa koneksi internet. Jika kamu menonaktifkan koneksi seluler dan Wi-Fi, kamu tidak akan menerima pemberitahuan, panggilan, atau pesan obrolan WhatsApp. Sialakn hubungkan perangkat iPhone atau Android kamu ke jaringan Wi-Fi, jika ada.
  3. Minta bantuan teman. Kamu hanya akan mendapatkan pemberitahuan WhatsApp ketika seseorang menelepon atau mengirim pesan kepada kamu di aplikasi. Mintalah seorang teman untuk mengirimi pesan obrolan WhatsApp sehingga kamu dapat melihat apakah ada masalah.
  4. Periksa pengaturan Jangan Ganggu. Pengaturan ini dapat memengaruhi jenis notifikasi aplikasi yang kamu terima, cara notifikasi muncul, dan kapan kamu mendapatkannya. Periksa kembali untuk memastikan fitur ini tidak membuat notifikasi WhatsApp kamu jadi senyap.
  5. Matikan Wi-Fi. Jika ponsel kamu mungkin sedang terhubung ke koneksi Wi-Fi, layanan internet tersebut mungkin sedang tidak aktif dan membuat semua pesan tidak sampai ke ponsel. Jadi, silakan coba matikan Wi-Fi dan gunakan data seluler.
  6. Kelola notifikasi dalam aplikasi WhatsApp. Untuk ini, silakan buka aplikasi WhatsApp di perangkat kamu dan buka Pengaturan > Pemberitahuan dan pastikan preferensi pemberitahuan dihidupkan.
  7. Mulai ulang perangkat. Memulai ulang laptop atau komputer Windows, iPhone, atau perangkat Android dapat memperbaiki beberapa masalah yang terjadi pada perangkat, termasuk pemberitahuan WhatsApp yang tidak muncul.
  8. Instal pembaruan sistem operasi terbaru. Seperti memulai ulang perangkat, menginstal pembaruan sistem operasi terbaru sering kali dapat memperbaiki gangguan apa pun yang terjadi pada perangkat. Jadi, silakan cek jika mungkin ada pembaruan sistem.
  9. Perbarui aplikasi WhatsApp. Terkadang versi baru dari sistem operasi dapat menyebabkan fitur aplikasi tertentu berhenti berfungsi dengan benar, dan pembaruan aplikasi dapat memperbaikinya dengan meningkatkan kompatibilitas.
  10. Periksa apakah Mode Daya Rendah atau Low Power Mode diaktifkan. Banyak perangkat memiliki fitur yang secara otomatis menonaktifkan aktivitas aplikasi latar belakang dan pemberitahuan saat daya baterai hampir habis. Jadi, silakan periksa.
  11. Periksa pengaturan Notifikasi WhatsApp iOS dan Android. Buka Pengaturan > WhatsApp > Notifikasi di iPhone atau Manajer aplikasi > WhatsApp > Notifikasi di Android. Kemudian, pastikan bahwa semua pengaturan notifikasi yang sesuai telah diaktifkan.
  12. Aktifkan aktivitas latar belakang. Buka Pengaturan > WhatsApp di iPhone dan periksa apakah Penyegaran Aplikasi Latar Belakang dan Data Seluler diaktifkan. Di Android, buka Manajer aplikasi > WhatsApp > Penggunaan data dan pastikan Batasi data latar tidak dipilih.
  13. Logout di perangkat lain. Kamu mungkin mendapatkan notifikasi WhatsApp di perangkat lain jika kamu masuk ke WhatsApp di beberapa perangkat berbeda. Silakan keluar dari semua aplikasi WhatsApp di ponsel, tablet, dan komputer, lalu masuk hanya di satu perangkat saja.


Gengs! Selain cara-cara yang telah dijelaskan di atas, sebenarnya masih ada beberapa cara lainnya yang bisa kamu coba untuk memperbaiki notifikasi WhatsApp yang tidak muncul di pernagkat kamu. Tapi, kami kira, ketigabelas cara di atas sudah cukup untuk saat ini. Cara-cara diatas bisa kamu gunakan juga sebagai cara agar notifikasi WA muncul di atas layar. Ok, sekian panduan cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul ini, have a nice day!