search-button

Sep 10, 2018

10 Cara Mengatasi “Sayangnya Chrome Telah Berhenti”

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Inilah cara mengatasi “sayangnya Chrome telah berhenti”. Beberapa hari yang lalu, setelah memperbarui browser Chrome ke versi terbaru di ponsel Android saya, tiba - tiba saya tidak bisa menggunakan bahkan membukanya. Setelah saya menekan ikon Chrome, beberapa saat setelah itu pesan “Sayangnya, Chrome telah berhenti” muncul.

Malah terdapat dua opsi dilayar, yaitu “Report” dan “OK”. Menekan opsi "Report" tidak segera memecahkan masalah ini. Error ini terus berulang setiap kali saya mencoba membuka Chrome, saya pun segera mencari tau tentang cara mengatasi “sayangnya Chrome telah berhenti”, dan inilah yang saya dapat.

Cara Mengatasi sayangnya Chrome telah berhenti


Cara Mengatasi “Sayangnya Chrome Telah Berhenti”


1. Restart Ponsel

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika Chrome memunculkan pesan error “sayangnya chrome telah berhenti” adalah merestart ponsel. Hal ini juga dapat kamu lakukan ketika kamu menemukan masalah seperti ini pada palikasi lainnya.

2. Hapus Data dan Cache

Buka pengaturan ponsel lalu pilih perangkat kemudian aplikasi, setelah itu pilih "Chrome", tekan tombol "Hapus data" dan "Kosongkan cache", terakhir setujui konfirmasi yang ditampilkan. Cara mengatasi “sayangnya Chrome telah berhenti” ini mengembalikan Chrome kamu ke tahap pembaruan awal.

3. Copot Pemasangan dan Instal Ulang Pembaruan

Buka pengaturan>Perangkat>Aplikasi>Chrome>Copot pemasangan pembaruan>OK. Setelah menerima konfirmasi dengan menekan OK, browser Chrome kamu akan disetel ulang ke versi pabriknya. Setelah itu silahkan download ulang pembaruan-nya di Play Store.

4. Aktifkan Safe Mode

Coba cek apakah masalah ini disebabkan oleh app pihak ketiga atau bukan, karena jika memang demikian, maka akan lebih mudah untuk memperbaikinya. Jadi, cara mengatasi “sayangnya Chrome telah berhenti” karena ini adalah dengan boot ponsel kamu dalam mode Aman dan lihat apakah benar app pihak ketiga penyebabnya.

5. Bersihkan Partisi Cache


Ada banyak hoo-ha tentang Apple menambahkan pengenalan wajah dan membuka kunci ke perangkat iOS menjelang akhir tahun lalu, tetapi kami pengguna Android hanya menggaruk kepala kami. Alasannya karena kami sudah memiliki fitur ini selama beberapa tahun. Ini disebut "Wajah Tepercaya", dan itu di sana dipanggang ke Android 4.1 dan seterusnya.  Di sini kami akan menunjukkan kepada Anda cara menggunakan dan meningkatkan fitur ini, serta memberikan beberapa saran kepada mereka yang menggunakan Android versi lama tentang membuka kunci wajah.

Cache sistem yang menumpuk menjadi penyebab dari berbagai masalah seperti pembekuan, keterlambatan atau macetnya aplikasi dapat terjadi. Satu-satunya cara untuk mengganti memperbaikinya adalah dengan menghapusnya terlebih dahulu sehingga sistem dapat membuat yang baru.

Caranya silahkan matikan ponsel, tekan dan tahan tombol Volume Up dan tombol Daya, lepaskan ketika muncul logo pada layar, setelah itu pemberitahuan "Memasang pembaruan sistem" akan muncul di layar selama 30 hingga 60 detik sebelum layar pemulihan sistem Android ditampilkan dengan opsi-opsinya, pilih opsi ‘bersihkan partisi cache’ lalu pilih opsi 'Reboot system now'.

6. Perbarui Software Ke Versi Terbaru

Mungkin ada beberapa malware yang merusak sistem Chrome di ponsel kamu, yang mencegahnya melakukan operasi secara normal. Pembaruan software biasanya menghadirkan peningkatan keamanan, sehingga ini mungkin menjadi cara mengatasi “sayangnya Chrome telah berhenti” dan kunci untuk menyingkirkan bug apa pun dan membuat Chrome berfungsi dengan baik lagi.

7. Aktifkan Kembali Download Manager

Pengaktifan Download Manager kemungkinan akan memperbaiki kesalahan terkait yang memengaruhi Google Apps termasuk Chrome pada ponsel kamu. Jika software ponsel kamu sudah diperbarui, ikuti langkah-langkah berikut untuk mengaktifkan kembali Pengelola Download Manager.

Pengaturan>Aplikasi> Opsi>Tampilkan aplikasi sistem>Semua aplikasi lalu pilih Nonaktif>Pengelola Unduhan>Aktifkan. Restart ponsel untuk menerapkan perubahan ini.

8. Hapus Cache Dan Data Aplikasi Pesan

Saya memahami bahwa perpesanan dan Chrome adalah dua aplikasi yang sangat berbeda dan tidak benar-benar terkait satu sama lain kecuali fakta bahwa keduanya adalah aplikasi bawaan. Tetapi jika masalah terjadi ketika kamu mencoba membuka link yang dikirim melalui pesan, kemungkinan bahwa aplikasi pesan adalah salah satu yang memicu masalah.

So cara mengatasi “sayangnya Chrome telah berhenti” karena ini adalah dengan melakukan pembersihan cache dan data dari aplikasi pesan tersebut.

9. Reflash ROM

Jika kamu merupakan pengguna ROM khusus, ada kemungkinan masalah ini terjadi karena itu. Kamu mungkin harus melakukan reflash paket GAPPs untuk memperbaiki masalah Chrome yang terhenti dan tidak bisa digunakan.

10. Master Reset


Cara Mengatasi sayangnya Chrome telah berhenti master reset

Baca Juga:
2 Cara Mempercepat Browsing Di Chrome Android
Cara Bypass Akun Google Samsung J5 SM-J500G via PC
Cara Menghapus Gmail di Perangkat Android Lain

Saya memahami masalah ini adalah masalah kecil dengan salah satu aplikasi tetapi selalu ada kemungkinan bahwa masalah tersebut adalah gejala atau tanda masalah firmware yang lebih serius. Jadi, sudah saatnya kamu menyetel ulang ponsel untuk mengembalikannya ke pengaturan default, namun, pastikan kamu mencadangkan file dan data penting, karena akan dihapus saat pengaturan ulang.


Itulah daftar cara - cara mengatasi “sayangnya Chrome telah berhenti” yang telah saya rangkum dan dapat kamu lakukan untuk memperbaiki masalah tersebut. Cobalah secara berurutan dari nomor satu ya guys, supaya kemungkinan kamu kehilangan data berkurang. Good luck !