search-button

May 10, 2022

Cara Menjadikan Chrome Sebagai Default Browser di Android (3 Langkah)

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara menjadikan Chrome sebagai default browser di Android. Tergantung pada pengaturan Android yang kamu gunakan, kamu mungkin tidak memiliki browser web secara default. Akibatnya, kamu akan disajikan serangkaian opsi browser setiap kali kamu mengetuk tautan apa pun. Meskipun demikian, salah satu keuntungan menggunakan perangkat Android adalah kamu memiliki banyak fleksibilitas dalam menyesuaikan perangkat.


Fleksibilitas tersebut, memungkinkan kamu untuk salah satunya memilih aplikasi apa yang ingin kamu gunakan secara default. Termasuk browser, misalnya, kamu dapat mengatur browser Chrome atau aplikasi browser lainnya sebagai default. Jika kamu ingin tahu caranya, simak artikel yang membahas tentang cara menjadikan Chrome sebagai default browser di Android, berikut ini.

Cara Menjadikan Chrome Sebagai Default Browser di Android

Cara Membuat Chrome Sebagai Default Browser di Android


  1. Buka aplikasi Pengaturan atau Settings di perangkat Android kamu, kemudian klik opsi Aplikasi atau Aplications atau Apps.
  2. Klik tiga titik di sudut kanan atas layar dan, di menu tarik-turun, klik Aplikasi default atau Default aplications atau Default apps.
  3. Klik pada opsi Aplikasi peramban atau Aplikasi browser atau Browser Aplication atau Brpwser App. Terakhir, klik pada Chrome.


Gengs! Jika muncul notifikasi atau pemberitahuan berisi pesan berhasil, itu artinya, kamu sudah berhasil menjadikan Chrome sebagai browser dafault di perangkat Android kamu. Setelah ini, setiap kali kamu mengklik atau mencoba membuak suatu tautan atau link dari aplikasi mana pun, perangkat Android kamu akan secara otomatis menggunakan Chrome untuk membuka tautan tersebut. Bagan opsi pemilihan browser untuk digunakan juga tidak akan ada lagi.

Jika nanti kamu berubah pikiran dan ingin menggunakan browser lainnya sebagai browser default perangkat Android yang digunakan, kamu masih bisa merubahnya kapan saja. Tinggal unduh dan pasang saja browser yang ingin kamu gunakan, kemudian silakan ikuti langkah yang sama di atas, kemudian silakan pilih browser yang kamu inginkan, alih – alih Chrome. Ok sekian panduan cara menjadikan Chrome sebagai default browser di Android ini, have a nice day!