search-button

Mar 17, 2022

3 Cara Cek Apakah HP Sudah 4G atau Masih 3G

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara cek apakah HP susah 4G atau masih 3G, cara mengetahui HP 3G atau 4G. Kita semua tahu bahwa banyak operator ponsel utama yang sudah membanggakan kecepatan yang lebih tinggi berkat adanya 4G dan 5G dan secara bertahap sudah mulai proses penghapusan jaringan 3G tahun ini, dan hal ini sangat bedampak, membuat banyak HP jadi tidak berguna untuk menjelajahi internet.


Jika kebetulan, handphone kamu mulai mengalami perlambatan atau bahkan sudah tidak bekerja jika membuka internet, hal itu kemungkinan dikarenakan handphone yang kamu gunakan masih menggunakan jaringan 3G. Nah, untuk mengetahui dengan pasti apakah handphone kamu sudah 4G atau masih 3G, ikuti langkah – langkah cara cek apakah HP susah 4G atau masih 3G berikut ini, yang semudah cara cek kartu Indosat sudah 4G atau belum.

Cara Cek Apakah HP Sudah 4G atau Masih 3G

Cara Mengetahui Apakah HP support 4G atau Tidak


Cara Pertama

Cara cek apakah HP susah 4G atau masih 3G yang pertama ini, semudah cara setting 3G ke 4G, langsung saj tekan *#06# di HP kamu untuk menampilkan nomor IMEI HP, lalu buka www.imei.info dan masukkan nomor IMEI tadi. Pilih ‘Check’, setelan ini sebuah laporan akan muncul. Silakan lihat bagian LTE, bagian ini akan menampilkan semua frekuensi yang dapat digunakan HP kamu.


Cara Kedua

Cara cek apakah HP susah 4G atau masih 3G ini, untuk HP iPhone ya. Jadi gengs! iPhone 5C atau 5S dan lebih tinggi itu mendukung 4G atau LTE. IPhone 6 dan 6 Plus keduanya juga merupakan perangkat berkemampuan 4G. Jika koneksi internet seluler berperingkat 4G, HP akan menampilkannya di sebelah indikator sinyal di sudut kiri atas layar. 3G, E, atau GPRS juga ditampilkan, tapi itu menunjukkan kecepatan koneksi lebih lambat, tergantung pada lokasi.


Cara Ketiga

Sekarang cara cek apakah HP susah 4G atau masih 3G untuk Android. Langsung saja, pada HP Android kamu, buka pengaturan, kemudian pilih Pengaturan jaringan > jaringan seluler. Opsi ini akan memberi kamu menu dropdown standar seluler seperti 2G, 3G atau LTE (4G). Jika kamu tidak melihat 4G atau LTE, maka itu artinya HP Android kamu tidak mendukung standar 4G gengs!


Jadi gimana? HP kamu sudah 4G atau masih 3G nih? Jika sudah 4G, tetapi HP tidak menunjukan signal 4G, mungkin itu karena daerah tempat kamu berada tidak terjangkau signal 4G atau perngaturan jaringan HP kamu masih di 3G. Tapi, jika ternyata HP kamu masih 3G, ada baiknya kamu untuk mulai mencari preferensi HP baru dengan jaringan 4G dan lebih. Sekian panduan cara cek apakah HP susah 4G atau masih 3G ini, have a nice day!