search-button

Jul 5, 2022

Cara Reset Komputer Windows 11 (5 Langkah)

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara reset komputer Windows 11, cara reset Windows 11 tanpa kehilangan data. Saat kamu menjalankan sistem Windows, terkadang sistem tersebut mengalami error. Ada berbagai penyebab kenapa bisa sistem Windows ini menjadi error, salah satunya adalah ketika proses pembaruan sistem yang terhenti karena baterai perangkat habis atau karena penyebab lainnya.


Dalam banyak kasus, banyak komputer dapat digunakan kembali dengan melakukan reset, yang menghapus semua atau sebagian besar file dan aplikasi di hard drive dan menginstal ulang Windows. Reset juga berguna jika kamu ingin menjual perangkat kamu, dan ingin menghapus semua data yang ada di dalamnya. Ok, untuk kamu yang ingin tahu bagaimana cara reset komputer Windows 11, simak langkah – langkahnya berikut ini.

Cara Reset Komputer Windows 11

Cara Reset Komputer Windows 11


  1. Pertama, silakan klik ikon pencarian di bilah tugas dan ketik kata ‘reset’, yang akan memunculkan ‘Reset this PC as the best match’, silakan klik opsi itu. Setelah ini, kamu akan dapat memilih salah satu dari dua opsi, yaitu ‘Keep my files’ untuk menghapus aplikasi dan pengaturan tetapi tetap menyimpan file pribadi apa pun.
  2. Sementara opsi ‘Remove everything’, akan mengatur ulang komputer ke status ‘seperti baru. Setelah itu, silakan pilih anatar ‘Cloud Download’ untuk menginstal versi baru Windows atau ‘Local Reinstall’ untuk menginstal ulang dari perangkat. Di layar berikutnya, akan ada keterangan penghapusan file dan pengunduhan dan proses reinstall Windows.
  3. Silakan klik tautan Change settings untuk melihat opsi lainnya. Nah, jika kamu memilih untuk ‘Local Reinstall’, kamu dapat memilih apakah kamu ingin memulihkan aplikasi dan pengaturan yang telah diinstal sebelumnya dan menginstal ulang Windows dari perangkat atau mengunduh salinan baru.
  4. Jika kamu memilih unduhan Cloud, kamu dapat memilih apakah kamu ingin menghapus paket-paket penyediaan tersebut dan atau hanya membersihkan data PC. Setelah ini, silakan konfirmasikan pilihan kamu lalu klik ‘Next’. Pada titik ini kamu akan diminta untuk mencolokkan PC kamu ke sumber daya listrik untuk memulai persiapan reset.
  5. Di jendela ‘Ready to reset this PC’ berikutnya, kamu akan melihat daftar semua opsi yang dipilih sebelumnya. Jika kamu memilih untuk menyimpan file, kamu dapat mengklik ‘View apps that will be removed’ untuk melihat aplikasi mana saja, yang mungkin perlu kamu ganti. Jika sudah, silakan klik Reset untuk memulai proses.


Gengs! Kamu mungkin perlu memasukkan kunci pemulihan untuk melanjutkan proses ini. Untuk menemukan kunci ini, kamu dapat melihatnya dengan masuk ke akun Microsoft kamu atau akun pemilik komputer yang akan direset tersebut di account.microsoft.com/devices/recoverykey. Ok, sekian panduan  cara reset komputer Windows 11 ini, have a nice day!